Wajib Tahu 5 Langkah Membuat Perusahaan Bernilai Triliunan Rupiah

Apa yang Anda bayangkan saat mendengar istilah triliunan rupiah? Apakah Anda percaya bahwa perusahaan Anda bisa bernilai bernilai triliunan rupiah? Keyakinan akan jawaban Anda akan memilih nasib perusahaan Anda kelak.

Mari lihat contohnya, Uber, perusahaan yang menyediakan jasa sharing taxi. Perusahaan yang  didirikan lima tahun yang lalu ini memiliki sekitar seribu karyawan dan beroperasi di 130 perusahaan.

Pada tahun 2013 perusahaan ini menerima omset kurang lebih 1 milyar dollar menggunakan laba mencapai 210 juta dollar. CEO Uber mengatakan bahwa perusahaannya mengalami peningkatan pendapatan 2 kali lipat setiap enam bulan. Saat ini Uber ditaksir senilai 18 miliar dollar.

Dalam evaluasi ini, Uber mendapatkan loka yang prestisius pada antara merek merek terkenal diseluruh dunia lainnya seperti Hertz dan Sony. Untuk sebuah perusahaan yang baru didirikan lima tahun yang lalu, bersaing dengan perusahaan yang telah terdapat sejak puluhan tahun, bahkan ratusan tahun, tentu sangat hebat.

Kembali ke perusahaan Anda. Apakah Anda konfiden perusahaan Anda bisa bernilai triliunan rupiah?

Mungkin usaha Anda sekarang masih mini , masih memiliki karyawan pada bawah 10 atau 100 orang. Mungkin Anda berada di Indonesia yg nir terjangkau oleh kedahsyatan perputaran uang di Wall Street atau Sillicon Valley.

Tapi itu tidak menutup kemungkinan bahwa perusahaan Anda bisa berkembang dengan sangat pesat. Banyak perusahaan yg dimulai menurut nol dan sekarang tumbuh menjadi perusahaan terkenal diseluruh dunia. Seperti Richard Brandson dengan Virgin Group contohnya.

Bagaimana cara buat mendapatkan nilai triliunan rupiah?

Langkah 1: Buat Perkiraan Nilai Bisnis Anda pada Masa Depan

Saat ini mungkin Anda masih seperti kebanyakan pengusaha lainnya, tidak tahu nilai dari usaha Anda. Apakah terdapat pada nomor 10 juta, 1 milyar atau10 milyar. Anda perlu segera melakukan valuasi atas usaha Anda kini . Hal ini sangat krusial dilakukan agar Anda dan orang lain mengetahuinya.

Jika tahun 2014 ini nilai bisnis Anda terdapat di Angka 100 juta, dan di tahun 2015 nilai bisnis Anda sebagai 1 Milyar. Artinya Anda sudah berhasil tumbuh 1000 persen pada saat 1 tahun. Sebuah prestasi yg sangat mengagumkan & sayang sekali apabila Anda nir mempunyai data pendukung ini.

Lakukan valuasi ini secara terjadwal agar Anda dapat memantau progress konvoi perusahaan Anda.

Langkah 2: Buatlah Rencana Jangka Panjang

Kecuali Anda berada pada bawah tekanan, gampang-mudahan Anda nir akan mempertimbangkan buat menjual usaha Anda setidaknya selama tiga hingga 5 tahun ke depan.

Pengusaha yg sudah merencanakan untuk menjual bisnisnya dalam waktu dekat cenderung tidak mempunyai keinginan kuat untuk menumbuhkan bisnisnya buat jangka panjang. Mereka cenderung berfikir bagaimana menciptakan bisnis mereka terlihat keren pada ketika singkat. Kemudian bersiap buat menjualnya.

Buatlah rencana perusahaan Anda untuk jangka panjang. Buat target-target pencapaian yg ingin Anda capai pada ketika 6 bulan, 1 tahun, 3 tahun, lima tahun bahkan 10 tahun. Kemudian buatlah masterplan apa saja yg akan Anda lakukan buat mencapai tujuan-tujuan tadi.

Komunikasikan visi misi perusahaan Anda ini dengan seluruh orang mulai berdasarkan keluarga, karyawan, partner, investor bahkan klien. Anda akan melihat siapa saja orang-orang yg percaya dengan Anda & Visi perusahaan Anda & siapa yang nir.

Langkah 3: Lakukan liburan yg panjang

Perusahaan akbar bernilai triliunan rupiah tidak mungkin sanggup dikerjakan hanya sang 1 orang. Anda harus memastikan bahwa tim, sistem & strategi yang ada pada perusahaan Anda memungkinkan perusahaan berjalan tanpa kehadiran Anda.

Bagaimana cara mengetahuinya? Ambilah liburan panjang lebih kurang 4-5 minggu. Lihat apa yang terjadi. Apakah semuanya berantakan, atau perusahaan Anda malah tumbuh dengan sangat pesat?

Melalui cara ini Anda bisa menilai divisi apa yang pantas menerima penghargaan. Dan divisi mana yg memerlukan manajer baru? Sistem yg dibentuk harus bisa mengakomodir taktik yg direncakan.

Bagan perusahaan, posisi & tanggung jawab masing-masing orang di perusahaan harus dibuat menggunakan sangat jelas. Semua itu jua wajib dikomunikasikan ke seluruh orang. Agar tiap orang tahu posisi masing-masing orang pada perusahaan

Langkah 4: Carilah hobi

Sebagai pengusaha Anda wajib untuk mencari hobi. Dan itu tidak boleh bisnis Anda. Orang-orang yg terlalu bergairah tentang usaha mereka membuat pilihan kolot didasarkan dalam emosi. Uber co-didirikan oleh CEO Travis Kalanick. Saya konfiden beliau menganggap perusahaan itu adalah bayinya, sama seperti setiap pengusaha. Mengingat bahwa beliau menjual sahamnya kepada investor-investor dan dikabarkan akan segera menuju IPO membuat aku percaya bahwa beliau seorang pengusaha yg visioner.

Bisnis Anda wajib dilihat sebagai aset. Para pemimpin bisnis yg besar mulai menurut Jack Welch sampai Donald Trump dikenal gemarmembeli & menjual sebagian atau seluruh perusahaan hanya karena mereka memiliki harga yang mahal.

Untuk itulah Anda wajib mempunyai hobi lain selain usaha Anda. Sehingga emosi Anda dapat Anda lampiaskan ke pada hobi tersebut. Kemudian ketika kembali ke usaha, Anda dapat berfikir & tetapkan secara lebih rasional & objektif. Perusahaan bernilai triliunan rupiah tidak hanya akbar dikarenakan bisikan hati semata. Banyak hitungan & riset mendalam yang mereka lakukan buat tumbuh dan terus mengembang.

Langkah lima: Lakukan Strategi Dahsyat

Strategi biasa hanya akan menjadikan Anda memiliki perusahaan yang biasa-biasa saja. Untuk mempunyai perusahaan bernilai triliunan rupiah Anda wajib melihat ke dalam perusahaan Anda. Apakah Anda sudah menerapkan ritual-ritual perusahaan akbar.

Tiap level membutuhkan pendekatan manajemen yg tidak sama. Jika usaha masih mini , mungkin Anda mampu menghandle semuanya sendirian. Tapi saat usaha Anda mulai berkembang Anda membutuhkan manajer-manajer handal buat memastikan jalannya perusahaan Anda.

Cara menghandle customer akan berubah, cara menerima pasokan barang akan berubah, cara kita melihat efisiensi dan produktivitas akan berubah. Akan poly sekali hal yang berubah seiring menggunakan berkembangnya perusahaan Anda. Teruslah berubah, buatlah taktik yg sesuai dengan keadaan perusahaan Anda waktu itu. Datangkanlah ahli-pakar yg pernah bekerja menggunakan skala akbar.

Terakhir, buat menjadi akbar pada waktu cepat. Anda wajib memiliki taktik yang dahsyat. Strategi yg unik & berbeda menggunakan kompetitor Anda. Strategi yang membuat Anda masuk ke dalam peta perusahaan besar . Strategi yang menciptakan customer memperebutkan Anda.

Tanpa itu semua, menjadi akbar masih mampu, tapi tentu akan membutuhkan ketika yg sangat usang. Seperti uber yg fokus pada hal penemuan. Google yg selalu melakukan riset. Facebook yg menjaring milyaran pengguna. Zappos yg fokus kepada customer excellence dan masih poly perusahaan akbar lainnya yang memiliki strategi yg dahsyat.

Segera temukan taktik misteri yang dahsyat buat perusahaan Anda. Buat tim dan sistem yang bertenaga buat menjalankan taktik tadi. Tanpa sadar Anda akan menemukan perusahaan menjadi sangat akbar. Jauh lebih besar daripada apa yg pernah Anda bayangkan sebelumnya.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Leave A Comment...