Wajib Tahu Tips Marketing Super dari Richard Branson

Siapa tidak kenal dengan Richard Brandson? Ia adalah pendiri Virgin Group yg sangat populer. Kisah bisnisnya dimulai sejak usia 16 tahun, dia mulai menciptakan usaha pertamanya berupa Student, majalah buat pelajar di Inggris.

Setelah memiliki jaringan penggemar majalah Student. Richard muda menciptakan sebuah jasa penjualan kaset musik yang dikirimkan melalui pos. Bisnis pertamanya ini beliau beri nama Virgin. Semenjak itulah perluasan bisnis Richard Brandson naik secepat kilat. Saat ini sudah ratusan perusahaan yg beliau miliki pada bawah naungan Virgin Group.

Tidak hanya berkutat di bidang musik, bisnisnya benar-benar menguasai hampir seluruh bidang yg terdapat. Mulai menurut Virgin Records, Virgin Money, Virgin Airlines, Virgin Train, Virgin Mobile sampai Virgin Galatic yg memperlihatkan wisata luar angkasa pertama di dunia.

Bagaimana seorang anak mini yang nir memiliki pengalaman & ilmu usaha sama sekali ini tumbuh menjadi galat satu orang terkaya pada global. Salah satu poin yg nir sanggup lepas berdasarkan Richard Brandson adalah kemampuan marketingnya yang sangat dahsyat. Berikut beberapa pada antaranya:

1. Under Promise Over Deliver

Menggunakan sistem marketing ini, kita ingin menekankan pada element of surprise. Marketing yang paling hebat adalah marketing mulut ke mulut. Yaitu ketika pelanggan membicarakan kelebihan bisnis kita ke pelanggan lain. Hal ini sangatlah mudah membuat bisnis Anda terkenal.

Untuk mendapatkannya Anda harus dapat membuatnya terkejut senang . Under Promise Over Deliver merupakan keliru satu cara untuk membuat customer kita senang .

Secara singkat ialah merupakan janjikan sedikit, berikan lebih. Sebagai contoh misal Anda berjanji buat merampungkan pesanan pada 7 hari, selesaikan pada dua hari & berikan pelanggan Anda diskon . Tentu mereka akan senang sekali.

Mereka telah siap menunggu 7 hari buat pesanannya. Tanpa diduga Anda berhasil menyelesaikan pesanan dalam dua hari. Efek surprise terjadi dalam proses ini. Biasanya bila mereka terkesan, mereka akan mengungkapkan tentang bisnis Anda ke teman-temannya.

Dengan memakai sistem ini, dengan gampang Anda bisa membangun kesetiaan pelanggan melalui surprise-surprise kecil yang menciptakan mereka puas menggunakan pelayanan kita.

Banyak hal mini yang bisa kita lakukan buat memberikan nilai lebih pada bisnis Anda. Contohnya, Anda bisa menaruh kaos pada bagian customer service Anda menggunakan goresan pena ?Saya Tidak Ramah, GRATIS?. Pasti pelanggan akan senang . Andapun tidak perlu repot-repot mengawasi kinerja berdasarkan customer service Anda. Win-Win Solution kan?

Richard Brandson benar-benar memfokuskan semua bisnisnya pada service pelayanan. Ia sangat peduli akan kebahagiaan pelanggan.

Setelah Anda telah mulai terbiasa dan bisa konsisten melakukan rumus ini. Jika Anda berani gunakan rumus berikutnya.

2. Over Promise Over Deliver.

Berjanjilah semuluk mungkin, dan lebihkan janji itu. Anda akan segera mendapatkan pelanggan yg setia & bahagia. Tentu hal ini terlihat berat. Tapi bila Anda sahih-benar ingin membahagiakan pelanggan Anda dan membuatnya setia, kenapa nir?

Contoh waktu seluruh Online Shop mengenakan ongkos kirim, Anda Gratiskan, Belum relatif? Anda tambah tiap pembelian 2 buah perdeo 1 butir, belum cukup? Berikan insentif super menarik bagi pelanggan Anda.

Bayangkan betapa senangnya pelanggan Anda. Sekilas terlihat rugi? Hitunglah menjadi biaya pemasaran, & rasakan hasilnya.

Tapi ingat sebelum mulai pada skala besar , selalu coba dalam skala yang mini , ukur hasilnya. Apabila sinkron yang dibutuhkan baru jalankan pada skala akbar.

Lihatlah Virgin Group yg gemar memberikan surprise buat pelanggannya. Melalui cara tersebut dengan gampang mereka menerima poly pelanggan setia.

Tiga. Low Effort High Impact

Apa maksudnya? Secara singkat bisa diartikan menggunakan usaha yg sedikit kita bisa menerima hasil yg akbar. Hal inilah yang tak jarang dilakukan sang Richard Brandson. Ia tak jarang melakukan aksi-aksi yg mengundang perhatian poly orang.

Ia membuahkan dirinya sendiri menjadi Brand Ambassador menurut Virgin Group. Apapun akan dia lakukan buat menerima perhatian media. Ia senang dengan publisitas yg bisa mengangkat namanya & nama bisnisnya.

Banyak hal-hal gila yg Richard Brandson lakukan agar sebagai perhatian. Seperti keliling global menggunakan balon udara, naik kapal tercepat lintas samudra pasifik, sebagai pramugari pesawat menggunakan dandanan misalnya perempuan , naik tank buat menembak coca cola pada Times Square (saat launching Virgin Cola) & masih poly lagi.

Richard Brandson berpendapat bahwa apa yang beliau lakukan sangat mudah & menyenangkan. Tapi impak yg diperoleh berdasarkan publisitas tadi sangatlah dahsyat.

4. Viral Marketing

Tips paling krusial. Selalu fokuskan marketing Anda yang berdampak ke banyak orang. Orang cenderung bercerita (share) hal yang dia sukai. Terlebih lagi menggunakan bantuan social media seperti kini .

Share, tidak hanya mulut ke mulut, teknologi membawa teknik marketing ke level yang jauh tidak sama dari yg pernah ada sebelumnya. Saat ini sangat gampang buat membuatkan satu fakta ke jutaan orang dalam waktu singkat. Terlebih lagi, biayanya bisa jadi perdeo.

Di global internet misalnya saat ini, kita menjadi insan seperti terhubung satu sama lain dalam sebuah komunitas besar . Komunitas itu dinamakan internet. Sebagai komunitas kita bahagia mengembangkan fakta pada sesama pengguna.

Trend inilah yg wajib Anda manfaatkan. Buat aneka macam konten super menarik yang menciptakan orang ingin membaginya.

5. Story Telling

Tips terakhir dari Richard Brandson, yaitu bercerita. Semua orang bahagia cerita. Konsep marketing terbaru adalah dengan menceritakan sesuatu. Pelanggan saat ini jauh lebih kritis logikanya.

Karena itu sentuhlah mereka secara emosianal dengan story telling. Banyak perusahaan besar yg sudah melakukan ini. Mereka menciptakan iklan yg tidak selalu mengenai produknya. Mereka mulai membuat iklan-iklan yg berisi tips, kisah sukses sampai cerita-cerita moral yang menyentuh hati.

Contohnya bila Anda mempunyai perusahaan asuransi, Anda bisa membuat iklan video yang menceritakan pentingnya famili. Atau bila Anda menjual minuman tenaga, Anda sanggup menceritakan bahwa olahraga itu sangat krusial.

Cerita-cerita misalnya ini akan lebih diingat oleh pelanggan & calon pelanggan Anda. Mereka akan mengasosiakan cerita Anda dengan produk yg Anda miliki.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Leave A Comment...