Pelajari Jurus Mencari Peluang Bisnis
Ingin Jadi Pengusaha? Garuk Dibagian Yang Gatal
Salah satu buku usaha yang sangat aku rekomendasikan buat menghadapi dinamika bisnis kedepan adalah : Rework. Penulisnya merupakan Jason Fried & David Heinemeier Hansson yang pula adalah pendiri 37 Signals.
Salah satu bab yang paling menarik dari saya dalam kitab tadi merupakan: ?Scratch your own itch? Atau kalau aku terjemahkan secara bebas berarti: ?Garuk sendiri dibagian yang gatal.? Intinya, bila Anda gundah usaha apa yg seharusnya Anda jalankan atau bisnis apa yg cocok buat Anda, kenapa tidak coba mencari kasus yang Anda hadapi sendiri, selesaikan, & bangun bisnis menurut solusi kasus tersebut.
Berikut ini aku akan memberikan contoh dua orang pengusaha yang sukses menciptakan bisnis menggunakan menjual solusi berdasarkan perkara yang mereka hadapi sehari-hari.
1. Jessica Alba ? Honest.Com
Jessica Alba yg Anda kenal mungkin merupakan seorang aktris yg sukses bermain film-film layar lebar misalnya:Fantastic Four, Into The Blue, dan lain-lain. Namun kini Ia terjun sebagai pengusaha dan membangun bisnis perlengkapan Bayi bernama Honest.Com.
Bisnis ini Ia mulai berdasarkan kekhawatiran Jessica akan produk-produk bayi yg tersebar dipasaran. Produk-produk yg tersebar banyak yg mengandung bahan-bahan yg bisa memicu alergi pada bayi . Ibu dari 2 anak ini saat itu merasakan sulitnya menemukan berita yg sahih mengenai produk mana yang cocok buat ke 2 putrinya. Menurutnya global ketika ini sudah penuh dengan warta yang tumpang tindih dan terlalu banyak pilihan produk, sebagai akibatnya bunda-ibu belia cendrung bereksperimen buat mencari produk yg paling sinkron buat bayinya.
Jessica akhirnya bertemu menggunakan seseorang praktisi produk kesehatan bayi bernama Christoper Gavigan & berdua mereka memutuskan buat membuat sendiri produk bayi buat anak-anak bayi mereka. Sadar akan banyaknya ibu-mak belia diluar sana yang membutuhkan produk homogen Jessica dan Christoper mendirikan Honest.Com.
Inovasi mereka tidak hanya hingga disitu. Jessica mengaplikasikan contoh bisnis yg berbeda buat perusahaannya ini. Alih-alih menjual produk Honest.Com dengan sistem retail misalnya e-commerce, Jessica menentukan sistem berlangganan. Artinya Honest.Com akan menghantarkan paket produk bayi secara bulanan eksklusif kerumah para pembelinya. Dengan cara misalnya ini, para orang tua tidak akan perlu repot buat keluar membeli atau kelupaan apabila ternyata popok bayi mereka habis.
Awal 2012 Honest.Com baru saja menerima pendanaan senilai 27 Juta US$ untuk pengembangan produk mereka.
Dua. Donna Browning ? Sweaty Bands
Donna Browning merupakan seorang instruktur senam yang telah putus harapan dengan pengikat kepala (headband) untuk senam yg tersedia dipasaran. Pengikat ketua yg tersebar nir pernah benar-sahih menunda keringatnya, sebagai akibatnya terus mengganggunya ketika sedang mengajar. Ia pula muak dengan pengikat kepala biasa yg selalu saja terlepas saat ia sedang melakukan senam yg banyak melakukan gerakan ketua & leher.
Pulang berdasarkan gym pada keadaan kesal. Donna mulai bereksperimen menggunakan mesin jahit pinjaman & mulai menjahit sendiri beberapa jenis kain yang ada dirumahnya buat menghasilkan pengikat ketua yg bisa menyerap keringat menggunakan baik, tidak terlepas ketika sedang senam, & tentunya permanen gaya saat sedang beliau gunakan.
Ia lalu berhasil membuat pengikat kepala sepanjang 12 inchi yg sesuai menggunakan kebutuhannya sendiri. Tidak usang lalu sahabat-sahabat & keluarga Donna pula tertarik menggunakan pengikat ketua tadi. Donna lalu membuatnya lagi & memberikannya ke sahabat-sahabat terdekat & keluarganya dengan motif sesuai pesanan mereka. Tidak usang, siswa-anak didik senamnya jua mulai tertarik menggunakan ikat ketua tersebut dan mulai menanyakan dimana Ia membelinya. Saat itu Donna sadar jikalau ikat kepala yang Ia buat sendiri ini bisa sebagai usaha yg menguntungkan.
Ia lalu memilih merek Sweaty Bands untuk ikat kepalanya ini dan mulai menjualnya secara online. Sweaty Bands menutup tahun 2011 menggunakan pemasukan kurang lebih tiga Juta US$ & semakin tinggi 4 kali di tahun 2012. Akhir tahun ini pendapatan Sweaty Bands diperkirakan mencapai 12 Juta US$.
Seperti yang Anda lihat, ke 2 pengusaha diatas memulai usaha menggunakan menjual solusi berdasarkan kasus mereka sehari-hari. Mereka benar-benar menggunakan produk tersebut dan berhasil membentuk bisnis besar dari solusi-solusi sederhana.
Jadi, jika Anda masih gundah ingin berbisnis apa, cari bagian yang gatal dan garuklah.
Sumber : YukBisnis
Tidak ada komentar :
Posting Komentar
Leave A Comment...