Wajib TahuBagaimana Produk Bisnis Online Anda Lolos Menghadapi Banyak Pesaing?
Pengusaha baru yang belum sepenuhnya diterima pasar pasti akan kebingungan menawarkan produk bisnis online yang baru saja dilaunching. Belum lagi kebingungan menghadapi berbagai pesaing yang seolah-olah tidak memberikan pintu masuk untuk menikmati beberapa keuntungan. Pasti ada saja pesimis dalam menjalakan bisnisnya dan ingin mengakhiri perjalanan sebagai pengusaha. Kalau sudah memiliki keadaan seperti ini, tentu bisa menghancurkan bisnsinya sendiri.
Pengalaman sebenarnya yang akan menjawab dalam permasalahan menghadapi berbagai persaingan agar tetap bisa ikut andil dalam mendapatkan keuntungan. Kalau bukan pengalaman dari dirinya, tentu ada sejuta pengalaman sukses yang bisa anda coba. Keberhasilan sebuah bisnis tidak lain adalah karena sudah ada jejak sukses yang telah dicobanya. Bila ingin sukses, terutama produk bisnis online bisa sukses ikut bersaing dan mendapat keuntungan, tidak ada cara yang lain kecuali meniru-meniru cara yang sudah ada dan terbukti berhasil.
Hanya saja, banyak yang sulit mempraktekkan pengalalaman sukses mereka dalam berbisnis ke dalam bisnis yang sedang kita jalani. Sebagai contoh adalah pengalaman mentor saya, #Gm Susanto, yang sukses berjualan di affiliate Clickbank menghasilkan ribuat dollar secara rutin. Saya paham langkah yang diajarkan mentor saya namun saya tidak paham bagaimana seharusnya yang saya lakukan. Tidak paham menjalankannya bukan dalam segi ketidakjelasan strategi tetapi ada faktor lain seperti kemampuan berbahasa, sarana pembayaran, dan permasalahan pengetahuan lain. Dalam hal ini, saya harus banyak belajar lagi agar menyesuaikan dengan keadaan mentor saya. Namun, berapa tahun lagi sedangkan saya membutuhkan sekarang?
Banyak pengalaman-pengalaman keberhasilan mengenai strategi penjualan produk usaha online, namun menurut sekian poly pengalaman, dimanakah pengalaman yg tepat buat kebutuhan usaha anda pada menghadapi aneka macam pesaing & lolos pada persaingan? Inilah yg perlu dijelaskan.
Di sini akan menyebutkan bagaimana inti sari pengalaman para mentor disimpulkan pada satu pembahasan tentang taktik lolos pada pesaingan yang sengit. Berikut pembahasannya:
Setidaknya Anda Harus Bisa Mempelajari Produk Bisnis Online Anda Sendiri
Keraguan, kebingungan dalam menjual produk anda sendiri di tengah-tengah persaingan yang sengit bisa jadi karena anda sendiri masih bingung, belum paham mengenai produk yang anda jual. Bagaimana bisa menghadapi banyak pesaing bila anda sendiri belum paham mengenai produk yang anda sedang anda jual? Bila anda seorang produsen, tentu hal ini bisa diatasi dengan mudah. Namun bila mengandalkan produk orang lain, tentunya anda harus banyak mengorek informasi kesana-kesini mengenai keadaan suatu produk.Bagaimana konsumen mau melirik produk yang anda tawarkan bila penerangan yang anda masih diragukan kebenarannya. Kalau anda menjual produk dengan merek yang sudah umum, paling hsnya sekedar mencopy deskripsi berdasarkan situs lain sebagai solusi atas ketidakpahaman anda. Padahal, sukses bersaing bukan sekedar mencopy deskripsi sebuah produk namun jua tahu berbagai hal mengenai produknya.
Kalau pesaing anda hanya menurut sesama merek, bermain pada pelukisan sebuah produk tentu nir diperlukan. Yang sebagai masalah adalah bersaing menggunakan penjual menurut berbagai merek yg tidak sama namun dalam satu tema menggunakan produk anda. Permainan deskripsi produk wajib diunggulkan tentang kelebihan-kelebihannya, fungsinya & jua kejelasan target marketnya.
Tantangan untuk pelaku toko online yang pertama adalah mempelajari banyak produk bisnis online yang dijualnya. Namun rata-rata produk yang dijual hanya berisi penjelasan standar. Biasanya produk yang dijual adalah produk yang sudah umum sehingga tidak membutuhkan penjelasan detail. Dalam hal ini, tekesan tidak penting untuk paham berbagai detail sebuah produk. Namun yang menjadi masalah adalah ketika anda baru lahir sebagai pelaku toko online dan harus bersaing dengan banyak pesaing yang menjual produk dengan tema yang sama bahkan dalam merek yang sama. Anda memiliki tantangan untuk mempelajari berbagai produk agar bisa menghasilkan strategi penjualan yang berbeda. Ketika anda sudah menguasai berbagai produk, dengan mudah anda membuat strategi marketing dengan mengandalkan teknik blogging yang menghadirkan artikel marketing.
Mempelajari Konsumen Lebih Penting Daripada Pesaing
Bagaimanapun pesaing anda, mereka memiliki konsumen tersendiri yang sebagai marketnya. Bisa jadi anda menjual produk dengan tema yang sama namun masih berbeda merek. Hanya hal sedehana itu saja, konsumen anda sudah berbeda. Jelas berbeda, masing-masing konsumen memiliki kegemaran di merek yang berbeda walaupun menjual produk dengan tema yang sama. Kalau sudah berbeda maka penjual yang dianggap pesaing ternyata bukan pesaing. Terpenting adalah bagaimana anda mempelakukan konsumen yang sebagai market anda.Dalam hal ini, terpenting adalah mempelajari konsumen yang menjadi target market produk bisnis online anda. Bila produk yang anda jual adalah seputar baju muslim syar’i, maka yang patut diperhatikan adalah mempelajari kondisi seorang wanita atau pria muslim. Bagaimana mereka dalam memilih pakaian dan sebagainya. Ketika paham kondisi mereka, proses penjualan akan dengan mudah dilakukan. Bahkan dalam memahami tentang hal ini saja, bisa lolos dengan pesaing berikutnya yang menjual produk yang sama dari merek yang sama. Seperti yang anda tahu, kondisi seseorang muslim pun berbeda-beda yang akhirnya akan menghasilkan market yang berbeda juga.
Baru sesudah anda sukses berjualan di market yg telah anda tentukan, anda sanggup merebut market yg ditarget penjual lain yang menjual produk yg sama menggunakan anda. Tentunya menggunakan terlebih dahulu menyelidiki produk yang sudah aku jelaskan dan jua penjual lain secara detail & kaitannya dengan market yang mereka bidik.
Tentukan Penawaran Harga atau Nilai Lebih Produk Bisnis Online Yang Anda Tawarkan
Ada dua pilihan, turunkan harga atau meningkatkan kualitas sebagai nilai lebih. Menurunkan harga akan memiliki perubahan yang lebih baik dalam jumlah pembelian. Sebagian kalangan akan melirik harga murah bila dibandingan dengan produk yang sama namun dengan harga lebih tinggi. Bila memungkinkan bisa menurunkan harga, anda bisa mengatasi hal ini. Biasanya teknik penurunan harga untuk produk yang di luar kontrol produksi anda sendiri.Jika menurunkan harga tidak memungkinkan, bisa mengatasinya dengan memberikan nilai lebih dalam produk usaha online.
Jika anda menjadi produsen produk maka akan dengam gampang menaikkan nilai lebih sebuah produk daripada pesaing anda. Namun jika anda bukan sebagai produsen, tentu sangat sulit. Solusi yg diberikan hanya dalam hal pelayanan. Anda mampu membuat pelayanan yang berbeda. Namun rata-rata pelayanan online tidak jauh berdasarkan hal komunikasi & pengiriman. Solusi yg bisa anda lakukan merupakan dengan mengajukkan pertanyaan pada hati, ?Kenapa pelanggan lebih senang belanja ke toko sebelah?? Bila anda menganggap bahwa mereka berlangganan hanya lantaran norma, telah merasa nir butuh pedagang lain selagi aman-kondusif saja, maka anda nir mampu berbuat poly. Anda hanya menghimpun pelanggan baru saja.
Tidak ada komentar :
Posting Komentar
Leave A Comment...