Wajib Tahu 9 Strategi Pemasaran Jasa Cuci Motor dan Mobil
Zaman sekarang, membeli sepeda motor tanpa DP bukanlah hal yang mustahil. Harga kendaraan yang semakin terjangkau membuat hampir semua orang memiliki kendaraan. Kendaraan yang dipakai setiap hari tentu akan terkena debu dan kotoran. Terkadang, jika musim hujan, kendaraan bisa semakin kotor karena terkena lumpur serta air hujan yang bercampur dengan debu.
Jika tidak dibersihkan, kendaraan akan terlihat sangat kusam dan bisa menjadi rusak karena mesin-mesinnya tertutup dengan debu. Oleh karena itu, para pemilik kendaraan akan mencuci kendaraan mereka secara berkala. Terkadang, para pemilik kendaraan tidak sempat atau tidak bisa mencuci kendaraan mereka sendiri. Ada yang jijik karena kotor, ada juga yang tidak bisa membersihkan karena banyak pekerjaan yang harus diselesaikan.
Permasalahan ini menyebabkan jasa cuci motor atau mobil menjadi lebih dikenal oleh masyarakat. Banyak jasa cuci motor yang terletak di pinggir jalan. Sedangkan untuk jasa cuci mobil biasanya terletak di sebuah tempat atau gedung karena dibutuhkan katrol untuk mengangkat dan membersihkan bagian bawah mobil. Banyaknya pesaing membuat pemilik usaha cuci motor atau mobil berpikir bagaimana cara memasarkan jasa mereka. Berikut ini beberapa strategi pemasaran yang bisa diterapkan.
Potongan harga
Potongan harga adalah hal yg termudah buat menarik pelanggan. Contohnya saja, Anda bisa memberi potongan harga dalam jam-jam eksklusif pada pelanggan. Hal ini bisa menarik pelanggan baru bagi jasa cuci motor atau kendaraan beroda empat Anda. Pelanggan yg kebetulan lewat & melihat promo sanggup saja mampir untuk mencoba jasa cuci kendaraan beroda empat atau motor Anda.
Selain itu jua sanggup membuat promosi potongan harga untuk mahasiswa menggunakan cara memperlihatkan kartu mahasiswa mereka. Biasanya para mahasiswa akan mencari loka paling murah buat mencuci mobil mereka. Maklum, lantaran mereka akan menyesuaikan harga dengan kantong. Jangan keliru, terkadang mahasiswa lebih loyal dan tidak cerewet dibandingkan orang dewasa.
Kartu stempel
Ini adalah galat satu cara buat membuat pelanggan menjadi setia menggunakan usaha cuci kendaraan beroda empat/motor Anda. Kartu stempel akan menciptakan pelanggan berusaha mengumpulkan stempel buat bisa ditukarkan dengan gratis cuci kendaraan beroda empat. Mereka akan selalu mencuci kendaraan mereka di tempat Anda. Dengan ini, mereka akan selalu mengingat nama bisnis Anda apabila hendak mencuci tunggangan.
Cara membuat kartu stempel ini juga mudah sekali. Anda hanya perlu mendesain satu buah kartu kecil seukuran KTP dengan ciri khas serta nama jasa cuci mobil atau motor Anda. Setelahnya, Anda perlu memberi bulatan-bulatan dengan jumlah yang diinginkan. Contohnya saja 10 bulatan, artinya cuci 10 kali gratis 1 kali. Jangan lupa membuat stempel untuk ditempelkan ke kartu tersebut.
Membership atau keanggotaan
Keanggotaan berbeda dari sistem kartu stempel. Keanggotaan umumnya diperoleh jika pelanggan bertransaksi dalam jumlah tertentu atau dalam jangka waktu tertentu. Jika keanggotaan, Anda bisa memberikan beberapa keuntungan, seperti diskon di hari ulang tahun atau bahkan free cuci mobil di hari ulang tahun. Hal ini dapat membuat pelanggan senang dan merasa diperhatikan, sehingga mereka pun akan menjadi loyal terhadap usaha Anda.
Jenis keanggotaan yg bisaAanda berlakukan adalah membayar buat sebagai member. Contohnya saja, pelanggan perlu membayar porto administrasi member sebanyak Rp. 250.000 buat setahun. Jika pelanggan jadi member, maka otomatis dia akan mendapatkan bonus sebesar 10% setiap mencuci kendaraan beroda empat. Tidak terdapat batas maksimum pada cuci mobil, jadi mereka mampu mencuci kendaraan beroda empat mereka setiap saat, bahkan setiap hari, dan tetap menerima bonus.
Delivery service
Terkadang, ada pelanggan yang malas menunggu mobilnya saat dicuci. Ada juga pelanggan yang sibuk sehingga tidak sempat untuk menunggu cuci mobilnya selesai. Melihat hal ini, tidak ada salahnya Anda membuat jasa delivery service. Jadi, pelanggan cukup meninggalkan mobilnya di tempat Anda. Setelah kendaraan selesai dicuci, pegawai yang akan mengantarkan kendaraan ke tempat pelanggan.
Pelanggan akan merasa diistimewakan serta dimudahkan dalam hal ini. Mereka tidak perlu repot menunggu dan tinggal menerima bersihnya saja. Mereka akan suka dengan jasa Anda dan dijamin akan kembali lagi ke tempat Anda. Akan lebih bagus lagi jika menerima jasa pick up & delilvery service yaitu mengambil, mencuci dan mengembalikan mobil dari rumah pelanggan.
Panggilan ke rumah
Selain delivery service, Anda juga bisa menerima panggilan ke rumah. Ini ditujukan untuk pelanggan yang tidak percaya atau takut mobilnya akan dicuri, tetapi mereka malas atau sibuk untuk pergi ke tempat Anda. Dengan memanggil jasa cuci mobil dirumah, mereka tidak perlu repot serta was-was dengan mobil mereka. Pastikan bahwa tersedia selang air untuk mencuci mobil, jadi hanya perlu membawa sabun cuci serta peralatan khusus lainnya saja.
Pemasaran secara langsung
Untuk metode yang satu ini, Anda harus memasang muka tebal karena akan menawarkan jasa Anda secara langsung dengan pelanggan-pelanggan yang potensial. Cobalah untuk pergi ke gedung perkantoran. Mereka tentu memiliki banyak karyawan, yang artinya banyak kendaraan. Ajukan penawaran kerja sama dengan pihak gedung, seperti pembagian hasil agar bisa membuka jasa cuci kendaraan di gedung tersebut.
Cara lain adalah cobalah pergi ke kompleks perumahan elit. Anda bisa menawarkan jasa dari rumah ke rumah agar semakin dikenal banyak orang. Tetapi, jangan terlalu memaksa jika pemilik rumah tidak mau bertemu dengan Anda. Jika ingin sukses, kuncinya jangan pernah lelah dan jangan malu untuk menawarkan jasa Anda.
Hubungan baik dengan masyarakat setempat
Usaha cuci kendaraan Anda pasti terletak di antara rumah penduduk, toko, perkantoran, atau tempat lainnya. Nah, mereka tentu saja memiliki kendaraan. Jadi, bersikaplah ramah dan bangun hubungan yang baik dengan masyarakat sekitar. Jika hubungan Anda baik, mereka akan pergi ke tempat anda disaat mereka membutuhkan jasa cuci mobil atau motor.
Bergabung di klub mobil atau motor
Menyelamlah di bisnis yang sedang ditekuni. Jika tidak memiliki satupun kenalan yang memiliki kendaraan, maka tidak ada gunanya membuka jasa cuci mobil atau motor ini. Bergabunglah dengan klub mobil atau motor untuk memperluas jaringan. Disini bisa mengajak orang-orang klub untuk mencuci kendaraannya di tempat Anda. Tidak hanya itu, Anda bisa meminta pendapat untuk mengembangkan jasa cuci mobil atau motor Anda.
Pembicaraan orang lain
Ini adalah strategi pemasaran yang gratis serta dipercaya orang lain. Buatlah pelanggan benar-benar puas dengan hasil kerja Anda, sehingga mereka bisa menceritakan atau mempromosikan jasa cuci mobil/motor Anda kepada teman-teman mereka. Jika yang merekomendasikan orang terdekat, biasanya mereka akan percaya dan mau mencoba. Pelanggan akan bertambah tanpa perlu mengeluarkan biaya promosi. Jadi, selalu layani pelanggan dengan sepenuh hati dan berikan yang terbaik.
Tidak ada komentar :
Posting Komentar
Leave A Comment...