Wajib Tahu Kriteria yang Wajib Dimiliki oleh Pekerja Refleksi
Pekerja pada bidang jasa dan produk memiliki kriteria yg tidak sinkron. Bidang jasa memerlukan lebih poly interaksi dengan pelanggan dibandingkan produk. Interaksi terlihat misalnya hal sepele dan sangat gampang buat dilakukan. Namun, hal ini memberi efek yg relatif signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Oleh karenanya, para pengusaha harus memilih pekerja dengan baik.
Kebutuhan pekerja pada bidang jasa semakin tinggi seiring menggunakan meningkatnya bisnis di bidang jasa. Banyak perusahaan yg memperlihatkan jasa di bidang kesehatan seperti pijat refleksi. Pijat refleksi ini bertujuan agar pelanggan sanggup melepas penat mereka sesudah beraktivitas. Banyak yg memiliki bisnis pijat refleksi, namun belum paham apa hal utama yang diharapkan menurut usaha pijat refleksi.
Pijat refleksi adalah salah satu bidang jasa dimana pelayanan adalah hal yang terutama. Para pegawai akan berhadapan bahkan bersama dengan pelanggan dalam waktu yang cukup lama. Oleh karenanya, pegawai refleksi wajib memiliki kriteria-kriteria tertentu untuk memuaskan pelanggan. Berikut adalah beberapa hal yang wajib dimiliki oleh para pekerja refleksi.
Ramah
Setiap pelanggan suka bila disambut menggunakan senyuman. Ketika pelanggan memasuki loka refleksi Anda, jangan lupa buat tersenyum. Setelahnya, ucapkan selamat pagi, siang, atau sore & tanya apa kebutuhan mereka. Pada saat pijat, tanyalah apakah mereka telah cukup nyaman menggunakan pijatan Anda. Setelah pelanggan terselesaikan pijat, jangan lupa ucapkan terima kasih sembari tersenyum. Hal ini akan membuat pelanggan merasa lebih nyaman & bahagia.
Perlu diingat, jangan terlalu banyak berbicara menggunakan pelanggan selama refleksi, terkecuali bila pelanggan yg mengajak Anda mengobrol. Pada umumnya, tujuan primer pelanggan menentukan pijat refleksi adalah buat bersantai dan melepas penat. Pelanggan tentu membutuhkan waktu buat diam dan menikmati pijatan. Jika terlalu banyak mengajak pelanggan mengobrol waktu pijat berlangsung, pelanggan akan merasa tertanggu.
Pintar promosi
Coba perhatikan tingkah laris menurut pelanggan. Apabila mereka tampak terlalu lelah, tawarkan paket pijat lengkap supaya badan mereka lebih bugar. Tanyakan apa keluhan yg dimiliki oleh pelanggan. Lalu, tawarkan paket pijat yang Anda miliki & sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Anda jua bisa memperlihatkan paket-paket tambahan buat melengkapi ketenangan pelanggan.
Meskipun Anda pandai promosi, tetapi jangan hingga melebihi batas. Jika pelanggan telah nir berkata nir perlu, maka jangan paksa mereka. Tawarkan paket yg ada sewajarnya saja. Paksaan akan menciptakan mereka tidak senang dan membuat mereka berpikir dua kali untuk balik ke loka refleksi Anda.
Sabar
Terkadang, ada pelanggan yang mempunyai hobi buat bertanya. Jawablah selalu dengan nada yang tenang. Meskipun pertanyaan tersebut merupakan hal yg sama dan berulang-ulang, selalu jawab dengan sabar. Jelaskan paket-paket yg Anda miliki menggunakan jelas dan terinci. Beritahu paket-paket apa yang terfavorit serta promo yg sedang berlaku.
Suatu waktu, Anda pula akan menjumpai pelanggan yg murka . Tetaplah damai & jawab seluruh amarah pelanggan tersebut dengan baik. Minta maaf bila memang diharapkan & jangan terbawa emosi. Hal ini bisa mengakibatkan fatal bagi usaha refleksi. Jika seorang mampu murka seheboh itu pada loka refleksi Anda, bayangkan apa yg bisa mereka lakukan diluar. Jadi, tetaplah sabar dan berpikir dingin pada menyelesaikan segala perkara.
Tahan banting
Pekerja refleksi perlu mengerahkan semua tenaganya setiap saat. Ada beberapa pelanggan yg suka dipijat menggunakan keras / bertenaga. Hal ini tentu akan menyita banyak energi, apalagi jika tempat refleksi Anda sangat ramai. Kondisi Anda wajib selalu prima pada memijat pelanggan. Jadi, seorang pekerja refleksi tidak boleh cepat mengeluh.
Paham teknik pijat
Pijat refleksi tentunya tidak selaras menggunakan pijat pada umumnya. Anda harus mengerti teknik pijat serta tahu titik-titik tertentu yg bisa menghilangkan rasa capai pelanggan. Biasanya, sebelum mulai bekerja, Anda akan menerima sebuah pembinaan supaya mengerti teknik dasar pijat. Anda wajib terus berlatih supaya pijatan anda semakin berkualitas dan terasa nyaman.
Biasanya, hal ini akan berpengaruh dalam jumlah pelanggan. Semakin pandai memijat, semakin banyak pelanggan yg akan bahagia menggunakan Anda. Jika pelanggan sudah menyukai Anda, mereka tidak akan ragu memberikan tips tambahan. Tidak hanya itu saja, tempat refleksi jua nir akan sepi.
Rajin bekerja
Pelanggan akan menghabiskan saat paling sedikit 1/2 jam buat satu kali treatment. Apabila syarat sedang ramai, maka ketika buat bersantai pun tidak poly. Bahkan, Anda nir akan sempat buat beristirahat makan. Pelanggan tidak akan mau dibiarkan menunggu terlalu lama . Jadi, seseorang pekerja refleksi haruslah orang yg rajin bekerja.
Disaat eksklusif, akan ada ketika dimana loka refleksi sedang sepi. Anda wajib berinisiatif mencari pelanggan buat tiba ke loka refleksi. Salah satu cara yang sanggup dilakukan adalah menghubungi daftar pelanggan. Teleponlah mereka buat menanyakan kabar dan memberitahu promo-promo modern yang Anda miliki. Pelanggan tentu akan merasa senang karena Anda jangan lupa dengan mereka.
Flexible
Terkadang, pelanggan bisa datang disaat jam tempat refleksi akan tutup. Untuk memuaskan pelanggan, Anda tidak boleh menolak mereka. Anda harus flexible soal waktu bekerja. Jika menolak pelanggan, mereka akan malas dan bisa berpindah ke tempat refleksi lainnya. Tenang saja, seharusnya bos memberi bonus tambahan atas kesungguhan dan kerja keras Anda.
Ada juga loka refleksi yang menerima delivery. Delivery disini bukan pengiriman kuliner, ya. Jadi, terkadang terdapat beberapa loka refleksi yang bersedia mengirimkan pekerjanya buat pergi ke rumah pelanggan. Beberapa pelanggan memang lebih suka dipijat menurut rumah daripada wajib pergi ke tempat refleksi. Nah, buat hal misalnya ini, Anda wajib bersedia pulang ke loka pelanggan meskipun lokasinya jauh berdasarkan tempat refleksi Anda. Bensin tentu akan ditanggung bos kok!
Jaga penampilan
Anda akan bertemu banyak orang setiap harinya. Meskipun paras biasa-biasa saja, terdapat baiknya buat menjaga penampilan. Tidak perlu berdandan menggunakan riasan yang tebal pada paras. Jaga kebersihan dan kerapihan sudah cukup. Pastikan bahwa wajah Anda selalu terlihat segar dan tidak capai pada mata pelanggan.
Penampilan sangatlah penting. Coba bayangkan, bila terdapat seorang di depan Anda menggunakan penampilan yg tidak rapi dan akan memijat Anda, apakah Anda mau? Bahkan yang lebih tidak baik, jika orang tadi memiliki bau badan yang tidak harum. Jagalah selalu penampilan supaya terlihat segar dan harum.
Cara yang paling efektif, anggaplah pelanggan sebagai diri Anda sendiri. Tentunya, akan suka jika seseorang bersikap sopan dan baik dalam Anda. Kebahagiaan pelanggan adalah laba bagi Anda. Pelanggan yang bahagia akan merekomendasikan loka refleksi kepada orang lain. Mereka pula bisa menjadi seseorang pelanggan yang setia.
Tidak ada komentar :
Posting Komentar
Leave A Comment...