Wajib Tahu Tips Bisnis Fotografi Dari Colorful Photography

Menjalankan suatu bisnis tidak hanya sembarangan saja, pastinya sine qua non usaha, kemauan yang tinggi, bahkan terkadang usaha tadi berawal berdasarkan sebuah hobi. Ya, sebuah hobi. Tidak sedikit para pebisnis yang menjalankan bisnis dimulai dari hobi masing-masing. Contohnya saja fotografi. Bagi Anda yang gemar menggunakan fotografi tuangkanlah hobi Anda itu untuk berbisnis.

Bingung mau mulai bisnis fotografi dari mana? BisnisHack.Com memiliki jawabannya. Penasaran menggunakan jawabannya? Sudah tidak sabar? Oke bila begitu. Berikut ini kami ada sedikit cerita dari pebisnis fotografi yang memulai bisnisnya menurut sebuah hobinya semenjak kecil. Bagi Anda yg ingin mencoba usaha ini, ayo kita simak cerita menurut Danto mengenai bisnis fotografinya.

Mungkin awalnya sanggup pada jelaskan, mulai dari nama Anda, perusahaan, tentang profil usaha, atau usaha apa yg Anda jalankan, dan dimana lokasinya?

Danto Adityo Laksono, ST. Colorful World (creative agency, Jakarta) Creative Agency specialized in Visual Creative such as animation, visual branding, marketing communication, photography, cinematography, and graphic design. Colorful Photo cinema (Jogja, jakarta), Vendor studio fotografi dan cinematografi di bidang wedding, prewedding, foto wisuda, foto keluarga, foto grup, dan lain-lain. Koki Joni (jogja) Rumah makan menu western sejak 2 tahun yang lalu. berlokasi di jl.C Simanjuntak Jogja (dekat mirota kampus UGM).

Motivasi apa yg mengakibatkan Anda menekuni bisnis fotografi?

Passion, semuanya bermula dari passion saya sejak kecil di bidang seni visual. saya suka desain, foto, dan film sejak kecil. Jadi walaupun saya telah menyelesaikan studi saya di teknik elektro UGM, akhirnya panggilan hati saya yang lebih menggiring saya sampai saat ini

Kendala apa saja yg biasa ditemui di bisnis ini? Dan bagaimana cara mengatasinya?

Kendala dan tantangan merupakan kuliner sehari-hari bagi pengusaha yg ingin berkembang dan sukses. Pasti kita menemukan poly hambatan pada setiap lini bisnis kita, dari marketingnya, SDM-nya, keuangannya, komplain klien, dan banyak hal-hal kecil tidak terduga yang terkadang bisa menjadi akbar. Yang niscaya, kita harus menikmati seluruh tantangan tadi. Kita wajib punya keyakinan bahwa Tuhan memberi masalah satu paket menggunakan penyelesaiannya. Tinggal bagaimana usaha kita buat mencari solusi tersebut

Untuk bisnis fotografi, spesifikasi kameranya bagaimana? Kamera seperti apa yang biasa Anda pakai?

Tidak ada pakem atau baku alat yg wajib digunakan buat masuk bisnis ini. Karena bagi kami, hal yg paling dihargai oleh klien-klien kami adalah nilai seni dari setiap karya kami. Kalau kendala indera, mampu pinjem atau sekarang sudah banyak yg menyewakan. Tapi buat seni, ini seluruh pulang lagi ke kualitas masing-masing fotografer.

Bagaimana isu terkini rakyat terhadap usaha Anda?

Di Yogyakarta kami merupakan salah satu market leader pada bidang dokumentasi foto & video dengan segmentasi menengah ke atas. Karena sejak 2009 kami melakukan banyak inovasi secara konsisten, dan ini perlahan-huma mengangkat brand kami pada masyarakat terutama Yogyakarta. Untuk pada Jakarta sendiri, kami masih jauh menurut predikat market leader, lantaran betapa cairnya pola usaha ini pada sini. Kompetitor poly, & pasar relatif terkotak-kotak. Colorful foto cinema baru berumur 2 tahun pada Jakarta. Tapi kami konfiden kami bisa konsisten berkembang di sini. Apalagi pasar corporate sangat menarik di Jakarta. Dan kami telah melakukan beberapa langkah awal yg baik.

Sistem Apa yang telah Anda tetapkan pada usaha Anda buat membantu tumbuh?

Di setiap lini pasti terdapat sistem, sistem marketing, sistem SDM, sistem keuangan, dan sistem lainnya. Semua sistem niscaya berkembang dan mengalami penyempurnaan dalam kurun waktu tertentu, karena tidak terdapat sistem yang sempurna. Yang pasti, pada menciptakan sistem ini, kami mengedepankan prinsip high tech dan high touch. Artinya, kami harus profesional, namun jua harus ada sentuhan-sentuhan humanis atau kekeluargaan pada antara personel.

Seberapa krusial karyawan menunjang kesuksesan Anda?

Sangat krusial sekali. Karyawan, partner, klien, investor, suplier, seluruh komponen ini sangat berpengaruh dalam perkembangan usaha kita. Saya sangat berhutang budi pada mereka. Kualitas & kuantitas mereka wajib tumbuh secara bersamaan. Disitulah tantangan terberatnya.

Jika Anda wajib melawan super besar, senjata apa yang akan Anda pakai?

Ini metafora. Semua perusahaan raksasa memiliki kesamaan yg sama, mereka relatif lebih lambat dalam berkecimpung atau bermanuver. Banyak tahapan yang harus mereka lalui sebelum membuat sebuah langkah atau kebijakan. Sebaliknya, keliru satu keuntungan bagi perusahaan kecil atau startup merupakan lebih lincah pada memilih langkah. Oleh karena itu, pada global ini, semuanya akan dipergilirkan. Yang mapan pasti akan tua & tewas, sebaliknya yg belia pasti akan mapan. Kuncinya kerja keras & konsistensi.

Bagaimana teman BisnisHack.Com menggunakan cerita pebisnis Danto yang menggeluti usaha fotografi. Menarik bukan? Cerita menurut Danto tersebut sanggup menjadi penyemangat bagi Anda yang masih bingung buat menjalankan suatu bisnis. Ada satu pesan yang bisa kita petik berdasarkan cerita Danto tadi yaitu kerja keras & konsistensi. Ini sangat krusial dalam menjalankan suatu bisnis apapun itu. Tanpa adanya kerja keras dan konsistensi bisnis yg Anda jalankan tidak ada apa-apanya. Oke teman BisnisHack.Com, itulah tadi cerita kali ini. Semoga berguna bagi para pembaca. Semangat buat berbisnis!

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Leave A Comment...