Wajib Tahu Edy Darmoyo, Kisah Sukses Pelaku Bisnis Jasa Pelatihan!
Dunia bisnis telah menjadi topik pembicaraan setiap orang. Sudah tidak heran apabila usaha sebagai kegemaran setiap orang mulai berdasarkan pelajar, mahasiswa, bahkan orang tua sekalipun. Mulai dari bisnis kecil-kecilan sampai usaha yang akbar. Lembaga pembinaan adalah salahsatu bisnis yg mempunyai prospek besar jika dijalankan dengan sahih.
Pastinya usaha ini sudah nir asing lagi bagi Anda. Banyak sekali yang membutuhkan jasa para trainer-trainer. Misalnya saja universitas dan usaha-usaha. Banyak universitas yang mengadakan acara pembinaan buat mahasiswanya guna memberikan bekal dan pengalaman kedepannya. Tentunya bisnis forum pembinaan ini bisa menjadi terobosan Anda bagi yg getol menggunakan mengisi event-event dan gemar memberikan motivasi-motivasi.
Anda penasaran dengan bisnis yg satu ini? Kali ini BisnisHack.Com akan menghadirkan wacana baru, cerita baru dan pengalaman baru menurut pebisnis kita Mas Edy Darmoyo yang menggeluti usaha forum training. Yuk kita simak kisahnya.
Agar pembaca lebih nyaman & mudah dalam tahu, alangkah baiknya kita perkenalan dulu mas, mulai dari nama lengkap, nama perusahan, dan usaha apa yg dijalankan?, dan dimana lokasinya?
Nama saya Edy Darmoyo, alumnus FISIP UNDIP, nama perusahaan saya TPC Corporation, badan aturan PT. Putra Insan Mulia. Bergerak pada bidang Jasa Pelatihan, Outbound , Pengembangan SDM & Persewaan Mini-office. Lokasi pada Komplek Gajahmada Plaza C 22-24 Simpanglima Semarang. Telp. 024-8413177, 70719866.
Apa alasan Anda terjun dan mendirikan usaha ini?
Saya merasa tertarik buat sanggup membuatkan pengalaman & membantu orang lain supaya mampu mencapai prestasi & karir terbaiknya. Saya pernah sebagai seseorang Sales & bisa mencapai jabatan Direktur. Saya ingin setiap orang sanggup melakukan hal misalnya ini. Diawali dengan menyayangi profesi apapun itu yang krusial halal insya Allah siapapun akan sanggup mencapai top position. Keinginan buat membantu orang & perusahaan pada pengembangan SDM ini membuat saya memutuskan buat mendirikan forum training. Setelah belajar dari beberapa trainer terkemuka, akhirnya aku menetapkan untuk membuka TPC Corporation dan mulai menekuni hobi baru menjadi seseorang Master Trainer, Motivator dan Coach.
Sejak kapan usaha Anda berdiri dan kemajuan apa yg telah pada raih semenjak pertama kali berdiri?
Sebenarnya saya mulai merintis usaha ini sejak tahun 2003 dengan program anak-anak yang berjudul "Leadership for Kids" dengan target anak-anak SD. Kemudian menggarap outbound anak-anak. Lalu muncul permintaan training dan outbound untuk sekolah, kampus hingga ke perusahaan. Akhirnya kini TPC Corporation lebih banyak fokus ke sekolah, kampus dan perusahaan. Saat ini TPC sudah memiliki lebih dari 40 jenis training untuk berbagai kalangan dan memiliki alumni pelatihan lebih dari 3000 orang. Saya kini mulai mengembangkan program-program baru yang didukung software pengembangan SDM seperti DISC Profile dan STIFIn Technology.
Siapa sajakah target pasar Anda dan bagaimana cara menentukan sasaran pasar tersebut?
Untuk pelatihan saya kelompokkan dalam 5 segmen, yaitu Corporate, UKM, University, School & Social. Pertama kali saya melihat seluruh pelanggan saya, ternyata setelah dicermati mereka terdiri dari 5 kelompok segmen yang berbeda-beda kebutuhannya dan memiliki keunikan masing-masing. Setiap segmen memiliki standar tertentu sehingga kita harus pandai-pandai menyiapkan standar pelayanan yang pas. Mereka juga memiliki buying power yang berbeda. Pertimbangan-pertimbangan seperti itulah yang melatarbelakangi pembagian segmen.
Bagaimana cara mas Edy dalam meyakinkan pelanggan, bahwa produk atau jasa dari mas Edy benar-benar bagus?
Biasanya melalui trial program atau promo sesion, dimana saat saya mengadakan pelatihan umum, saya mengundang beberapa perwakilan perusahaan untuk ikut secara gratis. Setelah merasakan langsung biasanya mereka kemudian mengundang saya. Atau kita melakukan promo sesion ke beberapa lembaga untuk memberikan pengalaman langsung merasakan training saya. Memasang promo di web juga sering kita lakukan.
Selama ini, bagaimana permintaan dan tanggapan dari masyarakat dan konsumen?
Respon konsumen sangat bagus. Mereka kerap melakukan repeat order. Bahkan beberapa kali kita diminta merancang program khusus untuk membantu mereka.
Apa yang Anda inginkan ketika bisnis Anda tumbuh dan menjadi besar?
Saya dapat terus berbagi dan menginspirasi sebanyak mungkin orang agar mereka selalu belajar dan bertumbuh menjadi pribadi yang terbaik, beramal saleh dan bertakwa dan mencintai sesama.
Bagaimana cara mengatasi keluhan dan komplain dari pelanggan?
Komplain harus dihadapi, dimengerti dan dicarikan solusi. Menghormati komplain adalah semangat kami. Saya selalu bersikap positif terhadap keluhan pelanggan. Saya selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik. Bila dirasa masih kurang, besok akan saya perbaiki. Demikian seterusnya.
Apa yang Anda anggap sebagai sukses sebagai pengusaha?
Jika orang kaya bisa berbagi harta, maka orang sukses bisa berbagi kebahagiaan. Saya ingin bisa berbagi kebahagiaan sekaligus berbagi harta kepada mereka yang membutuhkan. Saya merasa sukses ketika ada peningkatan kualitas hidup, terutama kualitas spiritual diri kita. Sukses bagi saya adalah ketika saya bisa lebih dekat dan bertakwa kepada Allah SWT. Insya Allah.
Oke sahabat BisnisHack.com, itulah tadi sedikit cerita dari mas Edy yang menggeluti bisnis pelatihan-pelatihan. Bagaimana? Anda tertarik ingin mencoba? Jika tertarisk ingin mencoba kuncinya yaitu kerja keras dan memiliki kemauan berbisnis yang kuat. Semoga cerita kali ini memberikan manfaat bagi Anda para pembaca.
Tidak ada komentar :
Posting Komentar
Leave A Comment...