Wajib Tahu 36 Fakta Menarik Tentang BRI

Bank yg satu ini jelas telah sangat dikenal oleh seluruh warga Indonesia di semua kalangan. Bank yg memiliki kepanjangan Bank Rakyat Indonesia ini telah tersebar pada berbagai pelosok Indonesia. Tidak hanya ditujukan buat nasabahnya, kami menyediakan berbagai warta menarik mengenai BRI buat seluruh orang yang membacanya. Mari disimak!

Image Credit

1. Bank Rakyat Indonesia atau PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) didirikan dalam lepas 16 Desember 1895 sang Raden Aria Wirjaatmadja di Purwokerto, Jawa Tengah.

2. PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk adalah bank tertua yang terdapat di Indonesia.

3. Saat pertama kali didirikan, bank ini diberi nama De Poerwokertosche Hulp en Spaarbank der Inlandsche Hoofden atau Bank Bantuan & Simpanan Milik Kaum Priyayi Purwokerto.

4. Bank ini mengalami beberapa kali pergantian nama, misalnya Centrale Kas Voor Volkscredietwezen dan Syomin Ginko?Pada pemerintahan Jepang?Sebelum akhirnya berubah sebagai Bank Rakyat Indonesia.

Lima. Berdasarkan Peraturan Pemerintah No.1 tahun 1946 Pasal 1, BRI adalah Bank Pemerintah pertama di Indonesia.

6. Pada tahun 1948, BRI sempat berhenti aktif untuk sementara saat?Pada masa perang mempertahankan kemerdekaan?& mulai aktif pulang selesainya Perjanjian Renville satu tahun lalu dengan berubah nama sebagai Bank Rakyat Indonesia Serikat.

7. BRI, Bank Tani Nelayan, & Nederlandsche Maatschappij (NHM)?Melalui PERPU No. 41 tahun 1960?Melebur menjadi Bank Rakyat Koperasi Tani dan Nelayan (BKTN).

8. Pada tahun 1968, BRI ditetapkan kembali sebagai bank umum berdasarkan Undang-Undang No. 21 tahun 1968 dan semenjak lepas 1 Agustus 1992 berdasarkan Undang-Undang Perbankan No. 7 tahun 1992 dan Peraturan Pemerintah RI No. 21 tahun 1992 status BRI berubah menjadi perseroan terbatas.

9. Ketika diubah menjadi perseroan terbatas, kepemilikan BRI ketika itu masih 100% pada tangan pemerintah.

10. Pada tahun 2003, diputuskan bahwa 30% saham BRI telah dijual sebagai akibatnya BRI menjadi perusahaan publik dengan nama resmi PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk.

11. Dari pertama didirikan sampai sekarang, BRI tetap konsisten memfokuskan dirinya pada pelayanan pada masyarakat kecil, diantaranya dengan memberikan fasilitas kredit pada golongan pengusaha mini .

12. Pada tahun 1994, penyaluran Kredit Usaha Kecil (KUK) yg dilakukan BRI, yaitu sebeasr 6,4198 triliun Rupiah & meningkat menjadi 8,2311 triliun Rupiah pada tahun berikutnya. Jumlah tadi terus naik hingga dalam bulan September 1999 mencapai 20,466 triliun Rupiah.

13. Kini, BRI mempunyai lebih menurut 10.000 unit tempat kerja yg terdiri dari 1 tempat kerja pusat BRI, 19 kantor daerah, 1 tempat kerja pusat inspeksi, 17 kantor pemeriksaan/SPI, 456 tempat kerja cabang (termasuk 1 cabang spesifik dan 3 tempat kerja di luar negeri), 566 kantor cabang pembantu, 962 Cash Counters, 2.441 teras BRI, & lebih berdasarkan lima.000 BRI unit.

14. Kini, saham BRI dipegang oleh publik sebesar 43,25% & sisanya masih dipegang oleh pemerintah.

15. Selama periode tahun 2006 sampai 2011, aset yg dimiliki oleh BRI telah melonjak hampir 62%.

16. Pada tahun 2006, aset yang dimiliki BRI mencapai 154,72 triliun Rupiah dan lalu meningkat menjadi 249,56 triliun Rupiah pada tahun 2010.

17. Pada tahun 2010, BRI merupakan bank ke 2 terbesar di Indonesia jika dicermati menurut aset yg dimilikinya.

18. Pada tahun 2013, aset BRI sebagai 606 triliun Rupiah.

19. BRI hampir nir terpengaruhh krisis keuangan Asia Timur pada tahun 1997 karena BRI jarang menaruh pinjaman pada mata uang asing atau pada perusahaan besar yg sudah melakukan pinjaman akbar ke luar negeri.

20. Sejak tahun 1997, BRI berkonsentrasi pada peningkatan usaha inti & berbagi praktik manajemen risiko.

Image Credit

21. Menjadi bank komersial terkemuka yang selalu memprioritaskan kepuasan konsumen merupakan visi berdasarkan bank ini.

22. Untuk mencapai visinya, BRI mempunyai tiga misi, yaitu melakukan praktik perbankan terbaik yg memprioritaskan pelayanan Micro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs) buat menunjang ekonomi warga ; menyediakan pelayanan terbaik bagi konsumen melalui jaringan yg luas dan ditunjang menggunakan sumber daya manusia yang profesional, sambil berpegangan dalam praktik-praktik Good Corporate Governance; dan membangun keuntungan & nilai-nilai tertentu secara optimal.

23. Pada waktu ini, BRI mempekerjakan lebih berdasarkan 100.000 orang.

24. Internet Banking BRI adalah fasilitas layanan yang diberikan BRI kepada nasabahnya buat melakukan transasi perbankan melalui jaringan internet.

25. Melalui Internet Banking BRI, para nasabahnya dapat melakukan aneka macam transaksi seperti cek saldo, mutasi rekening, transfer antar rekening, dan pembayaran tagihan.

26. BRI pula menyediakan e-pay BRI buat pembayaran online yang mudah & kondusif, Tabungan BRI Britama, Tabungan BRI Junio buat anak, Tabungan BRI Simpedes, Tabungan BRI Simpedes TKI, Tabungan BRI Haji, Tabungan Britama Dollar, Tabungan Britama Bisnis, Tabungan Britama Rencana, Tabungan Britama Valas, Tabunganku, dan Giro BRI buat transaksi bisnis.

27. Agar bisa memiliki daya saing yg bertenaga baik secara nasional maupun internasional serta mampu menjaga kelangsungan usaha dalam jangka panjang, BRI menerapkan prinsip-prinsip Good Corporate Governance (GCG) secara konsisten & berkesinambungan.

28. Good Corporate Govenrnance (GCG) sendiri adalah suatu tata kelola bank yg menerapkan prinsip-prinsip keterbukaan (transparency), akuntabilitas (accountability), pertanggungjawaban (responsibility), independensi (independence), dan kewajaran (fairness).

29. BRI juga terus berupaya buat memaksimalkan corporate value dan agama pasar.

30. BRI berinisiatif buat berbagi teknologi komunikasi satelit yang dapat menjangkau semua lapisan masyaraka di daerah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)?Sesuai menggunakan arahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

31. Untuk mempersiapkan diri menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk ini memperkuat infrastruktur perbankannya menggunakan jaringan komunikasi berbasis satelit.

32. BRI merupakan satu-satunya bank di global yg mempunyai & mengoperasikan satelit sendiri.

33. BRI menggandeng Space System/Loral, LLC, & Arianespace serta mengambil alih slot orbit Satelit C2.

34. Sofyan Basir, Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, mengatakan bahwa BRI telah mengantongi lisensi slot 150,lima Bujur Timur yang akan berlaku efektif terhitung dari bulan September 2015.

35. BRI Sat sendiri diharapkan mulai beroperasi pada tahun 2016.

Image Credit

36. Saat ini, jaringan komunikasi yg digunakan sang BRI untuk mendukung operasional di seluruh jaringan kerja telah mencapai kapasitas 23 transponder dan dipenuhi sang 9 provider, baik yang berbasis satelit maupun terestrial.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Leave A Comment...