Wajib Tahu 4 Langkah Menulis Komplain Yang Baik

Pernahkah Anda membeli barang dan ternyata barang yg dibeli stigma atau mungkin nir sama dengan iklan? Pernahkah mengalami kualitas pelayanan yang jelek berdasarkan suatu perusahaan? Menghadapi situasi misalnya itu niscaya sangat menjengkelkan. Daripada kejengkelan tadi berujung dalam hal yang nir berguna, usahakan keluhan tersebut bisa dituliskan lalu dikirim ke media cetak. Biasanya konsumen yg mengajukan komplain akan dimuat di surat kabar menggunakan kolom surat pembaca. Nah, bagaimana caranya agar keluhan kita didengarkan dan diperhatikan? Yuk simak 4 langkah jitu ini.

1. Jelaskan duduk permasalahan

Jika Anda merasa wajib mengajukan komplain, sesegera mungkin hubungilah pihak-pihak yg bertanggung jawab buat menyebutkan duduk permasalahan & solusi yg diinginkan. Dalam banyak kasus komplain, panggilan telepon, kunjungan eksklusif ke perusahaan atau mengirim surat komplain dapat memperbaiki pertarungan. Perusahaan mungkin akan meminta mengirimkan pula bukti pembelian buat menentukan pemugaran, penggantian atau pengembalian dana.

Apabila membayar barang atau jasa menggunakan kartu kredit, Anda bisa menggunakan struk kartu kredit tadi menjadi bukti pembelian. Salah satu cara yang baik buat memastikan bahwa surat komplain tidak terlalu subjektif adalah dengan tetap berpegang dalam berita-fakta yg telah dialami. Anda dapat mencoba memulai surat dengan menyebutkan duduk pertarungan dengan sopan & jelas.

Surat tersebut harus dituliskan menurut sudut pandang orang pertama. Ingatlah bahwa surat Anda akan dibaca oleh manusia yg mempunyai loyalitas tertentu pada pekerjaan dan perusahaan mereka. Jika Anda menyebutkan duduk konflik secara baik-baik, mereka akan cenderung mau buat membantu menuntaskan perkara. Di sisi lain, apabila Anda menciptakan mereka murka menggunakan komplain yg tidak kentara dan terlalu subjektif, mereka tidak akan melakukan solusi yg sempurna untuk membantu.

Oleh karena itu, buatlah perincian mengenai duduk perseteruan yang kentara sebelum menuliskan surat komplain. Usahakan tulisan tadi dibentuk ketika pikiran nir sedang kalut sebagai akibatnya dapat menjabarkan konflik secara objektif. Jelaskan komplain Anda dengan dasar aturan bertenaga yang dapat menyatakan liputan-kabar permasalahan sebagai lebih jelas.

2. Jelaskan solusi yang diinginkan

Sebelum mengajukan komplain, sadarilah hak-hak konsumen pada bawah aturan apabila Anda memiliki kontrak tertulis atau kabar barang atau jasa yg telah dibeli. Keluhan Anda hampir pasti akan jauh lebih efektif bila Anda menyadari hak-hak konsumen sebagai akibatnya solusi yg diinginkan akan dapat dijelaskan menggunakan baik. Saat menulis surat komplain, jangan hanya serius dalam konflik saja. Anda jua wajib mencari & mengungkapkan solusi yang bisa diterapkan buat Anda dan perusahaan.

Buatlah daftar rincian mengenai solusi apa yang harus dilakukan perusahaan buat dapat memuaskan Anda sebagai pelanggan. Fleksibilitas perspektif dapat memungkinkan adanya ruang untuk perkembangan kreativitas pada mencari solusi. Berikanlah jua kesempatan untuk bernegosiasi daripada terus-menerus mengajukan komplain dan nir mau merasa kalah.

Apabila Anda telah membuat beberapa permintaan menjadi solusi penyelesaian komplain, bersiaplah menggunakan tawaran yg mungkin mereka ajukan. Dengan membuat bersikap positif dan terbuka, Anda menampakan kepada orang lain bahwa telah bersedia buat benar-benar melakukan negosiasi buat memecahkan perkara dan mencari solusi terbaiknya. Hindarilah perilaku defensif karena akan membuat mereka kesulitan saat ingin membantu dan mencari solusi beserta-sama.

3. Buat daftar komplain

Buat daftar komplain menggunakan memisahkan aneka macam perspektif subjektif dengan konflik utama yg paling penting. Segala sesuatu yang dituliskan dalam daftar komplain sangat memilih tinggi-rendahnya tingkat kritis permasalahan yang terdapat. Apabila keadaannya telah kritis, Anda perlu mempertinggi pertimbangan aturan yang tepat pada komplain Anda. Tuliskanlah beberapa kata kunci penting buat memperjelas daftar komplain.

Apabila komplain dibuat menggunakan istilah-istilah yang non-spesifik & umum, perusahaan cenderung akan mengabaikannya. Hindarilah menuliskan pendapat langsung atau komentar subjektif pada daftar komplain. Pada umumnya, perusahaan ingin melihat bahwa Anda memiliki sikap menghormati & sopan selama mengajukan komplain. Oleh akrena itu, jangan mengganggu tempat kerja atau bertindak tidak wajar. Anda wajib mengungkapkan komplain menggunakan cara yang lumrah & jelas.

Pertimbangkan buat mendapatkan penasihat aturan independen tentang apa saja yg wajib dirinci pada daftar komplain agar bisa sesuai dengan keadaan Anda. Masyarakat setempat, sentra hukum, tempat kerja bantuan hukum, atau pembela terdakwa resmi bisa memberikan beberapa saran yg membantu. Untuk komplain yg melibatkan uang dalam jumlah besar , Anda mungkin wajib mengambil tindakan hukum privat. Pastikan bahwa Anda menerima nasihat hukum yg baik, lantaran tindakan hukum mampu mahal & tidak terdapat agunan akan berhasil.

4. Berikan batas saat

Buatlah bagian penutupan dalam surat komplain Anda dengan pernyataan singkat yang mengulang menekankan minat Anda buat mencapai resolusi pada batas saat eksklusif. Jika komplain tetap diabaikan dalam batas saat tersebut, lakukan lebih poly pencarian keterangan & cobalah buat menemukan nama (atau setidaknya posisi) menurut manajer perusahaan atau karyawan tingkat atas lainnya yg bekerja pada perusahaan tadi.

Tuliskanlah surat komplain yg sama, tetapi jangan lupa menyesuaikan menggunakan penerima surat tersebut yg baru. Apabila surat Anda berulang kali diabaikan, tingkatkanlah intensitas komplain dengan membahas kemungkinan konsekuensi aturan misalnya mengadukan keluhan ke lembaga-lembaga sosial. Jika situasi telah mencapai titik pada mana Anda merasa perlu melakukan ancaman, Anda dapat menyewa advokat dan membawa perkara ke persidangan.

Bersikaplah sangat hati-hati dengan pengajuan komplain yg telah dibawa ke meja hijau. Perlu pemikiran dan perencanaan ke depan bila Anda mungkin harus menerima tuntutan lebih atas komplain yg sudah diajukan. Pertimbangkan buat mendapatkan petuah hukum sebelum mengajukan komplain menggunakan masalah yang serius. Kunci kesabaran ketika mengajukan komplain merupakan menggunakan mengingat bahwa surat Anda sedang dibaca sang insan yg mungkin dapat mencari solusi terbaik dan ingin membantu. Beri mereka kesempatan buat menyelamatkan kehormatan perusahaan & mereka akan segera membantu buat memenuhi kebutuhan komplain Anda.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Leave A Comment...