Wajib Tahu 9 Tips Sukses Pemasaran Dengan Media Sosial Instagram

Cindy Clarissa (21) mahasiswi semester 3 pada Prasetya Mulya Business School, memulai usaha Hola Lola Shop dalam tahun 2012 beserta seorang temannya Josephine Ruth (19) yg waktu ini sedang melanjutkan studinya pada University of Nottingham di Ningbo, China. Saat itu mereka sedang duduk pada taraf terakhir bangku Sekolah Menengah Atas, & kebetulan berada pada kelas yang sama.

Sebagai sesama pemilik online shop pada smartphone, Cindy berjualan aksesoris wanita, sedangkan Josephine berjualan kamera Polaroid & asesorisnya. Mereka kemudian sering berbagi cerita, sampai dalam akhirnya mereka tetapkan buat membuka online shop bersama, supaya bisa membagi tugas & mendapat keuntungan yg lebih besar . Online shop tersebut kemudian dinamai Hola Lola Shop.

Berbekal koneksi menggunakan para supplier barang yg didapat semenjak mempunyai online shop sendiri-sendiri, mereka memutuskan buat menjual aksesoris perempuan dan kamera polaroid dan aksesorisnya pada keliru satu jejaring sosial yg sedang gencar dibicarakan orang, Instagram. Supaya tampilan Instagram online shop mereka tetap indah & tidak terkesan berantakan, mereka lalu membuat 2 akun Instagram yg bernama @holalolashop & @holalolainshop.

Setelah lebih kurang dua tahun berjualan & melayani pelanggan menurut hampir seluruh bagian pada Indonesia, Cindy lalu menyimpulkan bagaimana cara agar dagangannya selalu laris sekalipun banyak pesaing, yaitu:

1. Jangan menjual barang yang sudah sering diperdagangkan

Hal ini akan membuat online shop susah untuk terkenal, dan  juga akan susah untuk meraih keuntungkan karena pesaingnya sudah sangat banyak. Jika ingin menjual barang yang sudah marak diperdagangkan, maka penjual harus membuat sedikit variasi kreatif.

2. Berikan informasi yang jelas mengenai produk yang dijual

Banyak online shop yg tidak mencantumkan harga & keterangan yg jelas mengenai produk yg dijual, sehingga selain menciptakan calon pembeli malas buat membeli, akan melelahkan penjual jua yang lalu pasti mendapat poly pertanyaan dari calon pembeli.

3. Bandingkan harga dengan online shop tetangga

Konsumen tentu sangat mempertimbangkan harga menurut barang yang akan dibeli, bila konsumen memahami bahwa produk yg sama dijual di toko lain dengan harga yg lebih murah, tentu beliau akan menentukan buat membeli di toko tersebut. Oleh karenanya, sekalipun penjual ingin merogoh keuntungan, permanen harus realistis dan jangan seenaknya, karena hal itu akan merugikan diri sendiri.

4. Barang harus sesuai dengan mode

Perputaran tren khususnya di online shop sangatlah cepat, sang karena itu, penjual wajib selalu update mengenai barang apa yang sedang dicari & digemari oleh konsumen. Supaya penjual nir rugi karena barang lama tidak laku , sebaiknya jangan membeli stok barang terlalu poly sebelum tahu bahwa barang tersebut pasti akan laku .

5. Buat lomba berhadiah setiap beberapa saat sekali

Biasanya online shop akan membuat lomba misalnya lomba foto dengan produk yang dibeli pada online shop tersebut menggunakan hibah salah satu produk yg dijual pada online shop itu juga. Hal ini berhasil menciptakan para pembeli sebelumnya dan calon pembeli ikut berpartisipasi lantaran lombanya tidaklah sulit dan hadiahnya menarik.

Sedangkan keuntungan bagi penjual tidaklah senyata keuntungan bagi pemenang lomba. Contoh keuntungannya merupakan antara lain mendapat kenaikan pangkat perdeo menurut para peserta lomba, secara tidak pribadi, para peserta lomba mempromosikan produk berdasarkan online shop yang mengadakan lomba pada akunnya, hal ini bisa menyebabkan ketertarikan bagi pengikut dari peserta tersebut buat membuka akun online shop tersebut bahkan membelinya.

Selain itu, lomba ini dapat menaikkan ketertarikan para pembeli sebelumnya buat selalu memantau akun online shop tersebut, dan juga menaikkan kesetiaan para pelanggan.

6. Selalu bersikap profesional dan ramah kepada pembeli

Banyak penjual online shop yang kemudian menjadi arogan dan tidak ramah kepada calon pembeli, akibatnya calon pembeli lalu nir jadi membeli produk menurut online shop tadi, dan mencari online shop lain yang menjual produk yg sama, hal ini diceritakan oleh beberapa pelanggan Hola Lola Shop. Masalah mini seperti ini tentu bisa sangat merugikan, sang karenanya, profesionalitas dan keramahan penjual sangatlah penting.

7. Usahakan merespon calon pembeli dengan cepat

Jangan biarkan calon pembeli menunggu konfirmasi berdasarkan penjual sampai berhari-hari. Hal ini akan membuat pembeli merasa tidak dihargai atau membangun citra bahwa penjual nir berfokus dalam menjalankan bisnisnya.

8. Berikan produk gratis kepada artis-artis yang terkenal di Instagram

Memberikan produk secara perdeo kepada orang-orang yang populer pada Instagram buat kemudian diunduh di akun Instagram mereka adalah hal yang dilakukan oleh poly online shop khususnya yang masih belum terlalu populer. Hal ini sangat efektif lantaran dari beberapa cerita menurut online shop pada Instagram, sesudah menaruh produk secara perdeo, pembelian lalu membeludak.

9. Bangun hubungan baik dengan sesama pemilik online shop di Instagram

Biasanya pertemanan yg terjalin antara sesama pemilik online shop kemudian berlanjut sebagai donasi saling promosi di akun online shop masing-masing pejual. Membangun interaksi baik menggunakan sesama pemilik online shop mampu dilakukan baik dengan cara personal juga cara profesional.

Cara personalnya adalah menggunakan pendekatan sebagai sahabat biasa, kemudian perjanjian buat saling membantu kenaikan pangkat lalu merupakan perjanjian antara individu yg terkait, sedangkan cara profesionalnya merupakan menggunakan mengikuti kelompok pemilik online shop yg kemudian menciptakan perjanjian buat saling mempromosikan sekalipun nir kenal secara personal.

Demikianlah tips berdasarkan Cindy Clarissa, keliru satu pemilik Hola Lola Shop yang kini akun online shopnya memiliki pengikut ribuan & telah meraup keuntungan yang cukup besar . Pemasaran melalui internet memang mempunyai prospek yg menjanjikan di era digital ini, selain itu, pemasaran melalui internet dapat dilakukan sang siapa saja, bahkan anak Sekolah Menengah Atas, yg diperlukan adalah ilham kreatif & ketekunan menurut si penjual. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terimakasih.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Leave A Comment...