Wajib Tahu 22 Tips Ampuh Promosi Fotografi Secara Online

Fotografer yang baik menjual karya mereka. Penjualan ini bisa dilakukan melalui dua cara.  Pertama dengan bekerja sama  melalui situs-situs yang membeli gambar secara online. Kedua, membuat website sendiri yang menampilkan karya-karya Anda di dalamnya. Baik cara pertama maupun kedua semuanya sama baiknya. Namun untuk cara kedua, Anda sedikit banyak perlu memahami tentang cara membuat website dan sebagainya.

Kemampuan seseorang fotografer yg pula sebagai pebisnis, sebenarnya bukan dalam seberapa bagusnya gambar yg diambil. Kemampuan yang sebenarnya yaitu waktu dia mampu mempresentasikan & menjual karyanya dalam orang lain. Kemampuannya diuji apakah hasil karyanya bisa menarik minat konsumen atau nir.

Cara pertama, mempromosikan gambar via website pribadi umumnya dilakukan fotografer yang penekanan dalam pelayanan & kepuasan. Mereka merupakan fotografer-fotografer handal yg memiliki segenap alat-alat yang canggih. Cara yang ke 2, bisa dilakukan sang siapa saja karena lebih sederhana. Cara yg ke 2 membutuhkan mediator yaitu perusahaan yg menyediakan jasa fotografi stok (stock photography agency). Dalam artikel ini akan dibahas bagaimana caranya menghasilkan uang melalui 2 cara pada atas.

Bagaimana caranya mempromosikan gambar via website pribadi?

Kuasai desain grafis

Bisa memotret saja nir relatif. Kuasai kemampuan desain grafis. Dengan menguasai kemampuan ini, keahlian Anda akan semakin bertambah. Fotografer yg nir menguasai desain grafis dapat diibaratkan menjadi koki yang hanya bisa memasak. Masakan si koki enaknya luar biasa. Tetapi dia nir pintar mengemas masakannya. Akibatnya, orang yg melihat nir memiliki ketertarikan sebagai akibatnya tidak jadi membeli kuliner tadi.

Kuasai edit foto

Kemampuan ini sebenarnya bukan kemampuan utama bagi para fotografer. Namun statusnya sama menggunakan menguasai deain grafis. Banyak sekali website yang sanggup digunakan buat belajar edit foto. Begitu juga dengan aplikasinya. Aplikasi yang bisa digunakan diantaranya Adobe Photoshop atau GIMP.

Berikan sesuatu yg praktis, higienis, & rapi

Hal ini berhubungan dengan pengelolaan suatu wesbite. Buatlah website yang mudah, sederhana. Jika Anda mempunyai website sendiri buat menampilkan hasil fotografi, gunakan desain yg higienis, rapi, dan mudah. Jangan hingga desain wesbitenya terlalu mewah & ramai sehingga menciptakan pengunjung yg tiba justru malah terpukau menggunakan website Anda, bukan dengan foto Anda.

Kebersihan berkaitan dengan berukuran gambar. Besaran gambar yg ditampilkan jangan terlalu mini atau terlalu akbar. Ukuran yg terlalu kecil menciptakan gambar tadi akan pecah bila dibesarkan. Ukuran gambar yang terlalu akbar membutuhkan ketika pemuatan yg lebih lama . Ukuran yang pas yaitu 700 & 900 piksel. Gambar ini pas lantaran tidak terlalu mini sehinnga kentara terlihat dan pula nir terlalu besar sebagai akibatnya nir perlu menggulung layar ke ata-bawah atau ke arah kiri-kanan.

Apabila berbicara mengenai kerapian, yuk berbicara tentang hal yang bisa Mengganggu gambar Anda. Ya, hal itu merupakan watermark. Watermark adalah penandaan suatu karya bahwa karya tadi merupakan milik si A atau si B atau si C. Penggunaan watermark sah-absah saja. Tapi berikan sentuhan yang lebih halus tentang simbol tadi. Watermark yang terlalu akbar membentuk ketidaknyamanan bagi seseorang yg sedang menikmati foto Anda.

Pastikan semuanya mudah dihubungkan

Setiap gambar pada website Anda wajib memiliki link (url atau laman) tersendiri. Ketika pengunjung tiba ke website, sala satu asa Anda merupakan berharap mereka memberikan foto Anda ke jejaring sosial misalnya. Tidak aada yang lebih menjengkelkan selain instruksi yang rumit hanya buat sekedar memberikan gambar. Misalnya, ?Buat memberikan gambar, klik link pada bawah ini kemudian gulung layar ke bawah. Lalu klik 13 kali?. Pengunjung tentunya lebih menentukan website lain daripada membuang waktu mengunjungi website Anda.

Pastikan tidak terdapat gambar yang tidak baik

Menjual gambar melalui website sama halnya menggunakan menjual suatu produk. Pastikan produk-produk terbaik yang Anda jual. Jangan sampai terdapat satu gambar yang memunculkan keraguan dalam pembeli. Lebih baik gambar yang dicantumkan sedikit tapi adalah gambar terbaik daripada mencantumkan gambar yang bervariasi tapi kualitasnya 1/2-setengah.

Cantumkan hubungan yg mampu dihubungi di setiap page

Mudahkan calon pelanggan atau penanam modal buat menghubungi Anda. Kuncinya merupakan dengan menaruh informasi tentang kontak yg mampu dihubungi pada setiap laman. Hal ini bukan berarti Anda harus mencantumkan liputan tadi akbar-akbar. Tampilkan hubungan di sudut bawah sebagai akibatnya nir mengalihkan perhatian pelanggan dari foto yang sedang ditinjau.

Berikan sesutau yg kentara

Jangan menciptakan pengertian yg rumit atau ambigu pada benakn pengunjung. Gunakan istilah kunci yang jelas, tagline yang kentara, dan judul yang kentara. Ciptakan pula navigasi situs yg kentara & tidak berbelit-belit. Mintalah masukan dalam beberapa rekan Anda buat mengomentari website tadi. Jangan luoa pula buat membuat deskripsi yg kentara tentang foto-foto Anda.

Jangan lupakan keyboard

Maksudnya merupakan mudahkan pembaca mengenai instruksi yang diberikan. Jangan menaruh instruksi yg rumit & berbelit-belit. Tempatkan tombol ?Sesudah? Atau ?Sebelumnya? Menggunakan arahan yg kentara.

Biarkan pengunjung tahu pada mana mereka

Hal ini herbi navigasi situs. Apabila foto yg dicantumkan terdapat 20, maka usahakan berikan warta juga tentang hal ini. Misalkan situs Anda memuat 20 gambar, maka sebaiknya berikan kabar seperti ?Gambar ke-12 berdasarkan 20?. Tujuannya supaya pengunjung tahu berapa banyak gambar yg akan mereka lihat.

Berikan sedikit fakta (caption) di setiap gambar

Meskipun terdapat asumsi bahwa foto yang baik tidak membutuhkan kabar sama sekali, tetapi sebaiknya tetap dicantumkan. Berikan sedikit deskripsi, kapan foto itu diambil, bagaimana caranya, & lain sebagainya. Masalahnya nir seluruh pengunjung menginginkan keterangan tersebut. Cara mensiasatinya sekaligus untuk menjaga tampilan website Anda supaya permanen simpel, gunakan tombol ?Info Selengkapnya?. Bagi mereka yang ingin memahami lebih poly bisa klik tombol tersebut.

Tingkatkan kecepatan pemuatan gambar

Jangan pernah menciptakan pengunjung menjadi jengkel hanya lantaran perkara sepele. Karya Anda yg latif bisa kalah dengan proses pemuatan gambar yang berlangsung usang. Tampilan website yang sederhana dengan tidak banyak pernak-pernik serta berukuran gambar yang nir terlalu besat merupakan galat satu tips buat mempercepat pemuatan gambar.

Hal ini sepertinya sepele akan tetapi jika sahih-benar terjadi pada website Anda, akibatnya mampu cukup fatal. Pengunjung nir memiliki banyak saat hanya buat sekedar menunggu gambar Anda dimuat. Oleh karenanya, sebaiknya jangan hingga hal ini terjadi.

Bagaimana caranya menjual foto via website lain?

Jual foto ke situs warta & blog

apabila Anda relatif antusias dengan berita-isu modern yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari, hal ini bisa dijadikan menjadi kesempatan emas. Peristiwa yg tadinya menjengkelkan mampu menjadi sesuatu yg unik dan menguntungkan. Salah satunya merupakan kenyataan pembatasan subsidi BBM. Sambil menunggu antrean kendaraan, Anda bisa menggunakan momen tersebut buat merogoh gambar lalu menjualnya ke media eksklusif.

Hal ini pula berlaku bila Anda tertarik buat memotret aneka macam macam kegiatan yang menarik atau memotret tokoh masyarakat misalnya seniman dan selebritis. Jual foto Anda ini pada situs-situs blog. Masih poly situs blog yg hanya mengandalkan gambar yg mereka temukan pada mesin pencari karena terbatasnya ketersediaan gambar pada bank data mereka.

Pelajari fotografi Stok

Istilah ini masih asing pada kalangan rakyat umu. Fotografi stok terdiri berdasarkan sejumlah foto yang diberi lisensi dan bisa digunakan buat banyak sekali macam keperluan. Keperluan tadi di antaranya merupakan publikasi buku, majalah, iklan, pembuatan film, desain website, seni grafis, desain interior, perusahaan kreatif, dan berbagai macam keperluan lainnya. Daripada merekrut seorang fotografer, perusahaan-perusahaan tadi lebih bahagia hanya membeli karya mereka karena hemat ketika dan porto.

Baru-baru ini, apapun yang dapat digunakan menjadi kegunaan komersil dapat dibisniskan sekalipun hanya sebuah foto. Perhatikan baik-baik lingkungan sekeliling Anda. Perhatikan koran yang tergeletak di meja, pada setiap page selalu ada fotonya. Perhatikan kemasan air mineral Anda, terdapat foto pada dalamnya.

Bagi suatu perusahaan yang membutuhkan sebuah foto, beliau nir bisa eksklusif menggunakan foto yang ada di majalah lantaran foto tadi ada hak ciptanya. Contoh lagi, suatu perusahaan pada Jakarta membutuhkan foto pemandangan pegunungan untuk produknya padahal di Jakarta tidak terdapat gunung. Bagaimana penyelesaiannya? Tepat sekali, semua solusi buat kasus pada atas adalah fotografi stok.

Jangan ambil foto yg mengandung merek

Hal yang mendasar yg perlu diperhatikan adalah jangan sertakan foto yg mengandung nama atau merek suatu perusahaan. Mengapa demikian? Pada dasarnya setiap merek, nama, atau logo perusahaan sudah mempunyai lisensi sekalipun yg merogoh foto adalah Anda sendiri. Tidak dibenarkan menggunakan merek suatu perusahaan secara sembarangan.

Gunakan model

Model pada sini bukan berarti harus model yang populer atau berkelas. Dalam kata fotografi stok, siapapun sanggup sebagai model. Teman, saudara, keluarga, kekasih, mampu menjadi model Anda. Biasanya, buat jenis foto yang demikian, perusahaan juga akan menanyakan bukti diri, pertanda tangan, & identitas gambar. Jadi bukti diri contoh kentara dan mampu dipertanggungjawabkan.

Gunakan pencahayaan & komposisi yang tepat

Saran yg ini sebenarnya telah cukup seringkali didengar & adalah saran yang klasik. Tetapi demikian, hal yg satu ini tidak bisa diremehkan begitu saja. Kita tidak pernah tahu fotografer mana saja yg menyumbang pada fotografi stok. Bisa saja beliau fotografer kelas kakap menggunakan sederet peralatannya yang sophisticated dan lengkap dan tahu bagaimana menggunakannya. Untuk mensiasati hal ini, Anda wajib mempelajari teknik pencahayaan dan komposisi yang sempurna.

Format gambar

Hampir seluruh perusahaan fotografi stok menyarankan bahwa gambar harus pada format JPEG dengan dimensi paling nir 4 megapiksel. Sedangkan berukuran gambar dibatasi yaitu 15-20 MB. Ukuran tersebut adalah berukuran yang dianggap ideal oleh perusahaan.

Periksa gambar yg akan diunggah

Periksa kembali gambar yg akan diunggah. Pastikan gambar nir pecah apabila dilihat pada ukuran yg sebenarnya. Lakukan sedikit edit agar gambar terlihat lebih menarik. Banyak software yang bisa digunakan untuk mengedit gambar contohnya Adobe Photoshop, Adobe Lightroom, Google Picasa, dan jua Corel.

Membuat gambar Anda terlihat menarik saja tidak cukup. Ada ribuan gambar yg sama menariknya pada luar sana. Strateginya adalah berikan sedikit pelukisan dan berikan juga istilah kunci yang tepat. Hampir pada setiap gambar nantinya membutuhkan deksripsi & istilah kunci yg kentara.

Harga dan pembayaran

Sebagian akbar perusahaan membayar fotografer menggunakan hitungan per unduhan ketika foto mereka dibeli konsumen. Besaran pembayaran yang diberikan bervariasi, umumnya sekitar $0.Dua-$0.4 atau kurang lebih Rp2.000-Rp4.000 sekali unduh buat setiap gambar. Jika dalam satu bulan terdapat 300 orang yang mengunduh gambar, berarti dalam satu bulan Anda berhasil mengumpulkan Rp600.000-Rp1.200.000 buat setiap gambar.

Lalu berapa foto yang harus dihasilkan agar fotografi stok bisa membentuk penghasilan pasif? Usahakan Anda bisa menyediakan dua.000 foto untuk setiap perusahaan penyedia jasa fotografi stok. Setelah mencapai jumlah tadi, Anda nir perlu melakukan apapun dalam hayati Anda. Tinggal tunggu uang yg mengalir. Biasanya mereka mengirimkan menggunakan cek atau PayPal.

Hak cipta

Sebagian besar perusahaan fotografi stok permanen memastikan & menjaga bahwa hak cipta terhadap foto Anda merupakan Anda sendiri. Mereka nir akan menjual hak cipta tadi kepada orang lain. Hindari perusahaan yg meminta buat menjual copyright Anda pada mereka atau kepada pembeli. Hak cipta suatu foto harus tetap dimiliki oleh fotografer aslinya.

Mulai mengambil gambar

Itulah sekian tips yang bisa kami berikan mengenai fotografi secara online. Semakin tertarik merasakan global fotografi? Lakukan hal-hal pada atas. Jangan lupa bawa kamera kemanapun Anda pulang, mampu kamera digital atau smartphone. Hal ini dikarenakan foto yang indah atau ide kreatif kadang ada pada saat yang nir terduga.

Hindari merogoh gambar yang sudah umum. Hindari memotret bunga secara penuh, pemandangan pedesaan yg membosankan, atau kota yg padat menggunakan gedung-gedung tinggi. Ciptakan foto-foto yang memiliki tema spesifik misalnya kesuksesan, kerjasama, kegagalan, semangat, & istilah lain yang sejenisnya.

Foto dengan tema spesifik lebih banyak dicari konsumen & sifatnya lebih umum. Kata kunci yg dipakai lebih mudah ditemukan. Sebagai contoh, ciptakan foto dengan tema semangat. Analogikan semangat tadi dengan banyak sekali hal. Misalkan foto orang sedang lompat atau orang sedang berlari. Gambar pemandangan umumnya akan lebih sedikit dicari. Tetapi nir apa-apa apabila ingin mencobanya.

Cari situs fotografi stok & mulai pasarkan

Setelah foto diambil lalu apa yg harus dilakukan? Dari namanya saja telah ketahuan bahwa bidang fotografi yg satu ini membutuhkan donasi situs penyedia layanan fotografi stok. Anda mampu mulai mencari tahu situs apa saja dan bagaimana karakter foto yang harus diunggah.

Ada banyak sekali situs penyedia layanan tersebut. Masing-masing situs mempunyai spesialisasinya masing-masing. Di situs etsy.Com, Anda bisa menjual karya Anda pada bentuk cetak. Di situs eBay.Com, contoh penjualannya lebih bervariasi. Anda sanggup menjual karya dalam bentuk fotografi stok, bingkai, atau kanvas. Sedangkan situs fotografi stok yang lain merupakan snapvillage.Com, istockphoto.Com, stockxpert.Com, fotolia.Com, & shutterstock.Com

Itulah tadi 22 tips untuk memasarkan karya Anda. Cukup mudah bukan? Masih poly orang yg belum mengenal istilah fotografi stok karena bidang ini sendiri bisa digolongkan menjadi bidang yang baru. Internet memang diciptakan buat memudahkan kehidupan manusia. Gunakan internet semaksimal mungkin. Jangan hanya sebatas memahami tentang jejaring sosial saja, mulailah mecari memahami lahan-huma yg sanggup mendatangkan penghasilan pasif. Selamat mencoba.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Leave A Comment...