Wajib Tahu 4 Tips Bisnis Waralaba Dengan Modal Kecil
Sering kali Anda bingung menentukan jenis usaha yang akan ditekuni. Terutama jika modal yang Anda punya tidaklah besar. Jalan alternatif untuk memulai usaha tersebut yaitu dengan memilih bisnis waralaba. Banyak orang yang berpendapat bahwa bisnis waralaba membutuhkan modal yang sangat besar. Untuk memulai bisnis rumah makan siap saji saja diperlukan dana puluhan bahkan ratusan juta rupiah. Maka dari itu Anda harus cerdik dalam memilih jenis usaha waralaba tersebut.
Dewasa ini usaha waralaba dengan kapital kecil namun manfaatnya sangat menjanjikan sangat marak dibicarakan. Tetapi sebelum menekuninya, Anda wajib menentukan dan mengetahui jenis usaha yang cocok menggunakan kapital Anda.
Selain ketelitian, banyak faktor-faktor lain yg harus diperhatikan. Sudah banyak pengusaha yang memulai bisnis waralaba dengan kapital mini namun bisa meraih sukses yang besar . Untuk memulainya, Anda perlu memperhatikan beberapa hal krusial dalam usaha tersebut. Inilah beberapa saran buat menjalankan usaha waralaba dengan modal kecil.
Pilih jenis bisnis sinkron dengan kapital
apabila Anda mempunyai kapital awal & kapital cadangan yang mini yaitu antara 4 hingga 8 juta rupiah, janganlah berkecil hati buat memulai bisnis waralaba. Tentu saja wajib menyesuaikan kapital menggunakan jenis bisnis tersebut.
Ada beberapa jenis bisnis waralaba dengan modal tadi. Biasanya perusahaan waralaba ini menciptakan produk-produk yg dibuat oleh tangan sendiri. Diantaranya ada produk sandang jadi berdasarkan rajutan, sepatu atau sandal, kuliner & minuman dan sebagainya.
Anda bisa menentukan jenis usaha dalam bidang kuliner atau kuliner dan minuman. Saat ini banyak sekali usaha waralaba makanan & minuman unik yang bisa dipilih. Misalnya minuman olahan kopi dengan banyak sekali rasa yg unik ataupun makanan yang diolah sedemikian rupa sehingga menarik & bercita rasa tinggi.
Meskipun modal yang Anda keluarkan terhitung mini , nir menutup kemungkinan akan mendapatkan laba yg akbar. Bisnis waralaba kuliner unik akan berkembang cepat, lantaran makanan dan minuman adalah kebutuhan primer sehingga akan berlangsung penjualan setiap harinya.
Pilih perusahaan yang telah ternama
Pencitraan sebuah perusahaan waralaba sangatlah penting. Pencitraan atau dapat dipercaya sangat berpengaruh dalam semua bidang bisnis terutama waralaba. Melihat & memilih perusahaan yg baik mampu ditinjau dari respon pasar atas produk yg dijual. Lama atau baru perusahaan tersebut berdiri tidak menjadi faktor utama dalam evaluasi pencitraan.
Maka berdasarkan itu, pilihlah perusahaan yg ternama di kalangan rakyat luas. Jika banyak masyarakat atau konsumen yg telah mengenal produk perusahaan tersebut, secara otomatis produk tadi sangat baik dan sangat digemari. Terutama pada bisnis waralaba masakan, lantaran bila produk tidak dikenal mampu saja produk tersebut tidak disukai para konsumen.
Banyak faktor yg mengakibatkan sebuah produk masakan nir dikenal. Mulai dari rasa yang tidak enak, sebagai akibatnya konsumen enggan pulang lagi buat membeli & warta itu meluas menurut ekspresi ke ekspresi. Faktor berikutnya mampu saja lantaran pelayanan yang tidak baik. Pelayanan yg jelek sanggup sebagai faktor penyebab konsumen kapok buat membeli lagi produk pada loka tersebut.
Faktor yg terakhir adalah pemasaran. Jika sebuah perusahaan mempunyai produk kuliner yang lezat & pelayanan yang baik, maka selanjutnya lakukanlah pemasaran secara luas. Apabila sebuah perusahaan nir melakukan pemasaran & promosi secara meluas, maka buat menciptakan produk tadi dikenal masyarakat sangatlah mini .
Jadi pilihlah perusahaan waralaba yg telah dikenal dan memiliki pencitraan yang baik agar peluang kesuksesan terbuka lebar.
Sesuaikan segmen pasar
Setelah menentukan perusahaan waralaba yang akan Anda tekuni, selanjutnya yaitu melihat segmen pasar. Faktor-faktor yang wajib diperhatikan merupakan target konsumen yg akan Anda bidik serta loka usaha yang sinkron dengan jenis produk yang akan dijual.
Anda harus menentukan sasaran utama konsumen apakah anak-anak, remaja, dewasa atau seluruh umur. Selain faktor usia, yg wajib diperhatikan yaitu tempat usaha. Jika sasaran primer merupakan anak-anak, Anda bisa menjual produk makanan & minuman tersebut di tempat yg berdekatan menggunakan Sekolah Dasar atau Taman kanak-kanak. Apabila target utama adalah remaja & dewasa, Anda bisa menjual produk tersebut di kurang lebih Sekolah Menengah atau Universitas.
Selain Sekolah dan Universitas, Anda bisa menjual produk di tempat-loka yang strategis. Misalnya saja dekat dengan perkantoran, dekat menggunakan sentra perbelanjaan atau sanggup saja menjual produk di sentra kota. Tempat adalah galat satu faktor penentu penjualan produk. Tidak menutup kemungkinan jika tempatnya strategis, akan semakin poly dikenal poly orang menggunakan penjualan yg tinggi. Dan keuntungan yg dihasilkan akan semakin besar .
Pemasaran
Promosi & publikasi adalah salah satu faktor terpenting pada bisnis waralaba. Anda harus mempunyai strategi yang kuat buat memperkenalkan produk makanan atau minuman yang dijual. Salah satu bentuk promosi yang mudah dan efektif adalah melalui media umum.
Anda sanggup mempromosikan produk melalui twitter, instagram, facebook dan media umum lainnya. Anda harus mengemas iklan pada media umum tersebut dengan sangat menarik. Misalnya menggunakan desain gambar yg yg cantik dan kalimat-kalimat yg menarik.
Selain melalui akun media sosial, Anda bisa melakukan promosi langsung kepada konsumen dengan cara memperkenalkan dan menjual produk di acara-acara tertentu. Sekarang sudah banyak acara yang menyewakan stand makanan dan minuman. Misalnya saja pada saat acara free day, acara culinary night. Atau Anda bisa memasarkan produk di pentas seni sekolah-sekolah. Dengan demikian, produk akan semakin dikenal oleh para konsumen.
Bisnis waralaba dengan modal kecil pada bidang makanan & minuman adalah usaha yang menjanjikan bukan? Namun pilihlah perusahaan waralaba sesuai menggunakan faktor-faktor di atas. Peluang keuntungan & kesuksesannya akan lebih akbar. Janganlah merasa takut buat memulai sesuatu yg baru menggunakan modal mini . Tanamkan jiwa kewirausahaan dalam diri Anda buat meraih sebuah kesuksesan.
Demikian artikel mengenai tips-tips berbisnis waralaba dengan kapital yang sedikit. Semoga bermanfaat bagi para pembaca. Sekian dan terimakasih.
Tidak ada komentar :
Posting Komentar
Leave A Comment...