Wajib Tahu Dekat Dengan Komunitas, Dekat Dengan Rezeki

Kota Bandung dikenal dengan anak mudanya yg aktif dan kreatif. Dalam pergaulan mereka, keaktifan dan kreatifitas menjadi bagian yg sangat krusial untuk menjaga eksistensi. Mereka selalu senang mengekspresikan dirinya menggunakan cara yg sinkron dengan hasrat mereka sendiri. Hasilnya banyak berdasarkan mereka yang aktif pada aneka macam aktifitas sosial, baik itu mengenai pendidikan, olahraga, seni dan masih poly bidang lainnya. Didukung oleh kondisi sosial yg terdapat, hal ini terus terjadi berdasarkan generasi ke generasi berikutnya.

Dari bidang pendidikan, bermunculan gerombolan -gerombolan bejalar menurut banyak sekali disiplin ilmu. Dari olah raga, timbul banyak sekali penggemar klub sepakbola luar negeri, pecinta basket, otomotif, hingga beladiri. Lalu yang paling menonjol adalah keaktifan mereka yg berkecimpung pada bidang seni. Baik itu seni yang menampilkan visual, audio, pula audio-visual. Mereka beramai-ramai mengekspresikan mereka sendiri melalui bidang-bidang tadi.

Khusus bagi bidang seni khususnya musik, para anak muda Bandung memang dikenal sebagai jagonya. Tidak bisa dipungkiri lagi kalau kota ini selalu mampu menghasilkan musisi-musisi hebat yang berkancah di dunia musik nasional yang diwakili Noah, Rif, Serieus, atau Five Minutes, bahkan internasional seperti Burger Kill, Mocca, sampai The Sigit.  Lalu yang tidak boleh dilupakan adalah kehadiran band-band indie yang masih dan mau berkembang. Mereka bukan hanya sekedar band yang “onani” atau berarti musik mereka hanya dinikmati oleh mereka sendiri sebagai penciptanya, tapi jangan disangka kalau sebanarnya mereka memiliki banyak pendengar.

Band-band indie tersebut mampu bertahan diantara banyakya band di Bandung. Semua itu karena adanya komunitas yang menaungi mereka. Mereka lahir dan dibesarkan oleh komunitas tersebut. Misalnya band aliran Ska, banyak dari mereka yang muncul setelah sebelumnya berkumpul dengan komunitas musik Ska. Tapi berlaku juga sebaliknya, banyak juga komunitas yang lahir dari adanya sebuah band,  misalnya komunitas penggemar mereka.

Dengan banyaknya genre musik & band di Bandung, maka akan banyak jua komunitasnya. Ini menjadi peluang yang baik buat poly jenis bisnis, galat satunya merupakan konveksi. Pakaian adalah galat satu barang dagangan andalan band-band buat mendekatkan diri dengan warga . Selain itu sandang jua sanggup jadi pemasukan lain bagi band-band tersebut selain honor yang mereka dapatkan berdasarkan output manggung mereka. Permintaannya pun umumnya nir sedikit, selalu dalam jumlah yang relatif poly lantaran sekali lagi faktor komunitas menuntut mereka buat menciptakan poly barang dagangan.

Hal lainnya tentang tingginya potensi ekonomi bagi usaha konveksi bila masuk ke pada komunitas adalah kenaikan pangkat yang perdeo, umumnya dalam komunitas masih ada poly orang & meraka akan saling menanyakan produksi dagangan tadi. Hasilnya bisa dinilai sendiri, betapa potensialnya komunitas jika dijadikan konsumen. Dalam bahasa pemasaran hal ini biasa dianggap dengan kekuatan ?Lisan ke ekspresi? Dimana promosi dilakukan secara nir eksklusif sang konsumen itu sendiri. Sekali lagi ingat kalau komunitas pun umumnya mempunyai interaksi dengan komunitas lainnya, jadi tidak hanya orang didalam satu komunitas saja yg bekerjasama.

Beberapa usaha konveksi di Bandung pasti sudah melakukan hal ini. Contohnya saja Healthy Kids Fondation yang berproduksi di wilayah Margahayu. Meskipun lokasinya berada jauh dari pusat kota Bandung atau tempat yang menjadi sentra usaha konveksi seperti yang ada di jalan Suci, namun Konveksi ini mampu tumbuh dan berkembang karna mendekatkan diri dengan komunitas. Mereka mampu menghasilkan rupiah dari komunitas musik, otomotif, sampai komunitas yang edukatif.  Beberapa konsumen mereka diantaranya band indie aliran Hard Core bernama Kick It Out, komunitas vespa, dan lembaga kampus bernama Suara Mahasiswa.

Jika pada dalam komunitas itu ada sebuah band yg memiliki popularitas tinggi, bukan nir mungkin penggemar mereka akan menggunakan jasa konveksi yg dipakai pula oleh oleh idolanya. Itu sama saja usaha konveksi tersebut menguasai band yang jadi konsumennya itu. Meskipun nama perusahaan konveksi nir tertera pribadi di pakaian yang digunakan band tadi, namun bila pada pada komunitas berita tentang siapa yg menghasilkan baju band itu akan menyebar menggunakan gampang. Bayangkan saja, selain dapat promo gratis, konveksi mendapatkan uang menurut jasa yg mereka kerjakan. Ibarat sekali dayung, 2 tiga pulau terlampaui.

Di tengah persaingan yg sangat tinggi di kota Bandung, kehadiran komunitas misalnya yg sudah dijelaskan diatas sebagai sasaran empuk bagi pengusaha konveksi yang mampu memanfaatkan kondisi tersebut. Jika nir, bersiaplah menghadapi persaingan yg sangat ketat. Mulai dari harga sampai kualitas. Bila didiamkan, hal ini akan menjadi kasus akbar bagi bisnis konveksi lantaran bisnis ini nir hanya dibuka oleh orang yang itu-itu saja, akan selalu terdapat pengusaha konveksi baru yang akan jadi persaingan. Akan lebih bahaya lagi bila persaingan itu sudah langsung masuk ke poly komunitas yang terdapat pada Bandung.

Minimalnya, dengan masuk ke dalam komunitas, sebuah bisnis konveksi akan memiliki pelanggan tetap dan akan terus bertambah seiring kehidupan sosial di dalam komunitas itu. Si pebisnis hanya tinggal perlu menjaga mereka dari rasa kecewa dengan memastikan selalu memberikan hasil terbaik. Tapi perlu diingat juga, sekali mengecewakan, maka berita mengenai kekecewaan satu pelanggan akan mudah tersebar karena komunikasi dalam satu komunitas mudah sekali terjadi. Informasi ini akan segera menyebar luas ke banyak anggota komunitas  atau ke komunitas lainnya.

Kemudian, sesudah berhasil masuk ke pada komunitas, jadilah bagian menurut komunitas tadi. Buatlah sebuah hubungan sosial yg serasi dengan setiap orang di komunitas tadi dan jangan sekalipun mengecewakan mereka. Dengan ini, mereka sebagai dekat menggunakan kebutuhannya pada memroduksi dagangan. Lalu tinggal tambah saja koneksi dengan menjain interaksi baik menggunakan komunitas lainnya. Maka akan semakin besar juga pasar yang akan didapat. Semoga artikel ini berguna bagi pembaca. Sekian dan terimakasih.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Leave A Comment...