Wajib Tahu 17 Situs Marketplace Terbesar di Indonesia

Perkembangan toko online semakin marak belakangan ini. Berbagai macam situs mendadak bermunculan menunjukkan jasa jual-beli online. Dengan segenap kemudahan dan fasilitasnya, perlahan belanja secara online merubaha gaya belanja masyarakat. Muncul juga kata ?Online mall?. Online mall ditujukan bagi suatu situs yang menyediakan beragam produk buat memenuhi kebutuhan pelanggan.

Tren toko online sedikit demi sedikit mulai masuk ke Indonesia. Fenomena toko online ini sebenarnya sudah terdapat pada awal tahun 2000-an. Tetapi karena cakupan internet yang ketika itu belum menjangkau seluruh kalangan, belanja secara online masih sebagai hal yg tidak mungkin pada kalangan rakyat Indonesia. Baru kemudian di era tahun 2010-an saat internet telah mulai masuk desa, toko online yang sudah ada sejak usang ini seolah mendadak bermunculan.

Berikut ini adalah pembahasan tentang situs jual-beli online yg paling terkenal di Indonesia. Penentuannya didasarkan pada peringkatnya di Alexa Rank. Semakin kecil angka Alexa Rank-nya, semakin bagus situs tadi. Itu tandanya, semakin poly orang yg mengunjungi situs tersebut. Semakin poly orang, tentu saja popularitas akan dengan gampang diraih.

17. Lamido http://lamido.co.id/

Berdasarkan situs Alexa, Lamido mempunyai peringkat ke-228 di Indonesia. Sedangkan di dunia, peringkatnya menduduki posisi ke-15.407. Lamido masih mempunyai hubungan saudara dengan Lazada. Situs ini sebagai perantara antara penjual dan pembeli atau dapat dikatakan sebagai pasar virtual. Selain ada pada Indonesia, keberadaan Lamido dapat dijumpai pada Malaysia, Filipina, dan Vietnam.

Di situs ini, Anda dapat menemukan berbagai macam barang, seperti supermarket. Apa yg akan Anda beli? Baju? Perlengkapan Bayi? Buku? Semuanya bisa ditemukan pada Lamido. Bahkan hingga truk pun tersedia pada sini! Bisa dibayangkan bukan betapa lengkapnya? Mereka juga acapkali mengadakan promo dan diskon buat menarik pembeli. Lamido memfokuskan pada pembeli dan penjual kalangan kelas menengah dimana si penjual ingin menjual tetapi tidak punya ?Lapak? Sedangkan si pembeli kelas menengah biasanya juga mencari harga barang yg murah.

16. Groupon http://groupon.co.id/

Groupon pertama kali diluncurkan pada bulan November 2008 di Chicago, Amerika Serikat. Dalam jangka saat 2 tahun, mereka berhasil memperluas pangsa pasarnya sampai di 150 loka. Di tahun 2010, jumlahnya mencapai lebih berdasarkan 150. Lantaran hal ini, Groupon pernah diklaim dalam Forbes dan Wall Street Journal menjadi usaha menggunakan penjualan yang paling cepat yang pernah terdapat.

Kini situs jual beli tadi telah hadir di Indonesia. Tidak misalnya situs jual beli lainnya yang produknya berupa barang, Groupon juga menyediakan produk berupa jasa. Mulai dari jasa restoran, jasa fotografer, jasa bimbingan belajar, salon dan spa, hingga jasa pembersihan kamar tidur, smeuanya tersedia pada Groupon.

Cara kerjanya yaitu penyedia jasa yang tergabung pada Groupon harus menaruh diskon bagi para konsumennya. Konsumen yang memakai jasa tadi via Groupon, berhak mendapat harga lebih murah dibanding dengan konsumen yang memakai jasa nir via Groupon.

Meskipun dikabarkan akan bangkrut, hal ini nir lantas membuat Groupon rendah diri. Pangsa pasar mereka justru semakin semakin tinggi. Di Indonesia, situs ini menduduki peringkat ke-202. Sedangkan pada dunia, situs ini menduduki peringkat ke-12.952.

15. Qoo10

Situs ini hampir sama menggunakan situs e-commerce lainnya yg menyediakan aneka macam barang & jasa. Di Indonesia situs ini menempati urutan ke-173. Sedangkan pada global posisinya masih cukup rendah menggunakan menduduki nomor poly yaitu pada angka 11.518. Produk yang dijual relatif beragam. Mulai dari produk kecantikan, makanan, kosmetik, bahkan pula tiket masuk ke wahana wisata seperti tiket masuk ke ?Waterboom?.

14. Blibli https://www.blibli.com/

Blibli merupakan situs belanja baru menggunakan konsep pasar swalayan yang hadir pada tengah warga Indonesia. Barang yg djiual cukup beragam. Meskipun dibangun dengan konsep ?Online mall?, penjual pada BliBli nir mampu secara eksklusif menyelenggarakan aktivitas penjualan. Mereka terlebih dahulu harus mengadakan kesepakatan kerja dengan pihak Blibli.

Salah satu laba membeli menurut situs ini merupakan perdeo biaya pengiriman ke semua Indonesia. Keuntungan lainnya adalah, pelanggan diperbolehkan mencicil pembayaran bila barang yg dibelanjakan melebihi Rp500.000 menggunakan bunga 0%. Jangka saat pembayarannya yaitu antara 6-12 bulan.

Sayangnya, situs ini pernah tersangkut rumor perkara penipuan yg beredar di kalangan pengguna internet. Terlepas menurut informasi tersebut, situs ini semakin melebarkan sayapnya. Terbukti menggunakan peringkatnya di Indonesia yakni 171 & pada dunia yakni 10.312, Blibli bisa menandakan kinerjanya.

13. Jakarta notebook

Ingin membeli gadget, atau notebook? Atau sedang mencari piranti fotografi? Ini beliau tempatnya. Semua alat-alat yang herbi teknologi terdapat di situs ini. Di Indonesia, peringkatnya menduduki urutan ke-167 sedangkan pada dunia menempati urutan ke-11.951.

12. AliExpress

Situs Alibaba memiliki banyak saudara. Ada Taobao, Tmall, Juhuasuan, eTao, Alipay, dan lain-lain. Salah satu saudaranya adalah AliExpress. AliExpress menyasar kalangan penjual & pembeli yang berskala kecil. Hampir sama dengan Alibaba, pada Indonesia situs ini kalah populer menggunakan situs seperti Berniaga. Peringkatnya hanya menempati urutan 123. Sedangkan pada taraf dunia peringkatnya cukup tinggi yaitu peringkat ke-57.

11. Alibaba

Alibaba adalah suatu situs e-commerce yang menyediakan aneka macam macam barang mulai berdasarkan fashion hingga barang elektro. Situs ini didirikan pada tahun 1999 oleh Jack Ma dan berbasis pada Hangzhou, China. Tidak seperti situs lain yg menyediakan wadah bagi pedagang mini , Alibaba justru sebaliknya. Situs ini adalah wadah bagi pengusaha-pengusaha & industri manufaktur di China supaya dapat bertemu dengan penjual di semua global. Situs ini menempati urutan ke-112 pada Indonesia dan urutan ke-66 di global. Sedangkan di China sendiri, telah mencapai peringkat ke-23.

10. Zalora

Zalora merupakan toko online yg menjual aneka macam produk fashion baik laki-laki juga perempuan , mulai dari sepatu, baju, tas, hingga aksesoris. Pusatnya berada di Singapura tetapi situsnya sendiri mampu dijumpai pada Indonesia, Malaysia, Hong Kong, Thailand, Filipina, Vietnam, dan Brunei. Produk yg dijual adalah adonan antara merek-merek internasional menggunakan merek pada negeri di mana Zalora beroperasi.

Situs ini masih bersaudara menggunakan Lazada dan Lamido. Ya, tepat sekali. Situs ini masih berada di bawah bendera Rocket Internet. Di Indonesia sendiri, situs ini telah ada sejak tahun 2012. Posisinya di Indonesia berada di urutan 109, sedangkan di global berada pada urutan 6994.

9. Ebay

Situs ini mempunyai peringkat yang unik dibanding situs lainnya. Di dunia internasional, peringkatnya mencapai urutan ke-27. Namun ternyata situs ini relatif nir terkenal di Indonesia yg hanya meraih urutan ke-106. Dengan nir memakai konsep online mall, situs ini meurpakan situs C2C (Consumer-to-consumer) terbesar pada dunia.

Tahun 1995 Pierre Omidyar mendirikan situs ini tepatnya di California, Amerika Serikat. Namun sayangnya situs ini nir bersifat gratis, penjual akan dikenai tagihan bila mereka menjual barang melalui situs tersebut. Ingin melebarkan pasar ke dunia internasional? Coba mulai promosikan produk Anda melalui Ebay.

8. Elevenia

Elevenia menduduki peringkat 92 pada Indonesia & peringkat 6.085 pada dunia. Elevenia merupakan hasil kerjasama antara PT. XL Axiata menggunakan SK Planet Co., perusahaan e-commerce terbesar berdasarkan Korea Selatan. Situs yang baru diluncurkan pada tanggal 1 Maret 2014 ini menjual aneka macam macam kebutuhan konsumen.

Setiap online shop tentu mempunyai karakteristik khasnya masing-masing, begitu juga menggunakan Elevenia. Elevenia merupakan mediator antara penjual dan pembeli. Siapapun yg bertransaksi, baik penjual maupun pembeli, dijamin keamanannya. Elevenia bertindak sebagai bank atau mediator pembayaran bagi kedua belah pihak. Ciri spesial lainnya yaitu adanya ?Seller Zone?. Dalam Seller Zone, penjual tidak hanya menjual saja tapi jua diberi berbagai macam pelatihan yang menaikkan penjualan.

7. Bhinneka

Ini dia situs yg didirikan orang Indonesia menggunakan nama dan tampilan yg Indonesia banget. Dikepalai sang Tommy Chandra, Vensia Tjhin, Leo Antonius, Hendrik Tio, Darsono Sutikno, & Nicholas Tio, situs ini memiliki visi buat menjadi yang nomor satu pada Indonesia menggunakan mengutamakan kepuasan pengunjung. Bhinneka menempati posisi pada urutan 73 buat Indonesia & urutan ke 4.188 buat dunia.

Tidak misalnya situs lainnya yang hampir menjual seluruh kebutuhan tempat tinggal tangga mulai menurut kostum luar hingga kostum dalam, situs ini menjual berbagai macam peralatan & perkakas yg berbau teknologi. Barang yang dijual antara lain personal komputer , gadgte, fotografi, peralatan tempat kerja, peralatan tempat tinggal tangga, & peralatan lain misalnya gergaji & termometer.

6. Amazon

Situs Amazon tidak terlalu populer pada Indonesia dibanding dengan situs-situs misalnya OLX dan Berniaga. Namun demikian, keberadaannya tidak mampu diremehkan. Posisinya masih cukup tinggi yaitu urutan ke-55 di Indonesia & urutan ke-9 pada dunia. Situs ini adalah situs yg relatif unik. Peringkatnya pada dunia telah mencapai peringkat ke-9, tapi peringkatnya pada Indonesia relatif rendah, bahkan tidak masuk pada 10 akbar.

Situs ini benar-sahih sebagai ?Online mall? Terbesar di dunia. Barang apapun yang dicari semuanya tersedia pada sini. Situs ini juga bisa digolongkan sebagai situs yg berumur lebih tua dibanding situs lainnya. Amazon didirikan sang Jeff Bezos dalam lepas lima Juli 1994. Kini pangsa pasarnya semakin meluas mejangkau semua global.

5. Bukalapak

Bukalapak menduduki peringkat ke-31 di Indonesia dan menduduki peringkat ke-2021 pada global. Bagi penjual, poly keuntungan yg bisa didapat. Pertama, penjual akan mendapat pemberitahan via SMS jika ada pembeli, jadi nir perlu terus-terusan online. Kedua, ongkos kirim telah diperhitungkan secara otomatis tanpa perlu menghitung balik . Ketiga, mendidik para penjual buat menjadi pengusaha. Tidak hanya menyediaka lapak, bukalapak jua menyediakan banyak sekali liputan mengenai tips dan trik agar sukses berjualan.

Situs ini didirikan dalam tahun 2010 oleh Achmad Zaky yg sekaligus menjadi CEO-nya. Konsep yang ditawarkan bukan konsep ?Online mall? Melainkan konsep C2C alias ?Customer to Customer?. Maksud menurut konsep ini adalah siapapun mampu menjual dan membeli. Penjual sanggup berkomunikasi langsung menggunakan pembelinya, begitu jua kebalikannya.

4. Tokopedia

Meskipun konsep yang dibangun hampir sama dengan situs e-commerce lainnya yaitu konsep ?Online mall?, namun situs ini mempunyai kelebihan tersendiri. Di waktu situs lain tidak akan melayani penjualan jika barang yang dibeli belum dibayar, Tokopedia justru sebaliknya. Tokopedia mengklaim para konsumennya berbelanja dengan kondusif & terhindar berdasarkan penipuan menggunakan cara, pembayaran akan dilakukan setelah barang yang dibeli hingga di tangan konsumen. Bahkan, barang yang dikirim bisa ditelusuri jejaknya, telah sampai di manakah barang tersebut.

Tokopedia didirikan pada tahun 2009 oleh William Tanuwijaya. Sejak tahun 2009 hingga sekarang, Tokopedia telah menunjukkan perkembangan pesat. Indikatornya adalah mereka mampu melayani dua juta transaksi tiap bulannya.  Hal ini juga yang menyebabkan Tokopedia menduduki peringkat ke-26 di Indonesia dan peringkat ke-1797 di dunia.

3. Lazada

Lazada menduduki peringkat ke-26 di Indonesia dan peringkat ke-1650 di global. Konsep yg diangkat Lazada adalah ?Online mall?. Konsep pelayanan yang ditawarkan hampir sama dengan Lamido. Pelayanannya antara lain, pengembalian barang dalam ketika 14 hari, boleh mencicil bila belanjanya mencapai jumlah tertentu, dan nir dikenai ongkos pengiriman.

Lazada adalah salah satu anak perusahaan dari Rocket Internet. Rocket Internet adalah perusahaan penyedia e-commerce terbesar di global. Hampir pada setiap negara, terdapat situs layana e-commerce menurut Rocket Internet.

2. Berniaga

Berniaga menempati urutan ke-21 pada Indonesia & urutan ke-1464 di global. Situs ini adalah situs e-commerce terbesar ke 2 pada Indonesia sesudah OLX. Berbeda menggunakan situs OLX, situs Berniaga permanen konsisten pada pangsa pasarnya buat menjual produk spesifik barang-barang ?Second?. Situs Berniaga cenderung lebih merakyat dibanding situs lainnya. Hal inilah yang mengakibatkan mereka menduduki posisi teratas pada Indonesia.

Sesuai menggunakan slogannya, Berniaga bertujuan mempertemukan penjual dengan pembeli. Target mereka adalah memastikan bahwa transaksi yang dilakukan merupakan transaksi antarindividu, bukan transaksi berdasarkan kalangan profesional. Banyak barang bekas nir terpakai pada tempat tinggal Anda? Berniaga bisa sebagai solusinya.

1. OLX

Ini dia, situs e-commerce paling ?Hot? & paling acapkali dibicarakan sang semua orang di Indonesia. Olx yang merupakan singkatan berdasarkan ?Online Exchange? Sukses menduduki peringkat ke-16 di Indonesia dan peringkat ke-900 dunia. Dengan posisinya yg sekarang, bisa dikatakan bahwa OLX adalah situs e-commerce terbesar di Indonesia. Dia telah berhasil mengalahkan ribuan situs lainnya.

Situs yang didirikan tahun 2008 ini mulanya diberi nama Tokobagus.Com. Situs ini dapat dikatakan menjadi pelopor jual beli online pada Indonesia. Perubahan namanya sebagai OLX mengejutkan banyak pihak. Pemilik situs ini tidak menaruh keterangan apapun. Dia hanya menyampaikan bahwa perubahan hanya terjadi pada logo, nama, & nama domainnya saja. Selebihnya, seluruh sistemnya masih permanen sama. Setelah ditelusuri lebih lanjut, ternyata Tokobagus diakuisisi oleh OLX. Situs OLX sendiri merupakan jaringan e-commerce yg telah beredar di banyak sekali negara.

Pangsa pasar OLX merupakan pangsa pasar kelas menengah. Di sini, Anda sanggup menerima barang menggunakan harga murah karena poly barang bekas yang dijual. Tetapi kini situs tadi nir hanya menjual barang bekas tapi jua barang baru. Bahkan pelayanannya sudah meluas hingga mencakup jasa & lowongan kerja.

Itulah dia situs-situs ?Marketplace? Terbesar pada Indonesia. Nah, kini coba tengok situs toko online Anda melalui Alexa buat mengecek peringkatnya. Apabila masih berada pada angka ribuan atau puluhan ribu, itu tandanya toko online Anda masih sepi pengunjung. Namun tidak apa-apa, yg primer adalah pelayanan & kepuasan pelanggan. Dibutuhkan saat dan proses yg relatif usang buat sanggup menduduki posisi OLX atau Amazon.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Leave A Comment...