Wajib Tahu 11 Hal Penting Memulai Bisnis Kosmetik

Penampilan merupakan hal krusial bagi wanita. Setiap wanita ingin tampil manis, rapi, & higienis. Kebutuhan akan kosmetik semakin meningkat. Oleh karenanya, kosmetik merupakan usaha yg menjanjikan. Pangsa pasarnya pun luas. Sasaran konsumennya bisa remaja, wanita dewasa, juga mak -ibu. Anda dapat membuka toko yang menyediakan banyak sekali macam produk kosmetik. Dengan kualitas produk yang baik dan harga yg murah, bisnis Anda akan berkembang pesat.

Salah satu pebisnis yang sukses di bidang kosmetik adalah Martha Tilaar. Ia merupakan pemilik Martha Tilaar Group yang menggunakan merek dagang Sariayu Martha Tilaar.  Lulusan Academy of Beauty Culture, Amerika Serikat ini memulai kariernya dengan membuka salon kecantikan. Ia mengeksplorasi kekayaan alam Indonesia untuk digunakan dalam produknya. Pada tahun 1987, ia meluncurkan produk ”Senja di Sriwedari” sebagai tren tata rias baru, sebuah ide yang terinspirasi dari kekayaan alam dan budaya Indonesia. Kini Sariayu Martha Tilaar menjadi ikon produk lokal yang mendunia.

Ingin meraih kesuksesan seperti Martha Tilaar? Berikut ini merupakan hal yang harus diperhatikan pada memulai bisnis kosmetik:

1. Tempat bisnis yg pas

Pikirkan loka yang sesuai buat membuka usaha kosmetik. Hindari loka-loka yg didominasi oleh pria, misalnya toko otomotif. Cari loka yang poly dikunjungi oleh wanita. Misalnya saja tempat perbelanjaan, salon kecantikan, butik, & sebagainya. Dirikan bisnis Anda pada dekat lokasi tersebut. Tak perlu membuka toko bila modal masih terbatas. Buat saja booth yg mampu dipindah-pindahkan.

2. Barang yg dijual harus resmi

Pada tahun 2006, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menemukan 693 produk Dove palsu, tiga.605 produk Ponds palsu dan 10 produk Biore palsu. Penemuan tersebut membuat konsumen lebih berhati-hati dalam membeli kosmetik. Usahakan menjual produk yang resmi. Pastikan Anda memasok kosmetik menurut sumber terpercaya. Jangan mudah tergiur harga murah. Biasanya, produk yg terlalu murah merupakan produk tiruan. Kualitasnya di bawah produk orisinil. Terkadang produk tiruan bahkan memberi imbas tidak baik bagi kulit.

3. Kualitas barang terjamin

Sebaiknya Anda menjual produk yg kualitasnya telah terjamin. Saat ini, merek kosmetik yang dianggap paling berkualitas adalah L'Or?Al, Etude, dan Revlon. L'Or?Al telah menghasilkan lebih berdasarkan 500 produk yang meliputi produk perawatan rambut hingga wajah. Sedangkan Etude merupakan merek berasal Korea yg meledak pada pasaran pada beberapa tahun terakhir, menyediakan banyak sekali macam produk kosmetik & perawatan tubuh. Bagaimana dengan Revlon? Merek ini diakui sebagai produk kosmetik lipstik terbesar di dunia. Kualitas kosmetiknya baik bagi kulit. Jika Anda ingin menjual produk berkualitas, pertimbangkan ketiga produk tadi.

4. Tidak mengandung zat berbahaya

Cukup banyak terjadi kasus pemalsuan produk dan penggunaan bahan berbahaya sebagai campuran bahan pembuatan kosmetik. Pada tahun 2006, BPOM menemukan 27 merek kosmetik impor ilegal yang mengandung bahan kimia berbahaya. Bahan kimia tersebut adalah Merekuri (Hg), Rhodamin B, Hidroquinon >2% dan pewarna Merah K.3. Jangan sampai Anda menjual produk seperti itu pada konsumen. Bisa-bisa mereka tidak percaya lagi pada bisnis Anda. Jangan hanya mengejar keuntungan, perhatikan juga kesehatan konsumen.

Lima. Jual produk yg banyak dipakai warga

Supaya usaha Anda ramai konsumen, jual produk yang sedang terkenal. Anda wajib memantau keadaan pasar. Biasakan untuk membaca majalah kecantikan, surat kabar, & banyak sekali keterangan di internet yang berkaitan menggunakan kosmetik. Anda jua bisa melakukan pengamatan eksklusif pada lingkungan lebih kurang. Ingin hasil yg lebih akurat? Coba lakukan survei tentang kosmetik yang diminati, mampu secara online juga offline. Dengan demikian produk Anda nir ketinggalan zaman.

6. Sediakan lebih menurut satu pilihan

Sebaiknya Anda memiliki jenis produk yg lengkap. Jadi konsumen mampu membeli semua kebutuhan kosmetiknya pada toko Anda. Upayakan untuk menjual berbagai macam jenis kosmetik misalnya bedak, lipstik, pensil alis, maskara, & sebagainya. Anda bisa menyediakan sampel bagi setiap produk tadi. Selain itu, Anda dapat menyediakan paket kosmetik yang terdiri menurut beberapa jenis kosmetik sekaligus. Berikan harga yang lebih murah buat paket tadi. Konsumen akan tertarik membelinya.

7. Berpenampilan rapi, higienis, dan cantik

Kosmetik identik dengan estetika. Sebagai pebisnis kosmetik, Anda wajib berpenampilan rapi, bersih, dan cantik. Konsumen akan menyukai penampilan Anda dan percaya dalam produk yang Anda jual. Usahakan untuk memakai produk kosmetik yang Anda jual. Dengan demikian, promosi sanggup dilakukan kapanpun dan pada manapun. Anda jua menerima bonus berupa tampil anggun setiap saat.

8. Sediakan kemasan yg unik

Bisnis yang memiliki karakteristik khas akan lebih mudah populer, tidak terkecuali bisnis kosmetik. Buat bungkus produk yang unik. Sesuaikan dengan logo usaha Anda. Misalnya saja, logo usaha Anda adalah kupu-kupu. Anda dapat membuat kotak spesifik berbentuk kupu-kupu menjadi tempat produk yg dibeli konsumen.

9. Perhatikan perizinan

Untuk membuka bisnis toko kosmetik, Anda tidak memerlukan biar spesifik. Yang dibutuhkan hanya biar usaha misalnya toko yang lainnya. Apabila modal Anda cukup, tidak terdapat salahnya eksklusif mengurus perizinan bisnis ke badan aturan & notaris. Tetapi jika belum memungkinkan, jalankan saja dulu usaha Anda. Perizinan bisa diurus seiring dengan berkembangnya usaha.

10. Siapkan kapital yang cukup

Sebagai pebisnis kosmetik, Anda harus memerhatikan 3 jenis kapital: modal investasi awal, kapital kerja, dan modal operasional. Modal investasi awal mencakup biaya sewa loka & alat-alat toko seperti etalase, kursi, meja, komputer, dan sebagainya. Sedangkan kapital kerja digunakan buat membeli bahan baku toko, misalnya alat-alat kosmetik & produk perawatan tubuh. Komponen berikutnya merupakan modal operasional untuk menggaji pegawai, biaya listrik, & lain-lain. Sebaiknya siapkan modal kerja & modal operasional buat tiga bulan. Sebab biasanya Anda belum memperoleh keuntungan di awal usaha.

11. Perhatikan sistem karyawan

Anda tidak memerlukan karyawan berkeahlian khusus untuk bekerja di toko kosmetik. Berikan saja pembinaan seputar sosialisasi produk yg dijual bersama fungsinya, serta cara-cara melayani konsumen. Apabila toko dibuka hingga malam hari, pertimbangkan buat memakai sistem shift. Karyawan dapat bekerja sinkron menggunakan ketika bebasnya. Tetapi bila karyawan putusan bulat buat lembur, Anda tak perlu menggunakan sistem shift. Jadi jumlah karyawan yg diharapkan nir terlalu poly. Bagaimana dengan gaji? Paling tidak berikan honor sinkron menggunakan Upah Minimum Provinsi. Tak ada salahnya menaruh tambahan bonus, terutama jika karyawan berhasil mencapai target penjualan yang ditetapkan.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Leave A Comment...