Wajib Tahu 12 Strategi Penjualan Kosmetik

Kosmetik adalah bidang usaha yg sedang berkembang pesat. Kebanyakan wanita membutuhkan kosmetik, baik berupa make-up juga produk perawatan wajah dan rambut. Jika Anda hendak berbisnis, mengapa tidak mencoba usaha kosmetik? Kualitas produk yg baik & harga yang murah akan menciptakan usaha Anda digemari konsumen.

Cukup poly pebisnis perempuan yang sukes di bidang kosmetik. Salah satunya merupakan Nurhayati Subakat, pengelola merek kosmetik muslimah Wardah. Nurhayati mengawali kariernya dengan menjual produk-produk salon sejak tahun 1985. Ia mendirikan PT Pusaka Tradisi Ibu (PT PTI) bersama suaminya. Produk perusahaan itu dijual dari salon ke salon. Di saat karier Nurhayati menanjak, loka usahanya terbakar. Peristiwa itu justru membuatnya terus berinovasi. Ia menyadari kebutuhan muslimah buat merias diri, namun takut menggunakan produk yg mengandung bahan haram secara kepercayaan . Nurhayati pun mendapat inspirasi buat membuat kosmetik berdasarkan bahan-bahan halal. Kosmetik itu diberi nama Wardah. Kantor cabang Wardah telah beredar di beberapa kota besar . Kini Wardah populer pada Indonesia dan di mancanegara.

Dari kisah Nurhayati, dapat disimpulkan bahwa kosmetik merupakan usaha yg menjanjikan. Anda dapat meraih kesuksesan asalkan tahu cara mengelolanya, terutama dalam menjual produk. Berikut ini adalah strategi dalam menjual kosmetik:

1. Jaga kualitas produk

Jangan mencoba memperoleh keuntungan sesaat menggunakan menjual produk berkualitas rendah. Usahakan menjual produk berkualitas tinggi, menggunakan demikian konsumen akan puas. Pilih merek kosmetik yg sudah terjamin. Misalnya saja L'Or?Al, Etude, Revlon, Oriflame, MAC, & Maybelline. Pastikan produk tadi tidak palsu. Cukup banyak perkara pemalsuan kosmetik yang berdampak negatif dalam konsumen. Oleh karena itu, pilih supplier yang bonafide. Utamakan supplier yang mempunyai pengalaman selama bertahun-tahun. Jangan gampang tergoda dalam supplier yg memasang harga rendah, namun pengalamannya masih sedikit.

Dua. Kemasan wajib menarik dan mempunyai karakteristik khas

Supaya usaha Anda mudah diingat konsumen, buat kemasan yg menarik. Bisa dengan memakai bahan yg unik. Misalnya kertas siklus ulang, kain batik, & hiasan dedaunan kering. Bisa jua menggunakan menentukan bentuk bungkus yang tidak biasa. Apabila kebanyakan toko memakai loka berbentuk kotak, Anda bisa memakai tempat berbentuk segitiga atau bunga. Begitu jua menggunakan plastik pembungkus. Daripada menggunakan bahan plastik yang susah terurai di alam, mengapa tidak menggunakan kantong kertas? Anda sanggup menyesuaikan warnanya menggunakan warna spesial toko. Misalnya saja dekorasi toko Anda didominasi sang warna hijau. Buat kantong kertas berwarna hijau atau cokelat, jadi konsumen mendapat kesan bahwa toko Anda merupakan sebuah hutan.

Tiga. Ramah terhadap konsumen

Salah satu hal yang menciptakan konsumen tiba lagi ke suatu toko adalah pelayanan yg ramah. Maka jangan remehkan kemampuan melayani. Usahakan buat selalu tersenyum. Tanyakan kebutuhan konsumen, kemudian beri saran kosmetik yang sesuai baginya. Hadapi mereka menggunakan tabah. Ingat, pembeli merupakan raja. Anda harus menciptakan mereka merasa nyaman supaya mau tiba lagi. Jangan membeda-bedakan konsumen. Perlakukan mereka dengan cara yg sama.

4. Perhatikan penampilan

Toko sandang menggunakan manekin buat promosi. Bagaimana menggunakan toko kosmetik? Pakai saja kosmetik Anda. Penampilan Anda merupakan representasi menurut kosmetik yang Anda jual. Usahakan buat selalu berpenampilan manis & enak ditinjau. Konsumen akan senang karenanya. Mereka niscaya mau berkonsultasi dengan Anda karena merasa Anda kompeten pada global kosmetik. Selain pada toko, Anda bisa memakai kosmetik itu pada manapun & kapanpun. Hal ini mampu dijadikan kenaikan pangkat secara langsung. Apabila terdapat orang yg memuji penampilan Anda, katakan bahwa Anda menjual kosmetik yang sedang digunakan itu. Kemungkinan beliau tertarik membelinya.

5. Berlakukan harga khusus

Diskon merupakan hal yg sangat menarik bagi kebanyakan wanita. Manfaatkan kecenderungan tadi. Berlakukan harga khusus pada waktu-ketika tertentu. Misalnya saja ketika valentine, beri diskon sekian persen agar para wanita mampu berdandan secantik mungkin demi pasangannya. Anda juga sanggup memberlakukan harga spesifik buat pelanggan yang menjadi anggota. Tak perlu takut rugi. Harga yg murah akan menarik lebih banyak pelanggan, sebagai akibatnya Anda justru memperoleh laba.

6. Berikan produk gratis

Selain memberikan bonus, Anda jua sanggup memberikan produk secara cuma-cuma. Misalnya saja perdeo produk eksklusif setiap pembelian dua jenis kosmetik. Bisa jua memberi produk gratis dalam konsumen yang sedang berulang tahun, konsumen yg baru saja menikah, dan konsumen yang sedang hamil. Pastikan produk gratis itu berkualitas baik.

7. Menjual dan memberi edukasi

Anda harus menguasai produk yg dijual. Terangkan pada konsumen bagaimana cara menggunakannya. Dengan demikian, mereka akan terhindar dari kesalahan penggunaan kosmetik yg berujung dalam alergi. Pastikan terdapat label atau kertas mini berisi petunjuk penggunaan dalam setiap produk.

8. Gunakan merk ambassador

Supaya usaha cepat meledak di pasaran, pertimbangkan buat memakai merk ambassador. Belum mempunyai cukup uang buat menyewa seniman atau selebriti? Tenang saja. Anda mampu meminta tolong pada tokoh-tokoh masyarakat. Misalnya saja seniman atau pengajar. Biasanya mereka justru tidak meminta bayaran.

9. Libatkan kiprah aktif konsumen

Buat konsumen merasa terlibat pada usaha Anda. Bagaimana caranya? Tempatkan kotak saran pada toko Anda. Minta dalam konsumen buat menaruh saran & kritik mereka. Pergunakan masukan-masukan tadi buat memperbaiki usaha. Anda pula sanggup memanfaatkan internet. Sebanyak 78% wanita membuatkan pengalaman berbelanjanya pada media sosial. Buat akun toko Anda pada Facebook, Twitter, atau media umum lainnya. Minta konsumen Anda buat mencantumkan nama toko setiap kali berbagi pengalaman mereka. Beri hibah buat konsumen yang membuatkan pengalaman paling menarik.

10. Jual secara online

Anda tidak harus menjual kosmetik secara eksklusif. Bagi orang yg yang memiliki poly tanggungan misalnya bunda rumah tangga, berbisnis secara online adalah cara lain yg patut dipertimbangkan. Anda hanya memerlukan komputer & koneksi internet. Buat saja website atau lembaga buat menjual produk kosmetik. Kegiatan jual-beli sanggup dilakukan pada rumah.

11. Tetap fokus

Usahakan buat fokus pada berbisnis. Apabila Anda tetapkan buat berbisnis kosmetik, konsentrasi saja pada bidang tadi hingga usaha Anda mapan. Tahan diri buat nir melakukan usaha yg lainnya. Lebih baik Anda melakukan diversifikasi produk. Apabila dalam awalnya hanya menjual produk perawatan wajah, coba jual pula produk perawatan rambut.

12. Jalin komunikasi yg baik menggunakan konsumen

Lakukan pendekatan secara personal pada konsumen. Selain berbicara tentang kosmetik, Anda juga bisa memancing pembicaraan yg lebih generik misalnya hobi & aktivitas sehari-hari. Buat konsumen merasa dekat. Anda dapat memperoleh manfaatnya. Berdasarkan survei, 14 % wanita pada Indonesia berbelanja online lantaran mereka mengenal penjualnya.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Leave A Comment...