Wajib Tahu 25 Fakta Menarik Tentang Tokopedia

Pesatnya perkembangan new media yaitu internet, terus menghipnotis aneka macam bidang dan unsur dalam hayati kita. Mulai dari cara bergaul, mencari sahabat, mencari informasi, sampai menjalankan bisnis! Ya, saat ini kita mampu menemukan aneka macam macam cara berbisnis melalui internet. Strategi ? Strategi pemasaran baru pun ditemukan buat menyesuaikannya menggunakan pemasaran usaha melalui internet.

Munculnya internet menjadi media baru buat berbisnis, tentu menimbulkan wujud ? Wujud baru pula dalam media internet. Salah satunya ialah website ? Website yg menyediakan lahan bisnis, baik buat menjual suatu produk sampai memperlihatkan suatu produk pada para pembeli. Ya, melalui media internet. Sungguh kemajuan zaman yang menyenangkan dan menguntungkan, bukan?

Salah satu website bisnis buat melakukan transaksi jual beli, antara lain adalah tokopedia. Di Tokopedia, siapapun bisa menjual produknya baik barang ataupun jasa dengan mengunggahnya di laman Tokopedia. Setelah iklan dan rincian berdasarkan produknya ada, maka iklan tersebut akan bebas dikonsumsi sang siapapun yg mengunjungi halaman Tokopedia. Dari sinilah timbul adanya kemungkinan produk itu bisa dibeli, sampai berujung dalam transaksi jual beli yang sesungguhnya.

Salah satu menurut anda, tentu pernah mengunjungi bahkan melakukan transaksi jual beli melalui Tokopedia. Namun, tahukah anda bahwa Tokopedia mempunyai berbagai liputan menarik di dalamnya? Kali ini, bisnishack.Com akan sedikit memaparkannya. Yuk, kita simak beserta ? Sama.

1. Tokopedia merupakan website usaha atau jual beli protesis Indonesia. William Tanuwijaya adalah penemu, pembuat sekaligus pengembangnya. Hebat!

2. Tokopedia adalah website usaha yang sangat menarik dan menginspirasi. Mengapa? Lantaran Tokopedia berusaha buat nir membuat sekat dengan para konsumennya, melalui cerita ? Cerita dan beberapa fitur yang khas pada dalamnya.

3. Tokopedia memiliki tiga (tiga) fitur yang nir dapat ditemui pada website bisnis ataupun jual beli lainnya. Fitur tersebut antara lain; Success story, dimana fitur ini menjadi wadah membuatkan ilham kisah sukses menurut seorang yang telah sukses khususnya di Tokopedia; Behind the Scene, dimana fitur ini Tokopedia berusaha trransparan dengan konsumennya, yaitu menggunakan memberitahuakn bagaimana Tokopedia bekerja, bagaimana kekompakkan timnya, dan lain ? Lain; dan fitur kisah berdirinya Tokopedia, dimana fitur ini sebagai wadah untuk berbagi cerita mengenai sejarah berdirinya Tokopedia beserta senang dukanya. Hal ini tentu menginspirasi siapapun yang membacanya, dan berakibat konsumen atau user Tokopedia lebih merasa dihargai.

4. Tokopedia didirikan tahun 2009, dan pada tahun 2013, pemasukannya sudah mencapai USD 20 juta.

Lima. Pada enam bulan pertama diluncurkan, Tokopedia eksklusif menjaring 23 ribu lebih anggota aktif, menggunakan 2500 toko di dalamnya, dan memberikan 42 ribu produk baik barang ataupun jasa.

6. Enam bulan pertama Tokopedia hadir, total transaksi yg terjadi melalui Tokopedia telah mencapai nilai diatas 1 Milyar rupiah. Terbukti sebagai website usaha yg dipercaya dan menjanjikan, bukan?

7. Tokopedia menyebut user-nya menggunakan sebutan Tokopediawan dan Tokopediawati. Hm.. Lucu juga, ya!

8. Produk pertama yg terjual di Tokopedia semenjak pertama kali didirikan merupakan kaos berwarna putih buat laki ? Laki menggunakan ukuran S. Terdengar sepele, tetapi hal ini tentu menyisakan kesan tersendiri bagi pemilik Tokopedia.

9. Dalam kurun waktu enam bulan pertama, produk yang paling banyak terjual ialah gunting kuku buat souvenir pengantin, sebanyak 250 buah. Harganya pun dikalkulasi menggunakan harga grosir, lho!

10. Produk yg paling murah terjual pada Tokopedia adalah kertas kado, menggunakan harga Rp. 999,-. Seperti beli di warung saja.

11. Barang mahal pertama yang terjual pada Tokopedia, adalah Onyx Boox 60 dengan harga Rp. Tiga.700.000,-.

12. Sejak pertama kali diluncurkan, statistik Tokopedia baik berdasarkan segi jumlah pengguna, jumlah toko, jumlah produk yg ditawarkan, hingga peringkat statistic website, selalu semakin tinggi & nir pernah mengalami penurunan.

13. Ide menciptakan online market place seperti Tokopedia ini bermula dari pengamatan William beserta rekan ? Rekannya atas kenyataan SMS Content & SMS Broadcasting. Apa itu SMS Content dan SMS Broadcasting? SMS Content adalah SMS yang biaya pengirimannya dikenakan pada penerima SMS. Anda jangan lupa tren ketik REG spasi SESUATU, seperti itu? Ya, itulah SMS Content. Sementara SMS Broadcast merupakan SMS yang berisikan warta dan biayanya dikenakan dalam si pengirim SMS. Biasanya yang melakukan SMS Broadcast ini ialah suatu instansi ataupun perusahaan yang ingin mempromosikan produknya.

14. Sebelum membangun Tokopedia, pemilik Tokopedia yaitu William Tanuwijaya bekerja sebagai IT & Businees Development Manager. Sungguh menginspirasi karena ia bisa memutar otaknya dengan menyajikan sebuah terobosan baru di dunia bisnis yang disesuaikan dengan bidang kerja yang digelutinya.

15. Brainstorming pertama kali mengenai ide membuat online market place yang akhirnya diwujudkan dalam Tokopedia ini, dilakukan di sebuah warteg. Super sekali!

16. Tantangan pertama Tokopedia dalam menjadi online market place adalah membangun kepercayaan masyarakat untuk berbelanja dan melakukan transaksi jual beli di dalamnya. Maklum, sejak awal kemunculan tren website jual beli, penipuan seringkali terjadi.

17. Inspirasi dari mendirikan Tokopedia, adalah website Amazon dan Napster. Pendiri Tokopedia menganggap Amazon dan Napster adalah ide yang usang. Namun berkat kegigihan dan tekadnya, ide tersebut bisa dikembangkan menjadi website yang menarik, orisinil dan sesuai dengan masyarakat Indonesia.

18. Sebelum membuat Tokopedia, pemilik Tokopedia membawahi website bisnis yang bukan miliknya, yaitu belanjaaman.com.

19. Pemilik Tokopedia pernah ingin menamakan website Tokopedia dengan kopaja.com, dengan filosofi kepanjangan dari Kopaja adalah toko apa saja. Namun, nama ini sudah teregstrasi, dan memiliki arti resmi yaitu koperasi angkutan Jakarta.

20. Nama Tokopedia tercetus saat pemilik Tokopedia berada dalam perjalanan pulang naik ojek. Guys, ide memang bisa muncul dimana saja, tanpa mengenal ruang dan waktu.

21. Filosofi nama Tokopedia adalah gabungan kata dan arti dari toko dan ensiklopedia. Diharapkan, toko – toko online yang berada di dalam website bisnis yang dikelolanya bisa menjadi ensikolopedia bagi siapapun yang mengunjungi website tersebut.

22. Pada awal berdirinya Tokopedia, Tokopedia sangat kesulitan mencari investor. Hal ini dikarenakan Tokopedia dianggap mengimplementasikan ide yang sangat usang, sehingga tidak ada satupun investor yang menanggapinya dengan baik.

23. Tokopedia menawarkan fitur penjualan barang dengan harga grosir.

24. Tokopedia memiliki layanan saldo yang bisa diuangkan kembali. Selain itu, saldo di Tokopedia juga bisa digunakan untuk berbelanja langsung di Tokopedia.

25. Tokopedia menawarkan fitur Featured Shop. Semakin anda meningkatkan transaksi dan penjualan anda di Tokopedia, toko anda pun akan berpeluang besar untuk menjadi Featured Shop di Tokopedia.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Leave A Comment...