Wajib Tahu 6 Hal Kecil yang Dapat Mengurangi Produktivitas Kerja
1. Telepon genggam
SMS atau telepon yang masuk pada telepon genggam bisa mengganggu konsentrasi & produktivitas kerja Anda. Apabila telepon genggam berpotensi sebagai gangguan bagi Anda pada loka kerja, maka gunakanlah layanan voicemail buat menyaring telepon masuk. Dengan mengaktifkan voicemail, panggilan masuk pada telepon genggam Anda dapat langsung dialihkan ke pesan bunyi. Jika Anda bekerja di kantor, mintalah resepsionis buat meneruskan panggilan yang krusial ke telepon di ruangan tempat kerja Anda. Sebaiknya Anda menunda panggilan telepon pribadi menggunakan menerimanya pada jam istirahat.
Dua. Jejaring sosial
Berbagai situs jejaring sosial misalnya Facebook dan Twitter bisa menghibur dan memengaruhi suasana hati Anda. Namun usahakan Anda menghindari penggunaan media sosial dalam waktu bekerja di kantor ataupun di rumah. Anda harus dapat membatasi penggunaan saat di media sosial ketika sedang bekerja. Gunakan media sosial ini sesudah terselesaikan jam kerja sebagai hiburan di waktu senggang. Anda dapat membuang gangguan konsentrasi kerja menggunakan sedikit donasi berdasarkan teknologi. Apabila permanen merasa sulit berkonsentrasi, cobalah pelaksanaan pemblokir akses situs-situs media umum. Aplikasi ini selain bisa memblokir situs-situs media umum juga dapat menciptakan latar belakang layar personal komputer hanya mengeluarkan satu program dalam suatu saat. Ada jua indera web yg dapat menghitung berapa poly ketika yg sudah Anda habiskan di suatu situs, sehingga Anda lebih mawas diri pada penggunaan jejaring sosial ketika bekerja.
3. Email
Email yang ada tiba-datang saat sedang bekerja dapat membuyarkan konsentrasi Anda. Solusi masalah ini adalah menggunakan bekerja secara offline. Suatu survei menemukan hampir 60% dari gangguan pada tempat kerja asal berdasarkan email, jejaring sosial & ponsel. Jadi untuk tugas-tugas yang tidak melibatkan internet, coba gunakan kertas dan pena. Simpan telepon Anda pada syarat diam & periksalah email hanya sekali waktu. Jangan melekat catatan-catatan pada pinggir layar komputer Anda. Catatan ini menarik hati Anda buat menilik email setiap kali ikon surat ada pada sudut kanan monitor anda. Cobalah buat fokus dalam satu hal & satu tugas saja selama setidaknya 15 mnt. Jadwalkan waktu buat mempelajari email sepanjang hari & hapus email-email spam yg mengganggu.
4. Obrolan menggunakan rekan kerja
Istirahat kerja kadang-kadang bisa mengganggu konsentrasi kerja. Mengobrol menggunakan rekan-rekan kerja pada ketika yang usang dapat mengganggu waktu kerja dan mood Anda. Jika rekan kerja terus mengajak mengobrol, segera minta izin buat kembali bekerja. Anda jua dapat menghabiskan ketika istirahat dengan menyendiri di tempat kerja atau ruang konferensi yang tidak terpakai. Apabila cuaca baik, Anda usahakan menghabiskan ketika istirahat pada luar ruangan tempat kerja. Menjauhkan diri selama beberapa mnt berdasarkan meja kerja Anda dapat mengembalikan konsentrasi buat bekerja balik .
Apabila mempunyai pintu kantor, usahakan Anda menutupnya buat menghindari gangguan yang tidak diinginkan. Ketika Anda merasa terganggu dengan rekan kerja yang ribut, tanggapilah menggunakan sopan dan tegurlah bahwa Anda sedang mengerjakan pekerjaaan penting.
5. Pekerjaan yg tidak masuk rencana
Sangat sedikit orang yg diberkati dengan konsentrasi tinggi yg memungkinkan mereka permanen fokus menghadapi banyak tugas. Apabila Anda termasuk orang yang sulit berkonsentrasi, tolaklah pekerjaan tambahan yg nir masuk dalam agenda apabila pekerjaan tadi nir penting. Mencoba buat melakukan terlalu poly hal sekaligus merupakan cara jitu buat bekerja berantakan & tidak produktif. Biarkan diri Anda buat bekerja pada satu tugas dalam suatu saat eksklusif, bahkan jika itu hanya buat lima belas mnt. Untuk menghindari gangguan konsentrasi waktu bekerja, Anda dapat melakukan tugas-tugas yg lebih kecil.
Beberapa psikolog menyimpulkan bahwa otak kita nir akan kuat apabila dipaksa bekerja terlalu keras buat memproses terlalu poly liputan. Jadi selesaikanlah dalam satu proyek pekerjaaan dengan baik sebelum memulai yang lainnya. Jangan lupa ambil istirahat mini agar otak Anda bisa kembali berkonsentrasi pada pekerjaan. Sesuaikan jadwal pekerjaan dengan kebutuhan & aktivitas Anda sebagai akibatnya produktivitas kerja selalu terjaga.
6. Melamun
Ternyata struktur otak adalah galat satu penyebab pikiran manusia terus mengembara & menyebabkan kita sering melamun. Korteks prefrontal adalah wilayah otak yg mengatur rentang perhatian & menangani emosi kita. Jadi setiap kali terdapat rasa sentimen, emosi, & frustrasi dengan atasan atau rekan di kantor, pikiran kita dapat terganggu. Otak bekerja keras buat terus fokus & memperhatikan pekerjaan kita. Suatu studi menemukan bahwa saat orang-orang mendengarkan pidato membosankan, otak mencegah kita menurut kehilangan penekanan menggunakan "menulis ulang" pidato itu pada pada pikiran kita sebagai akibatnya terdengar lebih menarik dan menciptakan kita lebih berkonsentrasi buat memahami isi pidatonya.
Studi sudah menemukan bahwa makan sarapan dapat mempertinggi perhatian & konsentrasi kegiatan Anda selama sehari penuh. Oleh karenanya, makan sarapan yang baik sangat dianjurkan. Semangkuk oatmeal sebagai hidangan sarapan bisa membantu metabolisme dan sistem kerja otak Anda. Lantaran itulah para ahli menganjurkan Anda wajib makan di pagi hari. Jika masih permanen susah berkonsentrasi, Anda dapat mencoba mengonsumsi kafein. Kopi atau teh bisa membantu orang merasa lebih waspada dan bisa berkonsentrasi menghadapi pekerjaan mereka pada kantor. Jika Anda tidak menyukai kopi, cobalah mengunyah permen karet karena hal ini jua bisa membantu menaikkan kewaspadaan dan konsentrasi.
Apabila Anda bekerja di lingkungan yang bising menggunakan bunyi AC, obrolan rekan-rekan kerja yg tiada habisnya, atau suara-suara mengganggu lain, Anda bisa mencoba mendengarkan musik melalui headphone. Cara ini dapat membantu Anda buat berkonsentrasi dalam pekerjaan yg sedang Anda kerjakan di komputer. Cara ini pula mencegah rekan-rekan kerja Anda mengajak mengobrol dan melakukan kegiatan-aktivitas lain yang dapat menurunkan produktivitas kerja.
Jika Anda tidak ingin diganggu oleh pikiran dari semua hal lain yg tidak perlu, usahakan Anda membersihkan dan merapikan meja kerja Anda. Meja yg higienis bisa menaikkan konsentrasi Anda buat lebih fokus menghadapi pekerjaan pada tempat kerja. Ketika Anda sudah mengurangi aneka macam gangguan kerja, Anda akan menemukan bahwa Anda dapat sebagai lebih produktif dan membuat pekerjaan dengan kualitas yg jauh lebih baik.
Tidak ada komentar :
Posting Komentar
Leave A Comment...