Wajib Tahu 13 Langakah Untuk Menghadapi Persaingan di Dunia Bisnis
Saat ini poly sekali orang yg menekuni global bisnis. Sadari bahwa Anda mempunyai poly kompetitor. Tentukan perilaku dalam menghadapi persaingan usaha tersebut. Misalnya saja Anda memutuskan untuk tidak terbawa selera pasar dan permanen membangun produk sinkron dengan cita-cita perusahaan. Patuhi prinsip ini. Dibutuhkan konsistensi terhadap prinsip agar Anda nir terombang-ambing pada global bisnis. Apabila Anda masih bingung, berikut ini merupakan sikap dalam menghadapi persaingan usaha:
1. Kenali kompetitor Anda
Sebagai pebisnis, pekerjaan Anda tidak terbatas di pada perusahaan. Lakukan pengamatan di daerah sekitar. Kenali kompetitor Anda. Tak perlu merasa memalukan atau gengsi. Tindakan ini perlu dilakukan agar Anda bisa merancang taktik menghadapi kompetitor. Ketahui berapa jumlah mereka dan bidang apa saja yang dilakukan. Apabila Anda mempunyai usaha yg telah akbar, kompetitor tidak hanya terdapat pada daerah sekitar, tetapi juga di tempat yang jauh. Anda bisa mengenali kompetitor lewat ulasan majalah, surat warta, atau keterangan di internet.
2. Pelajari kelebihan & kelemahan kompetitor
Setelah mengenali kompetitor, perhatikan bisnis mereka dengan cermat. Apa saja kelebihan yang mereka miliki? Kelebihan tadi mampu digunakan buat membuatkan usaha Anda. Lalu apa saja kelemahan mereka? Kelemahan itu mampu dipakai buat mengkritik bisnis sendiri. Selain itu, Anda bisa menciptakan kesempatan berdasarkan kelemahan mereka. Misalnya kompetitor Anda membuka toko pakaian, namun mereka hanya menyediakan sandang berukuran baku. Manfaatkan keadaan ini. Anda bisa menjual pakaian berukuran ekstra besar untuk orang-orang yg terkena obesitas. Usaha akan sebagai lebih maju.
3. Jangan ragu buat membentuk produk baru
Pebisnis yg menunjukkan produk itu-itu saja akan ditinggalkan sang konsumen. Maka temukan berbagai inovasi. Anda tak perlu membentuk produk yg sahih-sahih baru. Manfaatkan saja produk usang. Beri sedikit perubahan, sanggup dalam bentuk, rasa, juga keuntungannya. Misalnya saja Anda adalah pengusaha mi ayam. Biasanya mi berwarna kuning. Mengapa Anda tidak berinovasi menggunakan membuat mi aneka macam rona? Misalnya saja mi berwarna hijau, ungu, oranye, dan sebagainya. Warna-rona tersebut sanggup diperoleh dengan mencampurkan sayuran misalnya bayam, ubi, & wortel.
4. Asah kreativitas
Inovasi tidak bisa diciptakan tanpa kreativitas. Pebisnis jua harus kreatif. Jangan hanya berkutat pada global usaha. Perkaya pengetahuan Anda dengan mengikuti banyak sekali macam acara seni seperti teater, pantomim, pameran lukisan, & sebagainya. Anda pula sanggup ikut training menciptakan gerabah. Kegiatan kesenian akan mengaktifkan otak kanan Anda. Dengan demikian, lebih mudah buat membentuk penemuan bisnis.
Lima. Usahakan tidak melakukan plagiat
Hindari melakukan plagiat pada bentuk apa pun. Anda wajib percaya menggunakan kemampuan sendiri. Memang ada pebisnis yang memplagiat produk atau nama perusahaan yg telah sukses. Produk output plagiat itu akan mendapat popularitas, tetapi hanya sebentar. Pebisnis itu justru tidak akan dihormati pada dunia usaha. Maka tak perlu mencontek produk orang lain. Setiap pebisnis memiliki ciri khas. Jika diketahui & dimanfaatkan dengan baik, ciri khas tadi akan menciptakan Anda sukses.
6. Jangan remehkan kompetitor
Biasakan buat nir meremehkan orang lain, terutama kompetitor usaha. Jangan tertipu oleh penampilan. Misalnya saja Anda bersaing menggunakan sebuah perusahaan. Ketika dipandang, ternyata perusahaan itu hanya menempati gedung kecil yg sudah lusuh. Jangan lantas meremehkannya. Mungkin saja perusahaan itu menggunakan aturan gedung buat memperbanyak produksi. Apabila Anda memandang sebelah mata & tidak waspada, mampu-mampu perusahaan tadi menyalip perusahaan Anda.
7. Jadikan kompetitor menjadi mitra bisnis
Pertimbangkan buat bermitra dengan kompetitor Anda. Selain mengurangi saingan, Anda juga diuntungkan karena mendapat tambahan tenaga & ide. Ini bukan gagasan yg jelek. Jika Anda takut kompetitor bertindak curang, buat saja surat perjanjian kolaborasi. Pastikan perjanjian tersebut disetujui oleh kedua belah pihak. Dengan demikian, Anda sanggup menuntut kompetitor bila menyabotase usaha Anda.
8. Pilih lokasi penjualan yg strategis
Misalnya saja perusahaan Anda dan perusahaan saingan mempunyai kualitas dan kuantitas produk yg sama. Elemen yang akan memilih kesuksesan adalah lokasi penjualan. Semakin strategis lokasi Anda, semakin banyak pelanggan yang akan tiba. Produk akan lebih mungkin dibeli. Maka usahakan untuk mencari lokasi yang strategis, contohnya di sentra kota atau di dekat tempat-loka vital. Jangan enggan buat mengeluarkan uang poly demi lokasi yg strategis. Anda akan segera mendapat balasannya.
9. Mengembangkan usaha
Terkadang inovasi produk saja tidak relatif. Pertimbangkan buat berbagi bisnis Anda. Hal ini mampu dilakukan menggunakan menambah jumlah energi kerja. Selain itu, Anda bisa membuka cabang perusahaan pada beberapa tempat lain. Dengan demikian, pelanggan akan lebih mudah menemukan produk Anda. Hal ini dapat sebagai kenaikan pangkat yang positif.
10. Memberikan harga yg bersaing akan tetapi lumrah
Beri harga yg murah buat konsumen. Dengan demikian, mereka akan lebih tertarik membeli. Namun pastikan bahwa harga sesuai dengan kualitas produk. Jangan sampai harga penjualan pada bawah harga produksi. Bisa-bisa Anda rugi. Pastikan pula memberi harga yang lumrah. Jangan hingga harga terlalu murah, bisa-bisa konsumen curiga dalam produk Anda. Dikiranya produk Anda terbuat menurut bahan-bahan berkualitas jelek.
11. Melakukan pendekatan dan layanan yg unik
Inovasi tak hanya mampu dilakukan dalam produk. Anda pula bisa berinovasi pada melakukan pendekatan & memberi layanan pada konsumen. Coba lakukan pendekatan secara personal. Kirimi konsumen Anda kartu ucapan setiap hari raya. Atau Anda bisa melakukan layanan yg lain daripada yg lain. Misalnya saja, Anda membuka bisnis layanan makanan antar. Buat program ?Mengantar dalam 10 mnt?. Apabila kuliner nir sampai ke rumah konsumen dalam 10 menit, mereka tidak perlu membayar. Dengan demikian akan terdapat lebih poly orang yang tertarik memakai layanan Anda.
12. Jangan terpengaruh liputan burung
Dunia bisnis tidak lepas berdasarkan kabar burung. Kabar tersebut mampu baik juga buruk, sanggup sahih juga keliru. Maka tidak perlu terlalu mempercayainya. Hindari mengembangkan isu. Bisa-mampu Anda dituduh tidak profesional. Bagaimana jika Anda yang sebagai topik gosip? Jika berita itu tidak baik, abaikan saja. Tak perlu repot-repot membela diri. Tingkatkan kualitas produk & layanan Anda. Dengan sendirinya orang-orang akan tahu bahwa berita itu nir sahih.
13. Buat event buat mempromosikan produk
Promosi produk tak terbatas pada iklan di media massa. Anda jua bisa menyelenggarakan event. Buat hiburan yang menyenangkan agar orang-orang tertarik tiba. Selain itu, Anda juga bisa membagi-bagi produk secara gratis. Undang banyak sekali media buat meliput event tersebut. Dengan demikian, Anda melakukan 2 jenis promosi sekaligus.
Tidak ada komentar :
Posting Komentar
Leave A Comment...