Wajib Tahu 4 Hal yang Harus Diperhatikan Pebisnis dalam Menggunakan Website
Seiring dengan berkembangnya zaman, semakin banyak pebisnis yang menentukan website menjadi media buat menjalankan bisnis. Bagi pebisnis yang ingin menghemat dana bisnis memilih memakai website karena nir perlu menyewa loka usaha. Akan namun, tidak sedikit juga yg telah memiliki tempat usaha & masih menggunakan website buat membuatkan usaha. Penggunaan website buat bisnis memanglah nir sulit & dapat mendatangkan poly manfaat. Tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan bagi para pelaku usaha yang memanfaatkan website untuk bisnis.
1. Huruf (font) yang menarik dan jelas
Bagi para pengguna website buat bisnis, hal yg perlu diperhatikan adalah pemilihan alfabet . Gunakanlah alfabet yg menarik lantaran bisa bermanfaat buat menjaga suasana hati para pengunjung website agar nir merasa bosan saat membaca. Terutama apabila target konsumen merupakan kaum remaja, jenis huruf misalnya Comic Sans Ms, Calibri, atau Courier New menjadi pilihan. Hindari menggunakan alfabet formal dan membosankan seperti times new roman karena gampang memberi dampak bosan & cepat mengantuk waktu sedang membaca.
Penggunaan alfabet yang menarik juga nir boleh mengesampingkan fungsi primer tulisan yaitu untuk mudah dibaca. Agar goresan pena mudah dibaca pilihlah jenis alfabet yg jelas. Meskipun jenis huruf misalnya Chiller atau Algerian merupakan jenis alfabet yg menarik, tetapi bagi sebagian orang goresan pena dengan jenis alfabet seperti ini sulit buat dibaca.Pemilihan huruf yang menarik & jelas sangat penting lantaran huruf adalah hal pertama di website yang diperhatikan sang pengunjung website. Untuk itu, jika goresan pena membosankan & sulit dibaca maka pengunjung website akan malas buat membuka & membaca postingan pada website Anda.
Dua. Praktis diakses oleh pelanggan
Selain pemilihan alfabet yang menarik & jelas, hal lain yg perlu diperhatikan pada memakai website buat tujuan bisnis adalah kemudahan website tadi buat diakses. Pengunjung website akan merasa malas membuka alamat website Anda bila website susah buat diakses.Kesulitan mengakses website bisa ditimbulkan oleh beberapa hal.
Pertama, alamat website yg sulit buat dihafal. Gunakanlah alamat website yang gampang diahafal misalnya nama brand atau nama perusahaan Anda. Hindari menggunakan angka atau simbol-simbol supaya alamat mudah buat dihafal. Pastikan juga bahwa alamat website Anda nir seperti dengan alamat website lain. Lantaran bukan nir mungkin calon konsumen Anda salah menghafal & lari ke website lain.
Kedua, sebisa mungkin gunakan kapasitas website yg tidak terlalu besar sebagai akibatnya pengunjung tidak wajib terlalu usang menunggu proses pemuatan website (loading). Hal ini mungkin tidak akan berpengaruh bagi masyarakat perkotaan yang memilik akses internet yg cepat, tetapi nir seluruh wilayah pada Indonesia dapat mengakses internet dengan kecepatan seperti di kota-kota besar . Jika ingin mencapai konsumen dari banyak sekali wilayah usahakan perhatikan hal ini.
Ketiga, jangan pasang terlalu poly iklan. Memasang terlalu poly iklan pada website Anda membuat website susah diakses karena acapkali terjadi keliru tekan sehingga pindah ke jendela baru. Kejadian misalnya ini acapkali terjadi & mengakibatkan konsumen merasa sebal dan malas buat mengunjungi website. Terlebih saat masih ada iklan-iklan yg kurang sinkron buat dipasang misalnya yg berbau pornografi.
Keempat, pastikan website nir sering mengalami gangguan. Konflik dalam website sehingga website nir sanggup dibuka sangat berpengaruh buat menjaga agar para konsumen nir pulang. Biasanya gangguan terjadi dalam alamat website gratis. Untuk meminimalisasi gangguan yang mungkin terjadi, gunakanlah website berbayar.
3. Identitas atau logo yang menarik dalam website
Hal selanjutnya yg harus diperhatikan yaitu penggunaan identitas yang sebagai ciri khas website. Buatlah logo tertentu pada website sebagai bukti diri yg membedakan website Anda menggunakan website orang lain. Website yg memiliki logo eksklusif akan lebih gampang dihafal sang pengunjung website.
Buatlah logo berupa gambar menggunakan rona yg menarik. Sesuaikan bentuk & warna dengan usaha Anda. Letakan logo dalam setaip laman website buat memastikan setiap pengunjung melihat & menghafal logo tadi. Lantaran logo merupakan bukti diri yg membedakan dengan website lain maka jangan buat logo yang menyerupai logo yg pernah dibentuk atau digunakan sang orang lain. Hindari logo yang mengandung sara, misalnya lambang palu & clurit atau lambang-lambang keagamaan.
4. Respon yang cepat
Setiap website menyediakan kolom tanya jawab/komentar buat merespon sebagai bentuk komunikasi 2 arah antara pengunjung website dengan pengelola website itu sendiri. Pengunjung yg sudah meninggalkan komentar terkadang memerlukan balasan untuk komentar-komentar yg telah mereka tulis. Saling berbalas komentar adalah hal yang krusial dilakukan agar website ramai dikunjungi. Begitu pula yg terjadi pada website bisnis. Terkadang masih ada beberapa hal yang kurang jelas yg ingin ditanyakan sang pengunjung website, lalu mereka meninggalkan komentar. Pertanyaan-pertanyaan berdasarkan pengunjung tersebut sebaiknya ditanggapi dengan cepat sebagai bentuk pelayanan yg baik untuk konsumen.
Menjaga citra yg baik dalam konsumen merupakan hal krusial dalam usaha. Pastikan buat tidak membuat konsumen murka atau kecewa akan pelayanan yang diberikan. Berikan respon yg cepat dan pakai kalimat yang ramah & sopan sebagai akibatnya konsumen tidak merasa tersinggung. Ketika pelanggan merasa puas tidak jarang mereka meninggalkan komentar berupa pujian atau ucapan terima kasih yang mana akan berdampak rupawan untuk para pelanggan lain sehingga semakin percaya.
Respon yang cepat jua harus diberikan buat para konsumen yg ingin membeli produk barang atau jasa yang Anda tawarkan. Disarankan buat memberi jaminan maksimal waktu buat merespon. Misalnya agunan bahwa komentar-komentar akan dibalas pada ketika kurang dari 24 jam. Pemberian agunan misalnya ini memang berguna buat meninggkatkan pelayanan terhadap pelanggan tetapi jua wajib disertai dengan komitmen buat menjaga agama pelanggan
Dalam menjalankan bisnis melalui website, tidak hanya komentar baik yang ditinggalkan pelanggan. Beberepa pelanggan mungkin meninggalkan komentar-komentar yg kurang baik atau keluhan terhadap pelayanan atau hal-hal lain. Untuk mengatasi hal ini, usahakan tetap berikan respon yg sopan saat menjawab komentar tersebut. Demikian 4 hal yang harus diperhatikan dalam memakai web menjadi media berbisnis. Selamat berkarya.
Tidak ada komentar :
Posting Komentar
Leave A Comment...