Wajib Tahu 8 Kendala Usaha Servis / Bengkel yang Baru dan Cara Menanggulanginya
Mayoritas kemacetan pada jalanan Indonesia, terutama di kota besar , ditimbulkan oleh tunggangan. Dimana-mana, jalanan pada padati oleh kendaraan, baik itu mobil maupun motor. Meskipun jalanan telah sangat macet dan padat, permintaan kendaraan justru semakin semakin tinggi. Salah satu yg menyebabkan permintaan terus naik merupakan semakin terjangkau harga kendaraan yg ditawarkan. Berbagai metode pun tersedia, mulai menurut tidak perlu uang muka hingga bunga cicilan nol persen.
Seluruh tunggangan yang berada di jalan tersebut tentu memerlukan perawatan rutin. Meskipun telah melakukan perawatan rutin, terkadang sanggup terjadi diluar prediksi. Contohnya saja, tunggangan bisa rewel di tengah jalan lantaran ada spare-part rusak, atau ban yang mendadak gembos. Untuk mengatasi hal ini, berbagai bisnis servis atau bengkel bermunculan. Sekarang ini, banyak terdapat servis atau bengkel resmi maupun umum yg tersebar pada penjuru kota.
Meski jumlah usah servis atau bengkel telah relatif banyak, tidak sporadis ada kompetitor baru yg masuk. Rata-homogen mereka bukan bengkel resmi, namun hanya bengkel lokal yg mengerti teknik reparasi kendaraan. Sayangnya, terkadang usaha servis atau bengkel yg baru masih belum tahu pasar & terkadang terlindas sang persaingan yang telah terdapat. Berikut kendala yang umumnya dihadapi oleh pengusaha rental baru serta cara buat menanggulanginya.
Nama tidak dikenal
Anda merupakan seseorang pengusaha baru, tentu saja nama bisnis jua masih baru dan belum dikenal. Banyak usaha servis lain yg sudah mempunyai nama. Pelanggan cenderung memilih tempat servis yg sudah mereka kenal namanya. Meskipun berkualitas sama, jika nama lebih dikenal dan sudah umum, maka hati jua lebih tenang ketika menggunakan jasa servis pada tempat tadi.
Agar bisnis bisa dikenal oleh banyak orang, Anda sanggup melakukan promosi secara terpola. Promosi tersebut bisa melalui surat kabar, radio, brosur, maupun media sosial. Budget buat melakukan kenaikan pangkat juga perlu diperhitungkan. Jangan hingga Anda menghabiskan uang hanya buat melakukan kenaikan pangkat . Pilihlah kenaikan pangkat yg akan efektif buat usaha servis Anda.
Banyak pelanggan yang mempunyai bengkel favorit
Selain masalah nama yang baru, terkadang pelanggan telah memiliki bengkel favorit atau bengkel langganan. Jika pelanggan telah mempunyai satu bengkel langganan, mereka jarang mau berpindah ketempat lain. Pasalnya, bengkel langganan pasti sudah tahu dengan keadaan tunggangan dan sejarah dari servis tunggangan yang telah Anda lakukan. Meskipun pelanggan telah memiliki bengkel favorit, Anda jua masih mempunyai kesempatan buat menonjol dibandingkan menggunakan kompetitor Anda.
Bagi Anda yg masih baru pada servis tunggangan, wajib sanggup membangun image yg berbeda. Tidak hanya image saja yang tidak sinkron, tetapi pula wajib mampu menaruh kualitas lebih bagi pelanggan. Contohnya saja, Anda memberi agunan kendaraan beroda empat pasti benar selesainya servis. Jika satu hari selesainya servis mobil masih bermasalah, pelanggan mampu mengembalikan mobilnya balik buat diservis secara perdeo dan mendapatkan bonus buat servis berikutnya.
Dibandingkan dengan bengkel lain
Kendala ini tidak hanya dirasakan oleh pemilik bengkel baru, tetapi juga pemilik bengkel yang sudah lama . Biasanya, yg suka membanding-bandingkan bengkel satu menggunakan yang lainnya adalah pelanggan-pelanggan yg senang ganti-ganti tempat servis bengkel. Setelah servis & memakai kendaraan beroda empat mereka, mereka akan membandingkan hasil servis antara satu menggunakan lainnya.
Sebagai pemilik bisnis servis, Anda memang nir bisa menghindari hal ini. Namun, supaya memiliki komentar yang lebih mengagumkan waktu dibandingkan, pastikan Anda selalu menaruh kualitas yang terbaik.
Servis tidak majemuk
Sebagai pendatang baru pada usaha servis kendaraan, servis yang Anda tawarkan niscaya tidak sebesar usaha servis yg sudah usang berdiri. Untuk sanggup memperlihatkan servis yg beragam, tentu wajib menstabilkan servis Anda yang lain. Lebih baik fokus buat menaruh yang terbaik di servis yang telah terdapat daripada memperlihatkan poly servis tetapi hasilnya tidak aporisma. Untuk mengatasi hal ini, Anda usahakan segera membuatkan bisnis secara terus menerus supaya mampu memberikan aneka pilihan servis bagi pelanggan.
Servis diragukan
Segala sesuatu yg baru biasanya akan dipertanyakan oleh pelanggan. Meski servis Anda berkualitas, tetapi pelanggan akan meragukannya karena masih baru & belum poly komentar mengenai servis yang Anda berikan. Keraguan dari pelanggan jangan hingga menciptakan pesimis. Justru, harus menandakan kepada pelanggan bahwa servis Anda pula tidak kalah dengan bengkel yang sudah usang terdapat.
Anda dapat memberikan kenaikan pangkat harga pada awal pembukaan. Meskipun untung yang diterima berkurang, setidaknya bisa menarik perhatian pelanggan. Pelanggan mungkin ragu, tetapi mereka akan berminat mencoba karena harga promosi yang relatif murah. Perlu diingat, meskipun harga promo, jangan ikut mengurangi kualitas dari servis yang Anda berikan. Dengan memberikan harga promosi, dapat menghilangkan keraguan pelanggan dan bisa lebih mudah memperoleh pelanggan kedepannya.
Pekerja masih baru
Para pekerja pada usaha servis Anda tentu merupakan orang-orang baru. Pengalaman mereka tentu masih minim dan perlu dibimbing lebih supaya mereka sebagai lebih profesional. Pekerja baru umumnya belum terbiasa pada menghadapi pelanggan. Mereka mampu saja cuek dan tidak ramah pada berkomunikasi dengan pelanggan. Pekerja baru biasanya tidak mengerti apa yg dicari pelanggan serta bagaimana cara mengkomunikasikan konflik yang ada pada pelanggan.
Untuk menanggulanginya, Anda mampu memberi pembinaan singkat selama 3 hari. Dalam pembinaan ini sanggup mengajarkan tentang bagaimana cara menangani pelanggan menggunakan baik. Anda juga bisa mempekerjakan minimal satu orang montir yg senior buat melakukan pengawasan pada pekerjaan yang sudah dilakukan oleh para pekerja baru. Perlahan, kemampuan pekerja Anda akan berkembang seiring berjalannya waktu dan pengalaman yang mereka dapatkan.
Sistem atau aturan kerja belum jelas
Ini merupakan permasalahan yg sering dihadapi oleh bisnis baru. Meskipun perencanaan telah dirancang dengan sedemikian rupa, tetapi pada aplikasinya tentu masih resah & belum tertata menggunakan rapi. Hal ini tentu akan mempengaruhi performa anda dalam menaruh servis serta pembukuan anda kedepannya. Pekerja anda pun juga mampu resah apabila sistem perusahaan belum kentara.
Anda sanggup mengatasi hal ini menggunakan terus menerus memperbaiki sistem. Catatlah perkembangan serta hal-hal yg masih kurang dari sistem Anda. Pekerjakan juga seorang ahli buat membangun sistem yang Anda inginkan. Pelajarilah dan terapkan sistem tadi secara disiplin. Kedepannya akan lebih gampang pada mengontrol usaha.
Pelanggan minta harga murah
Pelanggan terkadang akan meminta diskon harga lebih murah hanya karena usaha servis Anda baru. Untuk minggu pertama, boleh menawarkan promo diskon supaya harga murah. Selanjutnya, Anda bisa berkata bahwa promosi sudah selesai dan harga kembali normal. Pelanggan juga mendapatkan sesuai dengan harga yang mereka bayar, bahkan lebih jika kualitas benar-benar bagus.
Tidak ada komentar :
Posting Komentar
Leave A Comment...