Wajib Tahu 8 Strategi untuk Diversifikasi dalam Bisnis
Saya kira Anda pernah mendengar pepatah usang, "Jangan memberikan seluruh telur Anda pada satu keranjang." Bagi poly usaha mini , itu saran yg harus diperhatikan, terutama di era digital ini saat siklus hidup produk dan kepekaan pelanggan berubah lebih cepat. Cara buat menghindari hal itu simaklah ini dia.
Diversifikasi merupakan penganekaragaman atau penganekaan bisnis buat menghindari ketergantungan dalam ketunggalan kegiatan, produk, jasa, atau investasi. Diversifikasi bukan sesuatu yg gampang dilakukan. Memang mudah menunjukkan strategi ini pada orang lain, tapi nir akan semudah memberikan kepada orang lain bila kita akan mengimplementasikannya dalam usaha kita. Anda perlu untuk berfikir keras dan memikirkan hal-hal yg paling kreatif buat usaha mini . Berikut ini ada beberapa taktik buat diversifikasi pada bisnis.
1. Jual online
apabila Anda nir menunjukkan produk melalui Internet, maka nir akan bisa merambah pasar yang lebih akbar. Karena melalui internet, bisa menjual produk keberbagai kota bahkan keberbagai negara dengan lebih gampang. Untuk memasarkan produk secara online maka perlu menambahkan elemen e-commerce ke website Anda. Jika sudah menjual secara online, maka Anda wajib melakukan kenaikan pangkat secara intensif dan terus menjual secara online.
Lihatlah aneka macam "pasardanquot; acara e-tailers akbar misalnya Amazon. Perlu mempertimbangkan buat membuka sebuah toko eBay, terutama apabila mempunyai terlalu banyak menimbun barang di gudang. Daripada hanya menandai mereka & meremehkan produk baru yg bermunculan, usahakan Anda menjualnya pada eBay. Dengan begitu stok barang tidak akan meluap dan bisa update produk-produk baru.
2. Cari produk-produk terkait
Apakah terdapat produk yg mempunyai kesamaan baik berdasarkan segi fasilitas yg diberikan, bentuk, dan hal lain yg hampir sama dengan apa yang jual atau apakah pelanggan atau klien Anda membeli dari vendor yang tidak sinkron? Mungkin terdapat bahan pembinaan yang jua bisa ditawarkan. Sebuah perusahaan peralatan medis, misalnya, menemukan ceruk baru pada memberikan training yg berkelanjutan dan dukungan buat peralatannya.
Versi yg paling militan menurut strategi ini adalah buat membeli sebuah perusahaan yg menciptakan produk-produk yg berhubungan dengan Anda. Jika Anda bisa melakukan itu, hal ini sanggup sebagai langkah yg sangat cerdas. Diversifikasi lineup Anda dan menghapus pesaing potensial yg mungkin akan menghancurkan usaha. Kita sanggup melihat fenomena, bahwa akhir-akhir ini terjadi pada perusahaan seperti Facebook & Amazon.
3. Tawarkan solusi terintegrasi
Strategi ini merupakan tindak lanjut berdasarkan strategi sebelumnya dan pertanyaan dasar yg perlu ditanyakan pada diri & tim Anda adalah ?Bisakah melakukan sesuatu yang lebih? Hal ini sanggup pada bentuk pelatihan, layanan cuaca, pelaksanaan, alat-alat tambahan, monitoring, servising. Segala kemungkinan itu tidak terbatas.
4. Beradaptasi
Rekayasa atau produk atau jasa sehingga menarik bagi kelompok baru konsumen atau pengguna. Jika Anda memiliki "high end" produk atau layanan, maka harus pertimbangkan versi yang lebih murah. Anda perlu berhati-hati bahwa tidak mematikan diri sendiri dengan memberikan harga yang sangat murah tanpa memperhitungkan laba dan rugi yang akan didapat. Dalam beberapa kasus versi "profesional" dan "hobi", produk yang sama bekerja dengan baik.
5. Cari tahu apa yang berikutnya bisa dilakukan
Apakah perubahan teknologi mulai mengikis dasar Anda? Jangan menjadi yang terakhir pada industri buat merasakan dimana hal tadi sanggup terjadi. Mengabdikan bagian dari bisnis buat memenuhi kebutuhan "pengadopsi awal" dan kemudian akan siap apabila perubahan besar terjadi.
6. Buka lokasi lain
Jika melakukan pemasaran produk hanya secara online, maka perlu dipertimbangkan untuk membuka lokasi nyata atau lokasi fisik seperti toko, dan lain-lain. Jika telah memiliki sebuah lokasi fisik, maka perlu dipertimbangkan juga untuk membuka lokasi lain untuk memperluas pemasaran produk yang dijual.
7. Ikuti pertumbuhan
Jika berada di daerah dengan demografi menyedihkan atau tarif pajak yang menghukum, lihat apakah Anda harus memperluas ke daerah yang pertumbuhan pajaknya lebih rendah. Anda perlu melakukan hal ini agar bisnis tidak hanya berjalan di tempat. Anda perlu melakukan perluasan yang bisa mengembangkan bisnis secara pesat.
Lihatlah Selatan, Texas, dan North Dakota. Apakah galat satu menurut wilayah-daerah tadi menjadi calon yg baik buat kantor cabang? Pemilik bisnis yang cerdas, misalnya investor cerdas, menempatkan nilai tinggi dalam diversifikasi. Luangkan waktu buat membuat planning permainan yg baik buat perusahaan.
8. Pergi ke luar negeri
Jika usaha Anda telah berjalan & berkembang di negeri sendiri, maka perlu memikirkan buat membuka cabang pada luar negeri. Tidak setiap bisnis kecil mempunyai sarana untuk melancarkan operasi di luar negeri. Saat ini pengusaha besar mengincar Afrika untuk mengetahui cara mereka menatap Asia 10 tahun lalu. Jaringan pada komunitas, dan melihat apakah ada usaha yg mengeksplorasi bisnis pada luar negeri. Anda mungkin menemukan sebuah proyek di mana perusahaan cocok untuk ikut mempunyai andil pada dalamnya.
Jangan hingga kepekaan konsumen lebih tajam berdasarkan pebisnis seperti Anda. Itu tadi enam hal kreatif buat mempertinggi & menyebarkan bisnis kecil Anda. Semoga usaha Anda terus berkembang & lancar. Selamat mencoba.
Tidak ada komentar :
Posting Komentar
Leave A Comment...