Wajib Tahu Cara Mudah Memelihara Jaringan Anda, Wajib dilakukan oleh Semua Pengusaha

Jaringan adalah relasi & aset kita yg paling berharga. Kita wajib benar-sahih menjaganya. Relasi di sini bisa diartikan sangat luas, mulai dari karyawan, investor, partner, konsumen, supplier, distributor bahkan famili kita. Tiap orang membutuhkan perlakuan khusus berdasarkan kita. Kita tidak sanggup menyamaratakan semua orang. Cara kita berhubungan dengan karyawan tentu berbeda menggunakan cara Anda berkomunikasi dengan famili.

Contoh jika Anda punya konveksi sleeping bag, mesin jahit rusak tinggal diperbaiki atau diganti yang baru. Tapi tidak semudah itu untuk penjahitnya. Jika dia keluar Anda harus mencari lagi yang baru, mentrainingnya, memberikan arahan, mengajarkan budaya perusahaan, menumbuhkan kepercayaan dan seterusnya. Itu bukan hal mudah. Begitu juga dengan supplier, distributor dan customer Anda.

Apabila Anda kehilangan mereka, Anda wajib berjuang dari nol lagi buat menerima yang baru. Sekali lagi percayalah, itu bukan hal yg mudah. Saat ini di jaman yang serba instan & cepat ini orang ingin lebih dimanusiakan. Mereka tidak senang dengan aturan yg berbelit-belit dan kaku.

Hargai orang lain

Mereka ingin disapa menggunakan ramah, sopan santun & friendly. Mereka ingin dipercaya menjadi orang yang berharga bagi Anda, sekecil apapun kiprahnya.

Anda sendiri tentu ingin dihargai orang kan? Mulai berdasarkan menghargai orang lain. Penghargaan paling mudah merupakan menggunakan mengucapkan tiga istilah ajaib di bawah ini

SORRY - Mohon Maaf

THANK YOU - Terima Kasih

PLEASE - Silahkan

Gunakan ketiga istilah di atas pada setiap kesempatan berkomunikasi dengan orang lain. Mereka akan merasa dihargai. Perintah keras & kasar hanya akan berdampak jelek bagi Anda sendiri. Apabila Anda santun & menghargai semua orang, maka Anda juga akan dihargai.

Jangan Pernah Berdebat

Berdebat tidak akan menyelesaikan kasus. Banyak orang bahagia berdebat hanya karena mengejar kepuasan langsung. Mereka merasa puas apabila mereka berhasil memenangkan argument. Sebenarnya, contohnya Anda berdebat menggunakan pelanggan. Kalaupun Anda menang berdebat, sebenarnya Anda kalah lantaran telah kehilangan pelanggan.

Tidak ada orang yang senang berdebat. Apalagi mengenai hal-hal yg prinsipal. Apa yang mampu Anda lakukan? Berdiskusi, diskusi adalah level terbaik dalam menyelesaikan perkara. Kita harus berusaha memahami pendapat dia dari sudut pandangnya.

Tiap orang memiliki pemahaman & sudut pandangnya masing-masing. Tugas kita adalah mencoba tahu pendapatnya sebaik mungkin. Saling mengerti merupakan kunci dalam menyelesaikan kasus. Orang tersebut akan merasa bahagia karena kita menghargai pendapatnya. Bahkan, jikapun Anda kalah dalam diskusi tersebut, Anda sudah memenangkan hatinya.

Buat Group

Buat group di facebook atau blackberry. Pisahkan dari katagori.

Misal katagori Distributor, Agen Resmi, Reseller, Dropshiper, dan seterusnya.

Dengan menciptakan grup akan memudahkan Anda buat berkomunikasi atau berbagi keterangan.

Apabila Anda ingin update liputan tentang sesuatu hal Anda tinggal mensharenya pada gerombolan Anda tadi. Grup tersebut juga sanggup sebagai sarana saling membuatkan kabar, saran, tips, pengalaman, penilaian & sebagainya antar sesama anggota kelompok.

Melalui kelompok ini pula, interaksi yg lebih erat antar reseller dan distributor Anda sanggup saling terbangun. Tapi jangan lupa, Anda telah wajib punya sistem yang jelas anggaran main para distributor dan reseller. Jadi mereka akan saling support buat berbagi produk Anda. Bukan saling bersaing.

Buat Mereka Merasa Spesial

Buat tiap orang yg berhubungan dengan Anda merasa spesial . Berikan bantuan gratis-hibah kecil. Apresiasi pembelian dari mereka setulus mungkin. Tanyakan informasi mereka, keadaan Anak mereka & sebagainya. Ucapkan selamat ulang tahun, selamat tahun baru, selamat idul fitri, selamat natal, dst. Buat interaksi Anda sebagai sepersonal mungkin menggunakan mereka. Buat mereka merasa nyaman menggunakan perusahaan Anda.

Apabila ini Anda lakukan secara rutin. Anda akan segera merasakan dahsyatnya investasi Anda yg satu ini.

Jadikan Mereka Sebagai Teman

Semua orang mendengarkan apa yg dikatakan oleh temannya. Hubungan pertemanan ini sungguh menyenangkan. Anda sanggup berbicara secara terbuka dengan sahabat-teman Anda. Jadikan jaringan Anda menjadi sahabat yang akrab. Mereka niscaya akan sangat menyukai Anda. Tentu buat sebagai teman akrab terdapat step step yang perlu dilewati. Kita nir sanggup pribadi akrab dengan seluruh orang. Pelajari karakter orang tersebut terlebih dahulu. Kemudian bergaulah sinkron dengan karakter tadi. Mereka akan merasa nyaman Anda dekati.

Hubungan Jangka Panjang

Ini perlu Anda tanamkan di otak. Bahwa setiap interaksi yang terjadi mampu berlanjut hingga jangka panjang. Jangan pikir pelanggan yg membeli sekali menurut Anda tidak akan pernah pulang lagi. Semuanya tergantung bagaimana cara kita memperlakukan mereka.

Kita harus sanggup membuatnya terkesan & puas dengan pelayanan kita. Jika mereka puas, bukan tidak mungkin mereka akan balik lagi, bahkan bercerita tentang usaha Anda ke teman-temannya.

Tapi pada lain sisi, bila Anda mengecewakan pelanggan. Mereka tidak akan pernah kembali lagi. Mereka pula akan menceritakan pengalaman buruk tersebut ke banyak orang. Dan itu sangat buruk bagi reputasi usaha Anda.

Oleh karena itu, jagalah interaksi baik Anda menggunakan seluruh orang. Pertahankan pelayanan Anda ke siapapun yg Anda temui. Buat ini menjadi sebuah karakter yang wajib dilakukan.

Selain itu, nilai-nilai pelayanan yang baik itu wajib Anda ajarkan ke seluruh orang pada perusahaan Anda. Tidak terdapat gunanya jika Anda berjuang keras memberikan pelayanan maksimal , akan tetapi tim Anda menghancurkannya. Semua orang pada pada perusahaan wajib mempunyai mental yg sama pada memperlakukan pelanggan.

Cara paling gampang merupakan membuahkan nilai-nilai tadi sebagai peraturan. Peraturan tersebut wajib diikuti. Dan peraturan terpenting dan paling mendasar adalah tentang karakter. Apabila karakternya telah sahih maka kemampuannya akan semakin tinggi pula.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Leave A Comment...