Wajib Tahu Tips Ampuh Pemasaran dengan Viral Marketing

Viral Marketing merupakan sebuah metode pemasaran pada mana orang-orang menggunakan bahagia hati akan membicarakan atau menyebarkan keterangan tentang hal-hal yang Anda lakukan. Metode ini terbukti begitu dahsyatnya sehingga kita hanya perlu melakukan satu hal saja, dan hal tersebut akan menyebar dalam waktu yang sangat cepat ke poly orang.

Sebelum masuk ke viral marketing lebih mendalam. Saya ingin sedikit menjelaskan mengenai konsep low effort high impact. Artinya usahanya sedikit, hasilnya banyak. Jika kita bisa mengaplikasikan ilmu ini dalam bidang-bidang yang kita kerjakan, maka kita akan benar-benar menikmatinya.

Salah satu cara menjalankan metode ini merupakan bekerja cerdas. Contoh, dibandingkan Anda memasarkan produk Anda sendirian, akan lebih indah Anda membangun jaringan distributor. Apabila Anda telah mempunyai 1000 distributor, maka Anda misalnya memiliki 1000 karyawan pemasaran. Dahsyat kan hasilnya.

Hal-hal misalnya itulah yang sebaiknya Anda lakukan pada memasarkan produk Anda yaitu menciptakan saluran pipa. Ketika saluran tadi sudah terbentuk, Anda tinggal merawatnya sedikit dan menikmati hasilnya.

Viral Marketing

Masih berhubungan dengan konsep low effort-high impact, salah satu cara termudah dalam memasarkan produk atau jasa kita adalah dengan konsep viral marketing.

Kita hanya melakukan satu hal kecil. Kemudian seluruh orang akan terus membicarakannya. Impact yg dihasilkan sangatlah dahsyat. Itu kenapa banyak orang populer dalam ketika satu malam lantaran video mereka menjadi viral pada global maya.

Sebagai model, terdapat briptu norman yang populer karena menirukan nyanyian India milik Shah Ruh Khan. Ada pula Shinta & Jojo yg begitu populer setelah merekam video dengan latar belakang lagu Keong Racun. Dan masih banyak model lainnya. Apa yg mereka lakukan sangat sederhana. Durasinya pun sangat singkat. Tapi respon yg mereka peroleh sangat dahsyat.

Mulai masuk ke koran, majalah, radio, diundang program televisi, hingga sebagai bintang iklan berbagai produk. Bayangkan itu yang dialami sang bisnis Anda. Hasilnya pasti sangat dahsyat.

Cara termudah buat membuat materi viral marketing sederhana adalah menggunakan menggunakan formula ELEMENT OF SURPRISE (Elemen Kejutan).

Siapa yang tidak suka kejutan. Berikanlah sesuatu yg nir terduga kepada pelanggan Anda. Jika mereka merasa sangat bahagia. Pasti mereka akan bercerita ke sekelilingnya.

Cobalah amati peristiwa sehari-hari pada kurang lebih Anda. Kenalan Anda bercerita tentang suatu produk atau jasa dengan sangat semangat & ceria. Anda ikut menikmati cerita tersebut, itu sanggup dibilang keliru satu viral marketing. Viral marketing membuat orang-orang menggunakan antusias tanpa perlu dibayar menceritakan suatu insiden, produk, jasa, pengalaman mereka pada poly orang. Orang yg mendengar cerita tersebut pula merasa ceritanya sangat unik sebagai akibatnya beliau pula menceritakan cerita yg sama tersebut pada poly orang lainnya. Begitu seterusnya.

Tanpa sadar, hal sederhana yg Anda lakukan tersebut bisa tersebar & diketahui poly orang. Kemaslah menggunakan indah, sehingga cerita itu kembali ke usaha Anda & Anda akan merasakan manfaatnya.

Seperti pada Jogjakarta, ada sebuah warung makan kalkun yg memiliki sistem pembayaran unik. Di dalam daftar hidangan tidak ada harganya. Warung ini mempunyai semboyan "Makan Sepuas Anda, Bayar Seikhlasnya". Sebuah tagline yang sangat luar biasa. Apakah warung makan itu merugi? Ternyata malah sebaliknya. Warung makan itu selalu mendapatkan omzet lebih tinggi dibandingkan jika mereka menaruh harga pada menunya. Ini termasuk viral marketing. Termasuk yang Saya lakukan sekarang ini. Saya bercerita kepada Anda tanpa dibayar.

Tung Desem Waringin juga pernah melakukan hal yang sama. Saat peluncuran bukunya Marketing Revolution. Ia menciptakan hujan uang menurut atas pesawat. Berapa jumlah uangnya? Sangat mini , dibandingkan publikasi gratis yg dia dapatkan dari banyaknya media lokal, nasional & internasional yg memberitakan aksinya tadi. Orang-orang pun pribadi mengakibatkan hujan uang itu menjadi bahan pembicaraan yg sangat seru. Hasilnya? Bukunya ludes terjual pada hari pertama & memecahkan rekor MURI penjualan eceran terbanyak & tercepat. Dahsyat.

Kebalikan menurut Sukses

Dari cerita-cerita pada atas kita jadi paham betapa dahsyatnya viral marketing. Tapi Anda wajib berhati-hati menggunakan konsep ini. Konsep ini pula mampu menjadi senjata makan tuan.

Jangan sampai terdapat yg membuat viral marketing tentang keburukan Anda. Biasanya, mereka merupakan orang-orang yg dikecewakan. Bisa pelanggan, karyawan bahkan investor Anda. Orang-orang ini mengalami sesuatu yg sangat mengganggu.

Seperti yang dialami gitaris Kanada, Dave Caroll, dia melakukan penerbangan menggunakan United Airlines. Sesampainya pada tujuan gitar yg dia bawa rusak parah. Ia telah mengajukan komplain. Sayangnya sesudah 9 bulan berjuang dia masih belum juga mendapatkan gantinya.

Akhirnya beliau menetapkan buat menciptakan lagu dengan judul ?United Breaks Guitar?. Lagu & video ini menceritakan tentang pengalamannya terbang menggunakan United Airlines. Kemudian gitarnya rusak dan hingga 9 bulan ia belum menerima gantinya.

Video yg pada unggah pada youtube ini sebagai salah satu video viral terbaik tahun 2009. Saat ini (Juni 2014) jumlah penontonnya telah mencapai 14 juta orang. Bahkan lantaran video ini, saham united airlines turun relatif tajam. Bayangkan, apabila hal ini menimpa usaha Anda.

Bagaimana Cara Membuat Viral Marketing

Cari ide viral marketing yg berhubungan dengan produk Anda. Semakin relevan wangsit itu semakin bagus. Misalkan Anda mempunyai salon. Carilah pandangan baru-wangsit yang herbi perawatan diri, kecantikan atau kesehatan.

Ini perlu dilakukan, lantaran orang yg melihat akan mengasosiasikan inspirasi itu dengan merk Anda. Anda nir mungkin mengadakan lomba makan tercepat & terbanyak apabila Anda berjualan produk-produk herbal. Pasarnya sangat nir cocok.

Untuk menerima pandangan baru-pandangan baru viral ini, Anda mampu melihat dan mencari surat keterangan dari viral-viral marketing yang telah terdapat. Modifikasi yang kira-kira Anda pikir cocok dengan bisnis Anda.

Uji wangsit tadi pada skala yang lebih mini , contohnya tanyakan ke karyawan, famili atau tetangga Anda. Lihat responnya. Apabila cantik lanjutkan pada skala yang lebih akbar.

Buat viral marketing, berikan merata dan rasakan output yg dahsyat.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Leave A Comment...