Wajib Tahu 5 Tips Untuk Menjadi Pemimpin Ideal Dalam Menjalankan Bisnis Online

Menjalankan bisnis online itu nir jauh berbeda dengan berbisnis atau berjualan secara offline. Yang membedakan adalah medianya saja & bagaimana kita mengelola bisnisnya.

Sederhananya, bisnis online adalah bisnis yang dijalankan secara online. Akhir-akhir ini, bisnis online menjadi sesuatu yg menggiurkan. Hanya duduk membisu dirumah, meluangkan saat tiga-4 jam di depan komputer, lalu mendapatkan uang menurut situ. Siapa yg nggak ingin?

Ditambah lagi, usaha online pada Indonesia memiliki prospek yg sangat mengagumkan. Apalagi kini poly orang yang malas keluar tempat tinggal dan cenderung menginginkan hal yg simpel. Simpel dan simpel merupakan salah satu alasan yang menciptakan orang berbondong-bondong buat berbisnis online.

Banyak orang yg ingin membangun kerajaan bisnisnya masing-masing di dunia online. Banyak yang sukses, akan tetapi lebih banyak yg tumbang ditengah jalan. Kegagalan tersebut acapkali ditimbulkan oleh bagaimana kita mengelola usaha online tadi. Bagaimana kita memimpin usaha tersebut.

Nah, berikut adalah bisnishack akan membahas bagaimana sebagai pemimpin yang ideal pada menjalankan usaha online :

a. Tantang diri Anda untuk menjadi lebih baik dari perusahaan online yang sudah ada

Tantang diri Anda buat berkompetisi menggunakan perusahaan online yg sudah ada. Dengan begitu, Anda akan semakin terpacu buat terus maju dan terus berkiprah. Namun, pada melakukan hal ini, carilah perusahaan online yg tingkatnya masih satu tingkat diatas Anda. Jangan yg telah sangat akbar, karena hal itu akan menciptakan Anda frustasi. Realistislah.

Seperti yang dilakukan oleh Dahlan Iskan dalam membangun kerajaan bisnis Jawa Pos. Dulu, pada tahun 1980an, Jawa pos adalah perusahaan kecil yang hampir bangkrut. Untuk menguasai pasar kota Surabaya saja masih belum bisa. Iklan masih sangat sedikit. Oplah hanya 6.800 eksemplar. Keuangan parah. Namun, Dahlan Iskan dengan beraninya memasang target yaitu, bisa mengalahkan Surabaya Post dan Kompas yang menguasai pasar Surabaya.  Jawa Pos waktu itu hampir mati dengan sirkulasi Cuma 6.800 eksemplar. Dalam kurun waktu lima tahun pertama (1982-1987), Dahlan Iskan menjadikan Jawa Pos menjadi juara dengan oplah 126.000 eksemplar, dengan omset 20 kali lipat lebih besar dari omset ditahun pertama (1982).

Apabila Anda berkiprah dalam bidang bisnis online produk fashion, carilah perusahaan fashion yang hampir sama menggunakan Anda, yg satu atau 2 tingkat diatas Anda, lalu canangkan sasaran buat mengalahkan mereka.

Dengan begitu, Anda akan terus terpacu buat berkiprah & terus maju menggunakan sendirinya.

b. Berikan lebih banyak dari yang diharapkan pelanggan

Under promise, over deliver. Itulah taktik yg sanggup Anda terapkan di bisnis online. Berikan lebih berdasarkan apa yang diperlukan oleh pelanggan Anda. Dengan begitu, mereka niscaya akan senang . Jika sudah begitu, secara nir langsung mereka akan mempromosikan usaha Anda ke orang lain.

Kenapa memuaskan pelanggan itu krusial? Karena keliru satu dilema besar di usaha online adalah faktor kepercayaan . Mendapatkan kepercayaan di usaha online tidaklah semudah menerima kepercayaan pada usaha offline. Ada banyak hal yang perlu dibangun supaya calon costumer Anda percaya. Supaya orang yang mengunjungi toko online Anda percaya bahwa Anda bukan penipu.

Terkadang costumer kita akan berpikir ?Kok saya sudah beli tapi nir terdapat warta lagi ya?, ?Kok barangnya nggak sampai-sampai ya?, sebagai akibatnya mereka berpikir bahwa kita penipu. Dalam benak konsumen, ketika dirinya melakukan pembelian & telah mentransfer sejumlah uang, beliau berpikiran bahwa Anda wajib memberi perhatian & melayaninya sepenuh hati. Maka berdasarkan itu, Anda wajib menyusun strategi untuk menaruh rasa nyaman pada konsumen. Atau jika bisa, memberikan surprise yg nir disangka oleh konsumen.

Misalnya saja, jika Anda menjanjikan barang akan sampai pada satu minggu, ternyata barang tersebut hingga di tempat tinggal konsumen dalamw aktu 3 hari saja. Atau, ketika Anda mengirimkan barang, konsumen diberi insentif berupa barang antic yang nir terlalu mahal.

Atau kalaupun nir pada bentuk barang, setidaknya Anda perhatian dengan pelanggan. Sekedar menanyakan kepada mereka apakah terdapat kesulitan atau masukan buat usaha Anda. Hargailah konsumen Anda lebih dari cara mereka menghargai Anda.

Dengan melakukan over deliver ini, pembeli akan merasa tidak mempunyai alasan lain buat nir loyal kepada Anda.

Nah, tugas Anda adalah menentukan & mengetahui hal apa yang menjadi ekspektasi konsumen terhadap produk Anda. Apakah itu dilema agama, problem waktu pengiriman, masalah surprise, & sebagainya. Setelah Anda ketahui ekspetasi mereka, lakukanlah lebih dari yg diperlukan oleh pelanggan Anda.

c. Promosi dan dukung usaha Anda sepenuhnya

Kita nir akan menghasilkan sesuatu dengan aporisma kalau kita tidak totalitas pada mengerjakan hal tersebut. Fokus adalah faktor krusial yg perlu dipertimbangkan buat meningkatkan kinerja & produktivitas Anda.

Jika saat ini bisnis online Anda sedang focus pada berpromosi, fokuslah disitu. Bertotalitaslah dan tolaklah hal hal yg tidak berhubungan dengan kenaikan pangkat Anda. Semakin Anda totalitas, semakin akbar kemungkinan buat berhasil.Kalaupun nir berhasil, setidaknya ada kepuasan batin yg akan Anda rasakan.

Meskipun Anda mempunyai tim khusus promosi, jangan pernah ragu dan gengsi buat turun & terjun langsung ke lapangan membantu tim Anda. Pengalaman lapangan dan bertemu konsumen akan membantu Anda buat menentukan strategi yg cocok buat berpromosi.

d. Buat prediksi bisnis Anda

Kenapa menciptakan prediksi buat bisnis Anda itu krusial? Karena dunia digital kini ini sangat cepat berubah. Yang tadinya bilang iya, jadi bilang nir. Yang tadinya bisa dicapai menggunakan cara ini, besok telah berganti cara lagi. Pokoknya, semakin banyak pemain baru yg masuk, kompetisi akan semakin ramai dan mau nir mau Anda harus selalu siap dengan hal itu.

Makanya, memprediksi arah usaha Anda satu hingga 2 tahun ke depan sangatlah penting. Hal ini akan membantu Anda dalam mementukan kebijakan strategi

e. Jangan lupakan aspek offline

Anda tentu sudah paham bahwa mempromosikan bisnis secara online merupakan cara yg paling efektif, murah, dan cepat. Akan namun, Anda harus sadar bahwa masih berbisnis secara online tidak berarti Anda meninggalkan kenaikan pangkat secara offline. Untuk menambah output yang aporisma, Anda perlu melakukan kenaikan pangkat secara onine pula.

Mengapa? Ada banyak hal kenapa Anda wajib tetap mempromosikan bisnis secara offline.

Pertama, nggak seluruh orang mempunyai waktu atau kesempatan buat mencari-cari alamat website. Selain itu, tidak semua pengguna Internet mengerti bagaimana cara menggunakan internet atau website toko online Anda. Ditambah lagi, persaingan untuk memperebutkan posisi nomer satu di hasil pencarian search engine semakin ketat.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Leave A Comment...