Wajib Tahu 6 Tips Untuk Menyeimbangkan Bisnis Dan Persahabatan
Menjalankan bisnis beserta dengan teman sendiri memang menjadi hal yang menyenangkan. Adanya kecenderungan persepsi dan keakraban dalam bergaul, sekiranya bisa menjadi kapital beserta untuk menciptakan sebuah usaha ataupun usaha. Begitu pula pada bekerja, adanya kekompakkan yang telah terdapat dalam persahabatan pula dapat menjadi kapital kerja buat menghasilkan sesuatu yg maksimal .
Tetapi terkadang, sekompak dan sesolid apapun pertemanan, tentu pernah mengalami kendala dalam hubungannya. Terlebih lagi jika sudah terjun beserta buat menuntaskan suatu pekerjaan ataupun menjalankan suatu bisnis beserta. Meskipun mempunyai kepentingan yg sama, ada kalanya Anda mempunyai disparitas pendapat yg menimbulkan perselisihan antara Anda dan rekan kerja. Hal ini merupakan hal yg wajar, tetapi apabila tak jarang terjadi, setidaknya Anda dan rekan kerja perlu introspeksi diri masing-masing buat menumbuhkan kualitas kerja & kualitas persahabatan yang lebih baik.
Apapun perkaranya, setidaknya kita harus membuahkan pekerjaan atau bisnis yang kita jalankan menggunakan kualitas hubungan Anda beserta sahabat sebagai seimbang pada setiap ketika. Bila cenderung berat sebelah, galat satunya niscaya akan terbengkalai & musnah. Padahal, jalannya usaha ataupun pekerjaan menggunakan kualitas interaksi Anda bersama rekan kerja Anda itu berjalan beriringan. Keduanya saling mendukung buat mencapai tujuan bersama, baik dalam prosesnya juga hasilnya.
Nah, dalam ulasan kali ini, bisnishack.Com akan mengungkapkan bagaimana cara supaya bisnis dan persahabatan Anda senantiasa berjalan dengan seimbang. Yuk, kita simak beserta-sama!
1. Tenggang rasa dan saling menghargai
Sikap tenggang rasa & saling menghargai, adalah kapital dasar bagaimana Anda bisa menyeimbangkan antara usaha dan persahabatan. Baik dalam hal mengerjakan pekerjaan ataupun sekedar bermain bersama buat mempererat persahabatan, perilaku tenggang rasa dan saling menghargai satu sama lain perlu Anda terapkan di dalamnya. Bersama menggunakan sahabat, Anda harus bisa berkomitmen buat saling sebagai teman yg baik satu sama lain. Membantu jika pada kesulitan, turut senang dalam setiap kebahagiaan serta mendukung pada segala syarat, adalah keliru satu cara buat mewujudkan persahabatan yg baik. Anda perlu menghargai pada setiap keputusan apapun yg sebagai keputusan sahabat Anda. Menghargai privasi dan tenggang rasa terhadap pilihan ataupun pendapat yg tidak sama, jua menjadi kunci jalannya persahabatan dan bisnis secara seimbang.
2. Hadapi perselisihan dengan sabar dan tenang
Kadangkala, terjadinya perselisihan ataupun pertarungan antara dua orang yg tidak sama dalam satu ruang lingkup kerja, menjadi hal yg lumrah. Adanya perbedaan pendapat, kesalahpahaman dan rasa tidak saling mengerti satu sama lain menjadi beberapa penyebab terjadinya perselisihan. Bila hal ini terjadi, usahakan Anda dapat menghadapinya dengan tabah & hening. Emosi memang lebih poly terjadi, tetapi sebaiknya Anda dapat mengontrol emosi pada rekan kerja. Jika Anda terus menuruti emosi saat perselisihan terjadi, risi yang terjadi adalah persahabatan Anda sahih-sahih akan musnah & interaksi kerja Anda menggunakan rekan kerja akan terputus selamanya.
Untuk menghadapi perselisihan yg terjadi pada pekerjaan, usahakan Anda menghadapinya menggunakan sabar. Mengalahlah jika itu memang dibutuhkan. Yakinlah bahwa apa yang Anda lakukan untuk membuat kondisi menjadi baik, akan dibalas oleh ilahi melalui hal-hal baik lainnya pada Anda. Pastikan bahwa Anda selalu damai, karena emosi hanya akan melenyapkan & menghancurkan diri Anda sendiri, bahkan karir Anda pada pekerjaan. Berusahalah buat meminta maaf sekalipun Anda tidak sepenuhnya bersalah, dan berusahalah untuk menciptakan hubungan pertemanan Anda menjadi baik seperti semula.
3. Berpikir positif pada sahabat Anda
Pepatah mengatakan, apa yg kita pikirkan, bergantung dalam apa yang akan terjadi. Pikiran yg positif, membuat sesuatu yg positif. Untuk itu, jagala pikiran Anda buat selalu berprasangka baik pada rekan kerja Anda. Rekan kerja adalah orang yang benar-benar mengetahui segala hal seluk beluk kerja Anda. Jika terjadi kesalahan yang sekiranya berimbas pada diri Anda, usahakan jangan lantas menuduh rekan kerja melakukan sesuatu yg tidak baik pada Anda. Junjunglah tinggi rasa percaya satu sama lain, saling mendukung dan nir saling menyakiti satu sama lain. Pastikan Anda tidak berprasangka tidak baik dalam rekan kerja Anda, agar rekan kerja Anda selalu merasa dihargai dan dipercaya oleh sahabatnya sendiri, yaitu Anda.
4. Respek dalam apa yang dilakukan sang sahabat Anda
Seperti halnya saling menghargai, Anda jua perlu mendukung hal-hal baik yg telah dilakukan oleh sahabat Anda, baik di pada pekerjaan ataupun pada luar pekerjaan. Buktikanlah bahwa Anda merupakan teman yg selalu mendukung pada setiap hal-hal baik yang rekan Anda kerjakan. Selalu berikan semangat dalam teman Anda. Hargai setiap apa yang sahabat Anda kerjakan, menggunakan menaruh kebanggaan, saran yang menciptakan dan motivasi yang bisa Anda berikan. Dengan demikian, teman Anda akan merasa didukung dan merasa bahwa Anda mempunyai kepedulian yang tinggi terhadapnya. Apabila hal itu terjadi, teman Anda pun akan melakukan hal yg sama terhadap Anda. Dengan begitu, persahabatan Anda pun akan seimbang & kualitas kerja ataupun bisnis Anda dan rekan kerja Anda pun semakin semakin tinggi.
5. Menjunjung tinggi kejujuran
Kejujuran adalah perilaku yg sangat penting dalam setiap hal yang terdapat di dunia ini. Tanpa adanya kejujuran, tentu nir akan ditemukan sebuah keharmonisan dalam sebuah interaksi. Begitu jua pada interaksi pertemanan Anda, terlebih lagi yg terkait pada global kerja dan usaha. Kejujuran dalam membentuk transparansi khususnya dalam pekerjaan dapat meningkatkan kualitas kerja Anda serta keberhasilan bisnis yg Anda jalankan. Bersikaplah jujur dalam segala hal, mulai menurut hal yg sepele misalnya hal-hal kecil pada hubungan pertemanan, hingga hal yg akbar misalnya keterbukaan masalah dana dalam hubungan usaha Anda.
6. Bersikap objektif
Bersikap objektif terhadap apa yang Anda lakukan pada bekerja, menjadi hal yang jua penting untuk diperhatikan. Jangan karena seseorang tersebut adalah rekan kerja Anda, namun semisal beliau melakukan suatu kesalahan yang merugikan bisnis Anda, Anda lalu menutupi & menyalahgunakan momen tersebut. Tetaplah anggap bahwa rekan kerja Anda memang bersalah, yg terpenting adalah perlakukan rekan kerja Anda dengan baik, seperti dengan menasihati dan mengarahkannya buat bisa memperbaiki kesalahannya. Jadikanlah diri Anda buat bisa bersikap objektif dalam memperlakukan rekan kerja Anda, demi menjaga keseimbangan antara lancarnya bisnis Anda menggunakan harmonisnya interaksi persahabatan Anda.
Tidak ada komentar :
Posting Komentar
Leave A Comment...