Wajib Tahu 11 Cara Untuk Mengatur Waktu Dengan Baik
Mungkin poly orang pada dunia ini yang terbengkalai menggunakan pekerjaanya karena kasus saat. Pastinya anda akan merasa saat yang diberikan begitu singkat & membutuhkan ketika yg lebih banyak buat mengerjakannya. Jika itu yang terdapat dipikiran anda, hal ini adalah anggapan yang salah .
Soal sempurna waktu merupakan persoalan bagaimana anda mendisplinkan diri sendiri. Orang-orang yang namanya akbar & berhasil itu sebagai sukses karena mereka mampu mendisiplinkan diri sendiri dengan sangat baik. Meskipun tersiksa tapi dalam akhirnya mereka sendiri yg menikmati kemenangan tadi. Berikut tips?Tips cepat buat mengatur waktu menggunakan baik.
A. Buatlah planning harian
Buatlah daftar kegiatan harian. Utamakan yang paling penting dalam daftar teratas dan hal yang mudah dalam urutan paling bawah. Dengan begitu ketika bangun tidur, sudah tahu apa yang akan dilakukan hari ini. Kerjakan sacara urut. Anda bisa membuat daftar tersebut pada layar ponsel, karena ponsel adalah benda yang sering dilihat.
Beri batas waktu dalam mengerjakan pekerjaan tersebut. Kerjakan satu pekerjaan hingga selesai setelah itu baru menyelesaikan pekerjaan selanjutnya. Jika pekerjaan sudah selesai, anda bisa istirahat. Gunakan waktu istirahat dengan baik. Taati peraturan yang telah dibuat.
B. Buatlah deadline jam berapa pekerjaan ini wajib selesai
Beri durasi dalam menegerjakan pekerjaan. Usahakan selesai tepat waktu. Sebaiknya tidak mencampuri pekerjaan tersebut dengan pekerjaan yang lainnya. Gunakan waktu secara efisien dan semaksimal mungkin. Bukan waktu yang mengejarmu tetapi andalah yang harus mengejar waktu. Anda harus bisa bermain dengan waktu karena waktu yang dimiliki sangat singkat.
C. Fungsikan kalender pada tempat kerja
Gunakan kalender menjadi alarm pengingat & jadwal kerja. Setiap melihat kalender anda terus teringat akan tugas-tugas yg harus dikerjakan. Berilah tanda pada kalender tersebut, tanggal berapa wajib selesai, & beri catatan pada tangal yg telah ditandai. Lakukan pada hal yang sama dalam kalender di ponsel anda.
D. Ketahui deadline
Ketahui kapan wajib menyelesaikan deadline pekerjaan. Apabila deadline menumpuk anda mampu mecicil pekerjaan pada jangka saat yg telah diberikan. Usahakan sempurna waktu agar di hari deadline nir keteteran menggunakan pekerjaan lainnya. Apabila dapat diselesaikan menggunakan sempurna saat anda nir perlu lembur dan begadang hingga malam sebagai akibatnya jatah istirahat bisa dinikmati & jaawal tidur nir berantakan.
E. Belajarlah berkata tidak
Belajar mengatakan tidak pada setiap pekerjaan nir penting yang menghadang. Tidak boleh telat merampungkan deadline. Anda nir boleh melanggar peraturan yang sudah dibuat, tidak boleh memolorkan waktu, nir boleh malas, dan tidak boleh mencampuri pekerjaan menggunakan pekerjaan lainnya. Anda tidak boleh lembur lantaran pekerjaan yg terbengkalai sehingga mengakibatkan saat tidur kurang berdasarkan 6 jam.
Anda nir boleh melanggar jadwal yang sudah dibentuk. Tanamkan dalam hati & pikiran apa yg harus dikerjakan. Lalu laksanakan apa yang telah sebagai komitmen tersebut. Belajar bertaggung jawab dalam pekerjaan yang telah dibuat.
F. Blok waktu, jangan hingga ada yg merebut ketika tersebut
Ketika jadwal dan saat telah ditentukan, usahakan waktu tersebut hanya untuk anda sendiri. Jika memiliki janji menggunakan seseorang lakukan janji tadi pada luar jadwal yg sudah dibentuk. Jangan pernah mengiyakan janji dalam teman padahal anda sendiri nir memahami sanggup menepatinya atau tidak.
G. Fokus
Fokus dalam pekerjaan dan carilah loka yang menciptakan nyaman untuk merampungkan pekerjaan. Jangan hingga fokous anda terganggu lantaran hal lainnya. Pusatkan pikiran dalam pekerjaan. Hilangkan segala pikiran lain yg mengganggu anda. Fokus & konsentrasi, dengan begitu pekerjaan akan terselesaikan tepat ketika. Jika penekanan, wangsit nir akan berhenti pada tengah jalan. Jangan gampang mengalihkan perhatian dalam hal lainnya.
H. Hilangkan segala gangguan
Hilangkan segala gangguan misalnya media umum, pesan berdasarkan ponsel, program-acara favorit, dan orang-orang di sekililing anda. Beri pengertian dalam mereka bahwa anda tidak ingin diganggu dalam bentuk apapun waktu bekerja. Agar mereka paham, kapan mereka akan menemui & bebrbicara kepada anda. Hindari sesuatu yang membuat terusik misalnya koneksi yang kurang lancar.
Ganti kartu anda menggunakan kartu lain. Atau gangguan dalam famili seperti anak yg ingin beserta. Sebaiknya beri pengertian bahwa anda sedang dalam keadaan bekerja. Koneksi yg tidak lancar akan menganggu penekanan & menyebabkan pekerjaan terhenti di tengah jalan. Sediakan ruang kerja tersendiri buat. Siapa pun tidak boleh masuk kecuali itu krusial. Apabila perlu tulis pada pintu bahwa anda nir ingin diganggu.
I. Prioritaskan yang paling penting dahulu
Pilah-pilahlah pekerjaan anda, kerjakan dari yg terpenting. Apabila pekerjaan terpenting telah terselesaikan maka beban berat akan berkurang kemudian selanjutnya pekerjaan mudah bisa dikerjakan menggunakan sedikit bersantai. Tapi pastikan seluruh terselesaikan menggunakan baik. Sebaiknya jangan menyepelekan pekerjaan yang mudah. Segera tuntaskan & anda bisa tidur dengan nyenyak.
J. Jangan terlalu perfeksionis
Terkadang saat melakukan pekerjaan anda ingin pekerjaan tersebut sempurna. Anggapan yang salah karena ingin sempurna maka banyak waktu yang akan terbuang. Anda harus mengoreksi ulang dan memperbaiki yang menurut anda salah. Padahal jika menurut orang lain, pekerjaan tersebut sudah bagus dan tidak perlu merubahnya.
Jika anda berusaha menjadi paripurna maka diri sendirilah yang akan kerepotan. Percayalah di dunia nir ada sesuatu pekerjaan yang paripurna. Meski menurut orang pekerjaan itu sudah cantik akan tetapi tetap saja pasti terdapat kesalahan. Ibaratkan teknologi secanggih apapun niscaya ada kelemahan & kekurangan. Sempurna itu hanya milik Tuhan. Jangan pernah berusaha menjadi paripurna tapi berusahalah menjadi yg terbaik.
K. Delegasikan yg bisa dikerjakan oleh orang lain
Pekerjaan anda menumpuk dan terlalu poly, waktu anda nir relatif buat menyelesaikan semuanya? Maka mintalah dalam orang lain untuk mengerjakan pekerjaan tadi. Beri mereka pekerjaan yg mampu dia kerjakan. Jangan pernah memberi pekerjaan yang hanya sanggup dikerjakan diri sendiri buat dikerjakan orang lain. Kemungkinan pertama, pekerjaan tadi nir sinkron dengan apa yang diharapkan. Kemungkinan ke 2, anda sendiri yg akan merombak pekerjaan tadi. Sehingga anda akan bekerja dua kali.
Tidak ada komentar :
Posting Komentar
Leave A Comment...