Wajib Tahu 7 Tips Untuk Pebisnis Muda yang Baru Memulai Usaha
Menurut Asosiasi Usaha Kecil, lebih dari 50 % menurut usaha baru gagal hanya pada lima tahun pertama. Mengapa? Karena banyak pebisnis muda yg memulai usahanya menggunakan cara yg nir tepat. Mereka meremehkan jumlah saat, energi, dedikasi & perhatian yg diperlukan buat mengembangkan usaha yg sukses.
Berikut ini merupakan tips-tips yang perlu diketahui pebisnis belia yg baru memulai usaha bisnis mereka.
1. Tentukan pasar yang ingin Anda masuki
Sebelum memutuskan buat menjadi seseorang pebisnis, Anda wajib terlebih dahulu memikirkan konsep, produk atau jasa yang akan membentuk genre pendapatan. Hal ini mungkin terdengar gampang, namun bagi kebanyakan orang, ini sebenarnya adalah bagian tersulit. Anda wajib memahami rencana yg menempatkan pengetahuan, pengalaman dan keahlian buat memakai menggunakan cara yang paling menguntungkan mungkin. Setelah Anda menetap pada sebuah inspirasi, penelitian pasar buat melihat bagaimana bisnis serupa telah bernasib.
Dua. Pastikan Anda memiliki passion di bidang tadi
Tidak semua orang cocok buat memulai bisnis mereka sendiri. Ada beberapa karakteristik kepribadian yg generik di kalangan pebisnis sukses yaitu disiplin, ekonomis, percaya diri, punya kemampuan komunikasi yang baik, kerendahan hati, kejujuran & integritas, keterampilan pencatatan yg luar biasa, motivasi, kesehatan yang baik, optimisme dan poly lagi. Seorang pebisnis wajib bisa berkomitmen buat bekerja selama 60, 70, hingga 80 jam seminggu. Pastikan bahwa Anda mempunyai passion di bisnis yg akan Anda kembangkan karena buat menjadi pebisnis sukses membutuhkan bisnis luar biasa keras.
Membangun bisnis adalah seperti memiliki seseorang anak. Anda mencintai anak tanpa kondisi & bangga dengan seluruh prestasi mereka, tapi sepanjang jalan membesarkannya pasti akan ada kesulitan. Anda tidak bisa berhenti mengasihi anak apabila mereka melakukan kesalahan. Sebaliknya Anda membantu mereka buat tumbuh dan mendukung mereka tidak peduli apapun risikonya. Seperti inilah bagaimana pebisnis wajib menjalankan bisnisnya.
3. Jujur dalam diri sendiri
Dalam memulai bisnis, yang harus selalu dipegang adalah jujur pada diri sendiri dan mengetahui kelemahan Anda. Jika Anda sangat tidak nyaman berurusan dengan pelanggan, melakukan pembukuan, atau melakukan panggilan penjualan, apa pun kelemahan tersebut harus dikenali terlebih dahulu. Setelah mengenali mereka, Anda perlu untuk mengimbangi kelemahan-kelemahan tersebut. Kompensasinya mungkin harus meluangkan waktu ekstra untuk mempersiapkan panggilan penjualan, berlatih sampai Anda dapat merasa nyaman, mengambil pelatihan penjualan atau kursus, mengambil kelas pembukuan atau mempekerjakan seseorang untuk melakukan pekerjaan Anda. Tetapi kuncinya adalah mengetahui kelemahan Anda, menghadapinya, dan melakukan kompensasinya. Seringkali kelemahan bisa menjadi kekuatan, tergantung pada berapa banyak usaha yang telah Anda lakukan.
4. Lakukan kalkulasi keuangan dengan matang
Sejumlah penelitian telah memperlihatkan bahwa galat satu alasan utama bisnis baru gagal merupakan kalkulasi keuangan yang buruk. Apabila berencana buat memulai sebuah usaha, Anda harus memiliki planning bisnis & kalkulasi keuangan. Hal ini akan berfungsi menjadi peta jalan buat membimbing Anda, dan indera komunikasi dengan bank atau investor mengenai apa yang dilakukan dan mengapa mereka wajib berinvestasi di bisnis Anda. Rencana usaha & kalkulasi keuangan harus mencakup pernyataan misi, ringkasan eksekutif, produk atau jasa yang ditawarkan, target pasar, planning pemasaran, industri & analisis kompetitif, keuangan pro-forma, resume untuk ketua perusahaan, penawaran Anda, & lampiran dengan fakta terkait lainnya.
Lima. Manfaatkan teknologi & jejaring sosial
Sosial media merupakan layanan internet yg memungkinkan Anda berinteraksi menggunakan orang lain dan membuatkan dan membentuk konten melalui komunitas online. Sosial media menyajikan peluang pemasaran besar buat semua jenis usaha. Anda dapat menggunakan sosial media buat :
- Mempromosikan nama merek Anda & bisnis
- Memberitahu pelanggan mengenai barang & jasa Anda
- Mencari memahami apa yg pelanggan pikirkan bisnis Anda
- Menarik pelanggan baru
- Membangun hubungan yang bertenaga dengan pelanggan yang telah terdapat.
Pemasaran media sosial mempunyai poly keuntungan :
- Jangkauan yang luas media sosial bisa mencapai jutaan orang di seluruh dunia kemampuan untuk menargetkan kelompok-kelompok tertentu. Berbagai bentuk media sosial (misalnya Facebook, Foursquare) memungkinkan perusahaan untuk menargetkan kelompok tertentu, sering kali dalam lokasi tertentu
- Gratis atau porto rendah, banyak bentuk media umum yg perdeo untuk usaha, dan pilihan dibayar umumnya murah
- Personal, media sosial memungkinkan Anda buat berkomunikasi secara pribadi menggunakan pelanggan individu & kelompok
- Cepat, Anda dapat menggunakan cepat membuatkan kabar ke poly orang
- Praktis, Anda tidak perlu keterampilan taraf tinggi atau alat-alat personal komputer buat berpartisipasi dalam media sosial. Rata-rata orang menggunakan personal komputer standar seharusnya nir mempunyai kesulitan.
Risiko memakai media umum
Tentu saja, pemasaran melalui media umum juga memiliki risiko yaitu :
- Membuang-buang ketika & uang buat sedikit atau tidak terdapat pulang konkret.
- Informasi galat mengenai usaha Anda dapat menyebar cepat (misalnya informasi yg keliru secara nir sengaja diposting oleh Anda, ulasan negatif yg diposting sang orang lain).
- Masalah hukum, jika Anda nir mengikuti undang-undang privasi dan undang-undang tentang spam, hak cipta & kasus online lainnya.
Sangat krusial buat menyadari risiko ini dan mempunyai taktik di loka buat menghindari mereka bila Anda tetapkan buat terlibat pada pemasaran media sosial.
Berbagai jenis media umum yg baik buat kegiatan pemasaran yg tidak sama. Layanan media umum primer adalah :
- Facebook, situs jejaring sosial yang memungkinkan Anda untuk melakukan percakapan menggunakan pelanggan, posting foto & video, mempromosikan penawaran spesifik, & lebih
- Twitter, sebuah 'micro-blogging' layanan yg memungkinkan Anda buat mengirim & mendapat pesan singkat berdasarkan pelanggan dan pelanggan potensial
- YouTube,sebuah layanan video hosting online yg memungkinkan orang mengembangkan video mereka
- Blog,situs internet yang berisi serangkaian entri atau 'posting' mengenai topik yang menarik bagi penulis, misalnya sebuah 'diary' secara online
- Situs kupon,situs yang menunjukkan kupon diskon buat barang, jasa & aktivitas
- Layanan sharing foto online,situs yg memungkinkan pengguna untuk menyimpan, mengatur & mengembangkan koleksi foto mereka.
- Situs pemasaran berbasis lokasi,website yang menyampaikan pesan pemasaran yang ditargetkan buat pelanggan pada lokasi tertentu, melalui perangkat mobile misalnya smartphone dan tablet
- Review pelanggan situ,situs yang menampilkan ulasan pelanggan barang dan jasa
Banyak perusahaan jua menggunakan teknologi online buat mendukung upaya pemasaran mereka yaitu buat :
- Mengembangkan pelaksanaan buat perangkat mobile
- Memodifikasi situs web untuk memastikan bahwa mereka bekerja dengan baik pada perangkat mobile
- Memberikan pelanggan pilihan untuk membayar online.
6. Cari seseorang mentor
Mentor yang baik akan menciptakan impian Anda bisa dicapai lebih cepat. Para mentor terbaik adalah orang-orang yg sudah melakukan apa yang ingin Anda capai sebelumnya & yg membantu tentang saran-saran pengembangan usaha. Para mentor bisa berupa Dewan Advisor atau Direktur, sahabat, kolega, atau rekan-rekan yang tertarik. Investor bisa sebagai mentor jua, akan tetapi hati-hati, lantaran selalu ada potensi pertarungan kepentingan ketika seseorang mencoba buat menjual sesuatu dan memperlihatkan saran dalam waktu yg sama. Mentor yg mengetahui etika usaha akan bisa menavigasi permasalahan Anda, tapi dunia penuh dengan orang-orang yg nir etis yg akan memanfaatkan kerugian buat keuntungan eksklusif mereka. Para mentor terbaik nir perlu apa-apa dari Anda, namun apabila mempunyai pengaturan dengan mereka buat pembayaran tunai atau saham, pastikan pengaturan yang jelas dan penasihat tidak mempunyai kepentingan dalam mendorong bisnis Anda ke arah eksklusif buat kepentingan mereka sendiri.
7. Pelajari ilmu PR (Public Relations)
Public relations meliputi serangkaian aktivitas yg luas di mana bisnis mengelola interaksi menggunakan bagian yang tidak selaras menurut masyarakat, misalnya pelanggan, media, warga lokal, pemasok, karyawan & investor.
Tujuan utama menurut public relations merupakan :
? Untuk mencapai publisitas yang menguntungkan tentang usaha
? Untuk membentuk citra & reputasi bisnis & produk-produknya, terutama di antara pelanggan
? Untuk berkomunikasi secara efektif menggunakan pelanggan & stakeholder lainnya
Public relations, yg sering disingkat hanya buat "PR", mempunyai beberapa keunggulan dibandingkan iklan pada hal kenaikan pangkat :
? Tidak ada biaya eksklusif dibuat buat PR, meskipun bisnis akan perlu membayar buat departemen PR sendiri atau konsultan PR eksternal
? PR ini mampu dibilang lebih kuat karena pesan bisnis berkomunikasi melalui PR tak jarang lebih bisa dianggap daripada dibayar buat iklan
Tetapi tidak terdapat jaminan bahwa PR akan mencapai sasaran pasarnya, sedangkan iklan wajib ditampilkan karena ruang di koran dibayar. Sponsorship merupakan jenis khusus hubungan warga dan semakin populer, terutama dengan bisnis yg lebih akbar. Sebuah bisnis akan mensponsori suatu acara, tim atau individu dalam rangka membentuk merk awareness. Tujuan sekundernya mungkin untuk menekankan mandat sosial atau etika, namun kebanyakan sponsorship benar-benar mempunyai tujuan utama buat kepentingan komersial.
Tidak ada komentar :
Posting Komentar
Leave A Comment...