Wajib Tahu 6 Alasan Mengapa Wanita Cocok Berbisnis

Di zaman yg serba maju ini, peran wanita & pria dalam kehidupan bisnis hampir menerima tempat yang setara. Tak sedikit wanita yang terlibat dalam bisnis & lalu sebagai sukses menurut pengelolaan bisnisnya. Bahkan terkadang, perempuan lebih unggul pada berbisnis karena memiliki beberapa sifat utama yang menonjol yg tidak dimiliki kaum laki-laki . Sifat ini penting buat dimiliki seorang pebisnis demi menunjang efektifitas bisnisnya. Sifat-sifat tersebut adalah kreatif dan teliti, terbiasa mengerjakan poly hal pada satu waktu (multitasking), keahlian berbicara, seringkali mengambil keputusan, nir gampang putus asa, & rapi pada administrasi. Berikut ini kami rangkum penjelasannya:

1. Kreatif & teliti

Wanita adalah makhluk yg kreatif. Bisa anda bayangkan berapa banyak sandang dan aksesoris yang menempel di tubuh seorang perempuan . Itulah sebabnya perempuan mempunyai selerea yg tinggi terhadap desain suatu produk. Tak aneh bila acapkali kita temukan kebanyakan desainer pakaian merupakan menurut kalangan wanita lantaran mereka mempunyai daya kreatifitas yg tinggi.

Apalagi dalam menjalankan bisnis, akan banyak wangsit-wangsit kreatif yang dimunculkan buat dijadikan desain produk. Tak hanya itu, kreatifitas mereka juga dibarengi menggunakan ketelitian mereka sebagai akibatnya acapkali kita lihat produk-produk yang didapatkan pebisnis wanita memiliki unsur kreatifitas hingga detail.

Selain pada desain produk, ketelitian juga diperlukan dalam hal packaging dan labelling produk. Packaging & labelling merupakan pekerjaan yang menuntut perhatian lebih jelasnya supaya higienitas, penyampaian liputan dan pesan dan keamanan produk di dalamnya terjaga menggunakan baik terutama pada bisnis kuliner ataupun usaha kosmetik.

Hal lain yang membutuhkan ketelitian jua adalah mencermati naik turunnya harga pasar. Ini penting karena sanggup dijadikan strategi buat membombardir pasar. Seperti diketahui, para wanitalah yg umumnya pertama kali mengetahui adanya diskon & obral murah dimanapun. Ini dikarenakan mereka mencermati pasang surut harga dengan teliti dan detail.

Dua. Terbiasa mengerjakan banyak hal dalam satu ketika

Salah satu keunggulan wanita yg paling menonjol merupakan mengerjakan poly hal dalam saat yg hampir bersamaan atau dalam istilah gadget biasa diklaim multitasking. Misalnya, bunda rumah tangga yang pekerjaan sehari-harinya di rumah, selain memasak dia juga menjaga anak, bahkan tanpa didampingi pembantu.

Karakteristik misalnya itulah yg sangat dibutuhkan dalam membangun, menjalankan & mengembangkan sebuah usaha. Hal ini memang istimewa, & kaum pria nir memilikinya. Menurut analisisnya, perempuan bisa menjalankan fungsi-fungsi dalam usaha sekaligus mulai menurut produksi, pemasaran, penjualan, sampai manajemen SDM.

Secara biologis pun perempuan memang sudah disiapkan untuk bisa multitasking. Dilihat dari struktur otaknya, perempuan berbeda dengan pria. Otak perempuan diciptakan mampu untuk melakukan banyak pekerjaan dalam satu waktu. Sedangkan pada laki-laki  rata-rata mereka tidak bisa melakukan banyak pekerjaan dalam satu waktu. mereka menyelesaikan satu pekerjaan yang satu baru melanjutkan dengan pekerjaan yang lain. Mereka membutuhkan fokus yang tinggi dalam mengerjakan pekerjaanya, sehingga sulit untuk tugas rangkap.

Keuntungan dari kemampuan ?Multitasking perempuan ini akan membawa bisnis yg digelutinya sebagai lebih efisien. Bayangkan, satu perempuan mengerjakan seluruh fungsi manajemen pada pada sebuah bisnis menurut fungsi produksi, administrasi, keuangan sampai pemasarannya sebagai akibatnya tak perlu mengeluarkan kapital poly buat honor karyawan atau operasional. Dengan demikian maka usaha tadi mampu lebih menghemat porto operasional.

3. Keahlian Berbicara

Mungkin perempuan identik menggunakan sifat pandai merayu orang. Tapi predikat tersebut tidak selamanya berkonotasi negatif. Pintar merayu pada usaha justru akan berbuah keberhasilan bisnis. Teknik merayu atau melobi sangat diharapkan pada rangkaian produksi sebuah perusahaan karena seluruh tahapan produksi pasti melibatkan lobi-melobi.

Dari melobi pada supplier hingga melobi calon pembeli. Contohnya pada menawar harga, wanita merupakan makhluk yg paling jago menawar harga bahkan terkadang sampai sangat rendah. Barangkali memang wanita dikaruniai energi yang sanggup membuat lelaki tersentuh saat terlibat lobi-melobi dengan perempuan .

4. Sering merogoh keputusan

Gerald & Lindsay Zaltman berkata bahwa 95% keputusan pembelian produk ternyata lebih berdasarkan dalam feeling dibandingkan thought (pikiran) yang hanya sebanyak 5%. Dalam feeling ketika akan mengambil keputusan terkandung pengalaman sebelumnya atau rekomendasi orang lain, dimana dalam rekomendasi terjalin suatu cerita tertentu mengenai produk atau brand tesebut.

Tidak bisa dipungkiri perempuanlah yang mempunyai sifat tadi. Mereka adalah kelompok yg paling potensial. Apalagi Brennan punya pandangan bahwa beberapa tahun ke depan akan sebagai era ?Female economy?. Female economy ditandai menggunakan beberapa indikator pembelian produk yang dulunya didominasi oleh laki-laki , kini didominasi oleh wanita.

Tak hanya itu, pada perspektif makro berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan Boston Consulting Group (BCG), masa pemulihan perekonomian global selepas masa resesi akan didorong sang pertumbuhan pasar kaum perempuan urban yg diperkirakan akan semakin tinggi sebesar 5 triliun dollar Alaihi Salam dalam lima tahun ke depan.

Hermawan Kertajaya jua menyatakan hal serupa dalam bukunya New Wave Marketing dimana dia menyebutkan terdapat tiga sub-kultur yang perlu digarap pada dunia pemasaran saat ini yaitu, youth, woman, & netizen dimana woman berperan sebagai managing the heart. Wanita kini telah menjadi pengelola budget rumah tangganya (household budget). ?Uangku uangku, uangmu uangku?, menjadi suatu tagline yg menandakan bahwa wanita mampu me-manage kebutuhan dan menjadi pengendali kebutuhan.

5. Tidak gampang putus harapan

Meskipun wanita secara fisik lebih lemah daripada lelaki, namun perempuan mempunyai ketangguhan pada menjalankan bisnis. Perempuan dinilai lebih unggul dan nir mudah putus harapan ketika mengalami kegagalan. Ketika menghadapi kegagalan, wanita memiliki daya juang yang tinggi dan lebih tabah buat memulai segala sesuatunya dari bawah.

Seringkali dalam menghadapi masalah PHK contohnya, perempuan lebih tangguh buat bisa bertahan dan mengesampingkan gengsinya & memulai usahanya berdasarkan bawah dibanding laki-laki . Banyak pegawai yang akhirnya sanggup hidup berkecukupan berkat adanya donasi usaha menurut istrinya yang punya usaha sampingan pada rumah. Ini dikarenakan perempuan tidak menanggung beban keluarga terlalu berat dibandingkan laki-laki ad interim apabila laki-laki tidak mempunyai sumber penghasilan maka seluruh keluarganya yang akan turut menanggung bebannya.

6. Rapi pada administrasi

Keunggulan lain yang dimiliki wanita dan nir dimiliki sang lelaki dalam usaha merupakan kerapihan soal administrasi. Itu sebabnya banyak kita temukan posisi sekretaris selalu saja diisi sang golongan perempuan . Apalagi rapikan kelola administrasi dan dokumentasi suatu perusahaan harus rapi & terurus menggunakan detail. Untuk hal ini, perempuan lah ahlinya lantaran terbiasa menggunakan hal-hal yg bersifat lebih jelasnya. Wanita juga terbiasa teliti sebagai akibatnya sering kita temukan wanita menempati jabatan-jabatan yg tinggi yang masih berkaitan dengan administrasi.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Leave A Comment...