Wajib Tahu Kisah Perjalanan dan Filosofi Bisnis Martha Tilaar

Martha Tilaar lahir pada Kebumen, 4 September 1937. Pemilik PT. Martha Tilaar groub ini dulunya adalah seseorang gadis yg tomboy dan penampilan yang berantakan. Sungguh jauh berdasarkan kesan kenaggunan & kerapian. Sebelum bertransformasi seperti sekarang Martha yang dulu pernah kuliah pada IKIP Negeri Jakarta jurusan Pendidikan Guru Sejarah. Sang ibu selalu menegurnya buat berdandan selayaknya wanita mengingat profesinya sebagai guru dimana pengajar itu sosok model buat murid-muridnya. Sang bunda memasukan Martha disebuah les kecantikan yg naungi Titie Purwoesoenoe seorang pakar kecantiakan diera 1960an -1970an pada jakarta. Berawal dari situ ketertarikannya mengetahui lebih lanjut mengenai dunia kecantikan. Tak hanya itu Martha jua acapkali bertanya ?Tanya pada orang yang biasa membuat jamu. Rasa penasarannya membuatnya terus menggali mengenai jamu.

Pada tahun 1964 Martha menikah dengan Alex Tilaar. Alex menerima beasiswa berdasarkan USAID & Martha segera menyusul setahun setelah Alex berangkat. Martha menentukan belajar pada Academy of Beauty Culture Bloomington, Indiana, AS. Selama kuliah di Amerika Serikat Martha Martha pernah bekerja sebagai baby sister dan Avon Lady buat menutupi porto kuliahnya. Karena Alex hayati dengan beasiswa yg pas ?Pasan yang sebagai inisiatif Martha untuk mencar uang tambahan. Selesai mendapat gelar licenced beatucien Martha bekerja di salon kecantikan kampus Universitas Indiana. Kemudian dia menetapkan untuk sebagai beurician on-call langkah ini diambil karena istilah beliau orang Amerika itu senang diladeni.

Images Credit

Memulai salon dari garasi

Setelah Alex mendapat gelar doctor, mereka berdua pulang kembali ke rumah halaman. Berbekal dari uang yang ditabung semenjak tinggal di Amerika dan sumbangan uang dari keluaganya Martha membuka bisnis salon pertmanya di garasi rumah orang tunya yang terletak di Jalan Tosari 49, Menteng, Jakarta Pusat. Berdasarkan saran dari orang tua angkat Alex selama tinggal di Amerika yaitu Prof. Dr. Willis dan Isabel istrinya untuk menggunakan namanya sendiri sebagai label salonnya. Dan pada tanggal 3 Januari 1970 Martha’s Salon berdiri. Salon yang berukuran 4x6 ini memiliki fasilitas yang lengkap dengan ruang berAC, Martha memang sudah menerapakan pelayanan prima bertaraf Internasional. Di salon inilah Martha membuat kosmetik dengan bahan tradisional dengan merek Sariayu Martha Tilaar yang artinya “ Sarinya orang Ayu”. Dengan kawasan yang strategis beberapa pelanggan Martha berasal dari istri pejabat seperti Ibu Fatmawati Soekarnoputri,ibu Rahmi Hatta, ibu Nelly Adam Malik dan lain-lainnya. banyak yang mengaku dari pelanggannya yang tadinya menggunakan produk barat segera beralih ke produk Martha yang mengguankan bahan tradisional.  Martha membuka salon kedua di jalan cokrominoto. Disusul membuat salon yang lebih besar di Cikini tahun 1976 dan menamainya Martha Griya Salon.

Di tahun 1973 Martha membuka lembaga pendidkan kecantikan yang dinamai Pusat Pendidikan Wanita Matha (Puspita Martha). Bersama sahabatnya B.R.A Mooryati Sudibyo & Lakmito Rukmi menciptakan merk bernama ?Mustika Ratu?. Namun kerjasama mereka hanya bertahan dua tahun. B.R.A Mooryati Soedibyo melihat peluang dan tetapkan buat mengembangkan sendiri.

Menurut Martha Entrepreneurship adalah dream big, start small and act now.  Martha memiiki karakter yang khas dia memiliki jiwa pedagang sekaligus pecinta keindahan, berjiwa pekerja sekaligus atasan, berjiwa pendidik sekalidus executive, dan dia juga berjiwa pemimpi.

Pada tanggak 19 Juni 1999 berhasil membeli saham berdasarkan mitra kalbe farma groub yg sebelumnnya semua saham kosmetik dimiliki oleh Kalbe farma groub. Dana buat membelinya hasil dari berhutang pada bank singapura. Kegigihannya dan sempurna waktu membuatnya berhasil membayar hutangnya.

Martha pula cerdas melihat peluang. Konsep warna pada kosmetiknya diambil berdasarkan isu terkini warna dari budaya Indonesia. Martha pula up to date dlam melihat perkembangan trend rona global. Kemudian memodifikasikan keduanya menggunakan melincurkan tren rona setiap tahun yg berkonsep warna timur dan barat.

Martha memiliki prinsip dalam membangun perusahaan yaitu menciptakan sesuatu yang tadinya nir terdapat sebagai terdapat. Prinsip dibedakan sebagai dua yaitu prinsip pertama mengelompokannnya dlam bidang bisnis yg berkiprah murni melalui Martha Tilaar Groub. Yang ke 2 mengelompokan dalam bentuk Martha Tilaar Foundation. Kedu prinsip ini yang membuat Martha Tilaar groub sebagai ikon kecantikan. Martha pula berprinsip bahwa tanggung jawab diterapkan dalam bentuk sosial responsibility yaitu menggunakan mengakui info hak manusia & kepentingan.

Dalam menjalankan perusahanannya Martha mempunyai filosofi "DJITU" yg diajarkan sang ayahnya, dan kepanjanganya adalah sebagai berikut :

Disiplin yg adalah sebuah sikap yang pertanda komitmen setiap karyawan dalam menepati ketika demi efisiensi berjalannya setiap kegiatan pada perusahaan.

Jujur yg artinya berdasarkan sifat jujur berdasarkan setiap karyawan dan anggota perusahaan dapat tumbuh sebagai sebuah perusahaan yang sehat dan terus berkembang.

Inovatif yang merupakan karyawan dengan pola pikir yang inovatif & agresif adalah aset berharga bagi perusahaan yg penting buat dijaga. Dengan pikiran yg inivatif inilah akan muncul terobosan-terobosan terkini pada perusahaan.

Tekun yg merupakan siakp tekun & selalu fokus dalam melakukan & berbagi hal-hal yg berkaitan dengan tanggung jawab akan memungkinkan tanggung jawab perusahaan sinkron ketika yang telah dipengaruhi dan ketekunan juga meninhkatkan kualitas karyawan.

Ulet yang artinya mau bekerja keras, komitmen dan gigih dalam menggali setiap tugas yang belum  terselesaikan menunjukan bahwa seseorang memiliki rasa tanggung jawab pada pekerjanya. Hal ini penting bagi keberlangsungan dan kenajuan perusahaan.

- Percaya diri terhadap bekal alam yang diberikan Indonesia dengan sebaik-baiknya

- Konsep  5P yaitu Product, Promotions, Price, place and Power

- Simbol Dewi Saraswati yaitu dalam keyakinan Hindu Dewi Saraswati adalah istri Brahma yg dimaknai menjadi dewi pelindung, pelimpah pengetahuan, kesadaran & sastra. Yang digambarkan wanita manis bertangan empat yg memgang genitri (tasbih) yang berdasarkan Martha mempunyai arti bahwa perempuan itu harus bertenaga iman, kropak (lontar) wanita harus memiliki pengetahuan, wina(indera musik/rebab) perempuan wajib pintar berkomunikasi dalam keluarga, teman, karyawan dan masyarakat, & bunga teratai merupakan wanita itu wajib cantik dapat beradaptasi kapan saja & dimana saja. Wanita harus bisa seperti RA Kartini sosok perempuan yang cerdas & berbudaya tinggi.

Kini Martha Tilaar groub terdiri dari PT Martina Bento Tbk, PT Codefindo, PT SAI Indonesia, PT Martha Beauty Gallery, Martha Tilaar Spa, Cipta Busana, Art and Beauty, PT Cantika Puspa Pesona, PT Creative Style, PT Kreasi Boga, PT Mahligai Citra Bangsa.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Leave A Comment...