Wajib Tahu 25 Fakta Menarik Tentang Nike

Anda pecinta olahraga ataupun barang-barang sport?  Ya, tentu merek ini tidak lagi asing di telinga siapapun yang mendengarnya. Namanya telah menjulang tinggi, eksistensinya telah merajai pasar barang olahraga berkat kualitasnya, hingga pada akhirnya Nike mampu memiliki brand awareness yang cukup tinggi dari masyarakat. Logonya yang khas pun terus menjadikan merek Nike sebagai merek benda dan alat-alat olahraga yang bergengsi dan berkualitas tinggi.

Sejauh ini, kita mengetahui bahwa Nike, Inc. Merupakan salah satu perusahaan yg beranjak dalam industryi sepatu, sandang & indera-alat olahraga yang terletak pada Amerika Serikat. Perusahaan ini termasuk perusahaan dengan basis produk olahraga yg terbesar pada global, lho. Gaya & modelnyaa tak jarang menjadi penyetir mode atau fashion sport pada dunia. Hal ini diikuti dengan langkah keberanian Nike buat mensponsori olahragawan-olahragawan populer seperti Tiger Woods, Ronaldo & Michael Jordan. Anda tentu mengenal mereka semua bukan?

Dibalik seluruh itu, tentu merek Nike menyimpan banyak sekali keunikan & berita menarik. Penasaran apa saja yang sebagai keunikan & berita menarik menurut Nike, Inc.? Pada ulasan kali ini, Bisnishack.Com akan membahasnya. Yuk, kita simak bersama ? Sama!

Images Credit

1. Nike, Inc. termasuk perusahaan sepatu, pakaian dan alat – alat olahraga yang tidak pernah tanggung – tanggung dalam mengikat kerja sama dengan  atlit – atlit ternama. Terbukti, Nike mensponsori berbagai tim sepak bola dunia seperti Manchester United, Barcelona F.C, Arsenal, F.C Basel, Juventus, Inter Milan, Hertha BSC Berlin, Valencia C.F, Atletico de Madrid, Paris Saint – Germain, FC Porto, Boca Juniors, Urawa Red Diamonds, dan masih banyak lagi.

Dua. Logo Nike adalah penemuan berdasarkan bentuk pertanda ceklis. Sederhana tetapi banyak arti, dengan filosofi bahwa menggunakan Nike merupakan sesuatu yg sahih, tepat & sinkron dengan asa.

Tiga. Slogan perusahaan Nike merupakan ?Just Do It?. Lakukan saja, apa yg membuatmu nyaman, salah satunya dengan memakai Nike sebagai merk yg terpercaya dan berkualitas buat berolahraga.

4. Inspirasi nama  Nike adalah dewi Yunani yang bernama Dewi Nike. Sesuai kepercayaannya, Dewi Nike adalah lambang kemenangan.

5. Perusahaan Nike didirikan tahun  1964. Hal ini bermula ketika atlit sekaligus pengusaha Oregon bernama Philip Knight, membuat sepatu lari yang diimpor dari Jepang. Sepatu lari yang dibuatnya ini diharapkan bisa bersaing dengan merk Jerman seperti Adidas dan Puma, yang sudah lebih dulu mendominasi pasar Amerika. Dengan lokasi produksi yang berada di Jepang, sepatu lari milik Knight tentu dapat dijual dengan harga yang lebih murah.

6. Philip Knight menjual sepatu dengan berkeliling di stadion atletik. Ia memulai bisnisnya menurut nol. Knight menjualnya secara pelan, sederhana namun pasti. Lama kelamaan, peningkatan penjualan diterima sang Knight berkat kualitas sepatunya yg mengagumkan tetapi harganya lebih murah dibandingkan merk sepatu yang dibentuk di Jerman. Salah satu pelajaran wirausaha yang berharga.

7. Sejak dulu, Nike merangkul pasar yg terdiri berdasarkan semua kalangan, mulai menurut anak ? Anak sampai dewasa, menggunakan terfokus dalam sepatu lari baik bagi yang professional juga yg non professional. Tidak hanya mengedepankan kualitas buat pemakaian olahraganya saja, Nike pun mementingkan sepatunya dari segi model dan fashion.

8. Salah satu kompetitor Nike yg sempat menggoyahkan kestabilan perusahaan Nike adalah Reebok.

9. Untuk mengalahkan Reebok, Nike mengeluarkan seri sepatu Air Jordan, yg dipromosikan oleh pebasket handal Michael Jordan. Segmentasi yg tepat!

10. Nike memperluas pasarnya selain di Amerika Serikat, dia juga menyasar pada wilayah Eropa & Asia. Jumlahnya cukup akbar, buat Amerika Serikat sebesar 60%, Eropa 30% & wilayah Asia lima%.

11. Sepatu Nike selalu dibentuk di Asia. Bila pada mulanya hanya pada Jepang saja, kini pabrik Nike meluas ke Korea Selatan dan Taiwan. Baru ? Baru ini, China pula sebagai galat satu negara yang memilki pabrik Nike.

12. Produksi Nike di Korea Selatan dan Taiwan telah ada dari tahun 1972. Langkah ini kemudian diikuti oleh Adidas dan Reebok, karena tenaga kerja pada dua negara ini relatif murah sebagai akibatnya dapat menaruh keuntungan lebih bagi perusahaan.

13. Pada tahun 1980- an, terjadi pergolakan buruh pada Korea Selatan. Adanya perkara ini menciptakan Nike memindahkan pabrik produksinya ke Thailand Selatan dan Indonesia.

14. Nike Indonesia beroperasi dari tahun 1988.

15. Sebagian besra pabrik yg memberikan ruang produksi buat Nike berlokasi pada wilayah industry pada Tangerang dan Serang. Yap! Daerah sebelah barat Jakarta ini membuat barang kesukaanmu.

16. Pencipta slogan ?Just Do It? Pada produk Nike bukanlah pendiri Nike yaitu Philip Knight, melainkan Wieden & Kennedy, biro iklan yang bekerja sama dengan Nike semenjak awal Nike dikembangkan.

17. Selain Philip Knight, galat satu pendiri Nike adalah Bill Bowerman, seorang guru & pelatih di Sekolah Tinggi Medford.

18. Hingga kini , Nike mempunyai lebih berdasarkan 700 toko resmi di seluruh dunia, menggunakan kantor pada 45 negara akbar pada luar Amerika Serikat.

19. Nike memiliki pabrik ? Pabrik pada wilayah Asia. Beberapa negara yang memiliki pabrik Nike antara lain Indonesia, China, Taiwan, India, Thailand, Vietnam, Filipina, Malaysia & Pakistan.

20. Anda pasti kenal dengan sepatu Comverse? Ya, Converse merupakan anak perusahaan utama dari Nike. Dahulunya, Converse pernah diakuisisi pada tahun 2003 sang Nike. Namun Nike kembali menjualnya karena Converse dirasa memiliki nilai jual yang spesifik.

21. Yang menjadi kekuatan perusahaan ataupun produk Nike adalah; kualitas produknya, merk nya yg telah terkenal diseluruh dunia, logo & slogan yang khas dan tertanam pada benak masyarakat, dan tim Research and Development dari kantor Nike pusat yang bekerja menggunakan baik. Hal inilah yg mengakibatkan Nike paling sering berinovasi dibandingkan menggunakan brand sepatu yang lain. Inovasi ini sangat menyesuaikan zaman, kebutuhan dan contoh yg sedang berkembang.

22. Kelemahan perusahaan Nike merupakan, terlalu penekanan pada penjualan sepatu. Produk perusahaan yg paling identik menggunakan Nike adalah sepatu. Padahal, masih banyak produk lain menurut Nike misalnya baju, celana dan perlengkapan olahraga lainnya yang penjualannya terbilang rendah atau nir sukses.

23. Nike selalu diterpa dengan gosip miring eksploitasi pekerja. Who knows?

24. Di negara berkembang, produk palsu ataupun bajakan berdasarkan brand Nike menjadi pilihan utama bagi sebagian besar konsumen. Yah, pulang pada kita, ingin menghargai sebuah karya atau tidak.

25. Bagi Nike, pesaing terberat baginya merupakan brand Adidas.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Leave A Comment...